Blog Layout

3 Persiapan Sebelum Buat Toko Online

Creata Indonesia
September 11, 2019
Saat ini, keberadaan toko online cukup marak dan semakin banyak saja pebisnis baru yang mulai membangun peruntungan berjualan secara online. Jual beli online memang menjadi tren yang sepertinya tak akan pernah padam. Hal ini dikarenakan kemudahan-kemudahan yang didapat dalam proses jual beli online sehingga penjual maupun pembeli merasa diuntungkan satu sama lain. 

Jual beli secara online membuat pembeli tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko karena semua jenis barang sudah dipajang melalui foto dengan keterangan harga dan spesifikasi produk secara lengkap. Sedangkan bagi penjual, tidak perlu menyediakan ruang atau bangunan toko dan display yang membutuhkan modal banyak sehingga tertarik untuk buat toko online. Proses transaksi juga tidak perlu bertemu langsung, bisa melalui transfer dan produk yang dibeli bisa dikirim melalui jasa pengiriman langsung ke alamat pembeli.

Kemudahan-kemudahan itulah yang membuat tren toko online semakin diminati dari waktu ke waktu. Nah, sebagai pemula bisnis online sebaiknya pelajari terlebih dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan memulai bisnis toko online. Hal ini dimaksudkan agar bisnis toko online bisa berjalan lancar, berkembang pesat, menghasilkan omzet berlimpah dan bertahan lama. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai bekal ilmu atau persiapan sebelum terjun ke dunia jual beli online.

Persiapan Sebelum Buat Toko Online

Untuk membangun toko online yang ramai pengunjung dan dapat berkembang serta bertahan lama, perhatikan beberapa persiapan yang perlu dipelajari di bawah ini, antara lain:

1. Lakukan Riset Produk 

Ketika sudah yakin akan terjun ke dunia bisnis toko online, jangan langsung membuat toko dan memasang produk tanpa benar-benar melakukan riset terhadap produk itu sendiri. Melakukan riset produk sebelum buat toko online sangat penting karena dengan begitu Anda bisa tahu produk apa yang tepat untuk dijual kepada target yang tepat pula dan keyword apa yang akan digunakan. 

Melakukan riset produk paling sederhana bisa dengan memanfaatkan google search. Namun, untuk riset yang lebih akurat disarankan menggunakan Google Keyword Planner, Google Tren, atau membeli tools keyword premium untuk mendapat hasil yang cepat dan tepat.

2. Kuasai Strategi Marketing dan Promosi

Bisnis toko online merupakan bisnis yang tidak tampak toko atau bangunannya, sehingga orang tidak akan tahu jika Anda tidak melakukan promosi. Marketing atau promosi merupakan persiapan terpenting untuk menjangkau pelanggan. Marketing dan promosi bisa dilakukan sebelum atau sesaat sesudah buat toko online dengan banyak cara seperti promosi melalui media sosial grup WhatsApp, Facebook, Twitter dan lainnya.

3. Kupas Tuntas CMS dan SEO

Jika ingin membangun bisnis online, maka akan membutuhkan CMS (Content Management System) yang andal. Nah, sebelum itu harus mempelajari terlebih dahulu beberapa jenis CMS serta kelebihan dan kekurangannya. Di dalam CMS tersebut juga banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis toko online. Salah satu strategi bisnis yang harus dikuasai adalah mengenai SEO (Search Engine Optimization). SEO ini bisa membantu toko online Anda lebih dikenal dan mendapatkan posisi di mesin pencari dan lebih banyak menjaring pelanggan.

Itulah 3 hal yang perlu dipersiapkan sebelum buat toko online agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan bertahan lama. Nah, untuk memudahkan pembuatan website dan mendongkrak posisi bisnis di mesin pencari, Anda bisa gunakan jasa pembuatan website Creata. Dengan harga yang murah, Anda bisa mendapatkan website berkualitas dengan desain responsif, SEO friendly, advanced CMS, dan lain sebagainya. 

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: