Apakah Anda pernah mendengar istilah SEO? Sebenarnya, apa itu SEO? Mungkin bagi yang baru terjun ke dunia digital merasa asing dan bertanya-tanya apa itu SEO. Ringkasnya, SEO bisa membuat sebuah website mudah ditemukan di internet dan berpotensi mendapatkan banyak trafik.
Bagi yang memiliki website, penting untuk mengoptimasinya dengan cara SEO agar bisa mudah ditemukan di Google. Akan tetapi, teknik SEO tidaklah mudah dilakukan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Untuk yang ingin mengoptimasikan SEO, selain mengetahui apa itu SEO, juga perlu tahu dulu apa saja manfaat dan cara optimasi, serta bagaimana cara kerjanya agar website menjadi mudah ditemukan, berikut ini informasi lengkapnya.
Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah cara untuk untuk mengoptimasikan website agar bisa mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Baidu, Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya. Dengan menggunakan SEO maka website akan mudah ditemukan oleh khalayak luas dan akhirnya berpotensi mendapatkan banyak trafik.
SEO dapat menentukan suatu keberhasilan web asalkan memang dioptimasi dengan cara yang tepat. Faktanya, sekitar 53% trafik website datang dari pencarian organik atau SEO. Pencarian organik adalah ketika pengguna internet mencari suatu informasi dengan memasukkan kata kunci tertentu ke mesin pencari.
Dari poin di atas telah dijelaskan apa itu SEO dan beberapa manfaatnya. Perlu diketahui, di dalam dunia digital marketing, SEO memiliki banyak manfaat untuk website, antara lain meningkatkan kesadaran brand, lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan, mendatangkan banyak pengunjung yang potensial, beriklan di Google secara gratis selama 24 jam tanpa henti, investasi jangka panjang, meningkatkan penjualan, dan masih banyak lagi.
Sebelumnya telah dijelaskan apa itu SEO dan manfaatnya, lalu bagaimanakah cara kerjanya? Google memiliki tool Web Crawler yang berfungsi mengumpulkan berbagai konten di internet, menyimpannya ke database, dan mengolahnya.
Ringkasnya, ada tiga tahapan cara kerja SEO, yaitu crawling, indexing, dan ranking. Crawling adalah proses mengumpulkan dan menyimpan halaman web yang baru rilis atau yang baru di-update. Indexing adalah proses ketika Google mempelajari struktur website, serta kualitas dan relevansi konten untuk audiens, dan kredibilitas setiap halamannya. Sementara, ranking adalah proses ketika Google menyusun daftar halaman web terbaik untuk mengisi posisi tertinggi di hasil pencarian.
Sekarang, Anda perlu tahu cara Google membawa halaman website tertentu kepada audiens. Diawali dengan audiens memasukkan kata kunci tertentu di Google, lalu Google menganalisa kata kunci tersebut dan mencarikan konten yang memuat kata kunci tersebut dari seluruh halaman web yang ada di database-nya. Google pun menganalisa konten yang relevan dan terpercaya, serta mempertimbangkan karakteristik audiensnya, seperti lokasi, histori penelusuran, serta setelah penelusuran (filter pencarian). Terakhir, Google akan menampilkan daftar konten terbaik kepada audiens.
Secara umum, terdapat 3 optimasi SEO yang biasa dilakukan dengan tujuan meroketkan website ke posisi teratas. Berikut ini penjelasannya.
SEO off page merupakan cara mengoptimasikan dari luar website. Aspek SEO off page ada pembuatan backlink, peningkatan domain authority dan page authority, promosi ke berbagai media sosial, dan mengisi guest blog di web lain. Tujuan dari jenis SEO ini adalah membantu Google memahami seberapa besar relevansi dan manfaat konten dari web tersebut kepada orang lain.
SEO on page adalah cara mengoptimasikan SEO dari depan website. Aspek yang perlu dimaksimalkan adalah permalink, judul, gambar, kualitas konten, internal link, meta description, alt text, meta tag, dan lainnya. Tujuan dari SEO on page adalah mengoptimasikan konten sehingga memiliki manfaat yang optimal dan mudah ditemukan target audiens.
Technical SEO adalah cara mengoptimasikan di bagian dalam web. Aspek yang masuk pada jenis SEO ini adalah kecepatan dan struktur website, XML sitemap, keamanan website, layout website, responsif ke berbagai perangkat, dan navigasi. Tujuan dari technical SEO adalah mengoptimasi struktur web sehingga mudah digunakan audiens.
Setelah mengetahui informasi seputar SEO, dari apa itu SEO hingga jenis optimasinya, apakah Anda semakin berminat mengoptimasikan website dengan cara ini? Bila iya, namun bingung cara menerapkannya, Anda bisa meminta bantuan dari
Creata. Digital agency terkemuka di Indonesia ini memiliki layanan SEO dan telah berpengalaman mengoptimasikan berbagai website dari beragam bidang bisnis.
Baca juga: Apa Saja Layanan yang Biasanya Ditawarkan Jasa SEO?
Untuk kliennya, Creata pernah mengoptimasikan website Evenciio, Bina Indojaya, Karya Prima Suplindo, Gabag Indonesia, dan lainnya dengan hasil performa yang bagus. Bahkan, setiap bulannya Creata akan memberikan report agar Anda bisa menilai hasil optimasinya.
Jika tertarik menggunakan jasa Creata, Anda bisa klik di sini untuk terhubung dengan Creata. Sementara, bagi yang ingin mempelajari seputar SEO, bisa membaca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id