Blog Layout

Apa Itu Web Company Profile? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Creata
November 1, 2019

Sudah pernah mendengar tentang web company profile atau web profil perusahaan? Nah, bagi yang berkecimpung di dunia usaha tentu sudah tidak asing dengan media promosi yang satu ini. 


Kian berkembangnya teknologi membuat banyak perusahaan baik jasa maupun dagang ingin memiliki web company profile sebagai media informasi dan branding secara online. Di zaman sekarang kekuatan internet sudah sangat tinggi untuk menyebarluaskan informasi sehingga disarankan bagi pemilik perusahaan untuk memiliki company profile sendiri agar perusahaan bisa lebih cepat dikenal oleh banyak orang. 


Tentang Web Company Profile


pengertian web company profile


Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, web profil perusahaan merupakan suatu media yang fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi atau menyampaikan informasi tertentu tentang perusahaan pada pihak-pihak yang yang membutuhkan. Jika dilihat dari keuntungan atau manfaatnya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya web profil ini salah satunya yaitu sebagai sarana marketing atau media promosi.


Sehingga tidak heran jika diperlukan sebuah web profil perusahaan yang menarik agar banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Menarik yang dimaksud di sini tidak hanya dari tampilan image-nya saja tetapi juga tulisan atau kontennya. 


Merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan untuk membuat web company profile. Anda bisa melihat perusahaan-perusahaan besar yang ada saat ini, semuanya memiliki web company profile yang tampak kredibel dengan desain cantik dan navigasi yang mudah. Dengan tampilan website company profile tersebut nantinya akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui perusahaan Anda dan berbagai produk atau jasa yang ditawarkan. 


Company profile pun memainkan peran penting dalam menarik kesadaran pelanggan yang potensial dan meningkatkan minat investor untuk mendanai. Untuk itu, membuat web company profile untuk sebuah perusahaan tidaklah boleh sembarangan dan harus dibuat seprofesional mungkin.


Nah, setelah mengetahui tentang definisi dari web profil perusahaan. Anda juga harus tahu apa saja jenis company profil yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa jenis company profile yang perlu diketahui:



  • Media cetak, misalnya katalog album, iklan di majalah, koran, dan brosur
  • Media elektronik, misalnya iklan televisi dan radio
  • Media CD/DVD yang berisikan tentang presentasi berupa video
  • Media online di internet atau yang biasa dikenal dengan media web company profile.


Fungsi Company Profile


fungsi web company profile


Bagi Anda yang saat ini benar-benar fokus dalam mengelola bisnis agar lebih dikenal orang, perlunya untuk mengetahui beberapa fungsi dari web company profile berikut ini.


1. Media Publikasi dan Branding


Sering kali company profile digunakan para perusahaan untuk mengenalkan nama perusahaan ke khalayak umum. Informasi yang akan disampaikan pada profil perusahaan biasanya mencakup keunggulan produk dan jasa yang akan ditawarkan. Untuk itu, disarankan untuk membuat web company profile sesuai dengan pandangan para audiens dan disesuaikan juga dengan target pasar agar tepat sasaran.


Selain mengikuti audiens, agar web profile perusahaan dapat lebih menarik, usahakan membuat tampilan yang enak untuk dilihat agar audiens betah untuk berada di dalam website. Anda bisa memainkan paduan warna, baik pada background, logo, ikon, font, maupun ilustrasi bila ada, yang membuat website menjadi cantik.


2. Gambaran Umum Perusahaan


Profil perusahaan merupakan salah satu website yang harus ada bagi setiap perusahaan untuk menceritakan atau menyampaikan informasi terkait apa dan siapa mereka, sejarah mereka, nilai-nilai yang mereka jalankan, dan produk atau layanan yang mereka tawarkan sehingga dapat lebih meyakinkan audiens juga mengenai bisnis atau perusahaan yang saat ini sedang dijalankan. 


Dikarenakan fungsi ini, Anda perlu mengemas web company profile seciamik dan seringan mungkin informasi yang disampaikan. Bila merasa kesulitan untuk membuat website tersebut, tak ada salahnya menggunakan bantuan jasa pembuatan website company profile. Dengan begitu Anda juga tidak terlalu pusing dalam membuat website, terutama yang awam terkait teknologi. 


3. Strategi Pemasaran


Apabila Anda membuat web company profile yang menarik maka akan dipastikan dapat menarik lebih banyak calon pelanggan terkait jasa atau produk yang ditawarkan. Dikarenakan informasi yang disampaikan jelas dan menarik maka kemungkinan besar audiens akan memahami bisnis yang sedang Anda jalankan sehingga memiliki peluang untuk mendorong bisnis menjadi lebih cepat maju.


Anda bisa menggunakan company profile sebagai alat dalam menumbuhkan nilai-nilai perusahaan yang kuat di mata pelanggan potensial. Artikel ini menyarankan untuk menggunakan Search Engine Optimization, tujuannya adalah untuk mempermudah orang untuk menemukan website yang sudah Anda buat.  Selain itu, dengan adanya SEO juga dapat membuat web Anda masuk ke halaman pertama pada Google tanpa harus menggunakan iklan. Menarik, bukan?


Inilah Berbagai Kelebihan Web Company Profile


kelebihan web company profile


Jika Anda sekarang sedang bingung mencari media promosi yang dianggap mudah dan memberikan keuntungan, web company profile ini bisa jadi solusi yang paling tepat. Berikut ini beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan web profil perusahaan sebagai sarana promosi, yaitu:


  • Biaya yang lebih mudah. Tahukah Anda bahwa ternyata biaya promosi menggunakan web company ini lebih terjangkau dibandingkan dengan media lainnya. Untuk berapa harga pembuatan web-nya bisa Anda tanyakan kepada penyedia jasa pembuatan website.
  • Jangkauan promosi lebih luas. Seperti yang diketahui karena media yang digunakan adalah media internet tidak heran jika jangkauannya sangatlah mudah. dengan menggunakan media ini, web company profile bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, menggunakan website profile perusahaan juga akan lebih membantu dalam menarik calon investor, mempercepat pertumbuhan bisnis, dan juga meningkatkan citra dari suatu perusahaan.
  • Lebih efektif dan efisien. Satu lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan web profil perusahaan yaitu lebih efektif. Sehingga klien atau customer bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan.


Baca juga: Ini Alasan Mengapa Anda Butuh Jasa Pembuatan Website Company Profile


Apabila usai membaca informasi di atas Anda menjadi tertarik untuk membuat web company profile, bisa mengandalkan Creata untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih bingung, apa itu Creata? Perlu diketahui, Creata ini merupakan sebuah penyedia jasa digital agency yang menawarkan pembuatan website yang berkualitas dan terpercaya yang ada di Indonesia dan sudah dipercayai oleh berbagai macam brand ternama, seperti Daikin dan Samsung. 


Creata bisa menjadi solusi bagi yang tertarik untuk membuat web company profile, namun Anda merasa kesulitan dalam membuatnya atau tidak mau repot. Akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa Creata, website tampil menarik sesuai keinginan, user friendly, mobile friendly, loading web cepat, anti error, dan lainnya.


Creata tidak hanya menawarkan pembuatan website saja, tapi juga melayani beriklan di Google dan di media sosial, membuat artikel SEO, membuat berbagai jenis aplikasi, dan solusi digital lainnya. Jika penasaran dengan Creata dan memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa langsung hubungi Tim Creata dengan cara klik di sini. Sementara jika Anda ingin mempelajari terkait digital marketing, beriklan di Google, informasi terkait website company profile, silahkan baca berbagai Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: