Blog Layout

Cara Membuat Iklan di Google, Lengkap dan Mudah!

Author : Rossa Putri
February 13, 2023

Salah satu cara efektif untuk memasarkan bisnis saat ini adalah melakukan pengiklanan pada platform Google. Sebab, kini Google sangat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk mencari suatu informasi yang dibutuhkan di internet. Maka dari itu perlunya Anda untuk mempelajari cara membuat iklan di Google agar berhasil mendapatkan banyak pelanggan melalui internet. Besarnya para pengguna internet di Google saat ini adalah hal yang menguntungkan bagi pebisnis karena Google menawarkan fitur “Google Ads” untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika tertarik beriklan di Google dan penasaran bagaimana cara membuat iklan di Google, simak penjelasannya berikut ini. 


Baca juga: Google Adsense adalah Solusi Beriklan Efektif dan Efisien


cara membuat iklan di google


Membuat Akun


Cara membuat iklan di Google diawali dengan memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Anda harus membuka website Google Ads kemudian ikuti setiap tahapan yang dimintanya atau bisa juga langsung log in apabila sudah memiliki akun sebelumnya. Apabila Anda adalah orang awam atau baru pertama kali membuat iklan maka Google akan mengarahkannya pada iklan Smart Campaign. 


Tentukan Tujuan Iklan


Cara membuat iklan di Google berikutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatan iklan agar iklan dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. Terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan, yakni sebagai berikut.


  • Leads : Mendorong konsumen agar dapat melakukan suatu tindakan
  • Website Traffic : Mendapatkan banyak pengunjung ke website agar traffic meningkat
  • Sales : Meningkatkan penjualan produk
  • Brand Awareness : Membangun kesadaran merk kepada khalayak luas
  • Local Store Visits and Promotion : Meningkatkan kunjungan toko secara offline
  • Product and Brand Consideration : Membuat konsumen mengetahui setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan
  • App Promotion : Melakukan pemasaran aplikasi agar konsumen bisa melakukan pengunduhan


Tentukan Durasi Iklan


Pada tahapan ini Anda akan diminta untuk menentukan durasi dari iklan tersebut dengan cara membuka pengaturan, kemudian klik “Show More Settings”. Setelah itu akan diminta melakukan penginputan berapa lama iklan tersebut akan ditayangkan pada Google.


Memilih Lokasi dan Bahasa


Tidak sampai di situ, cara membuat iklan di Google yang selanjutnya adalah memilih jangkauan dari lokasi tersebut. Anda bisa memperluas jangkauan iklan di berbagai daerah di Indonesia dan mempersempitnya dengan memilih kota atau provinsi yang ingin dijangkaunya.


Setelah memilih lokasi, Anda juga akan diminta untuk menentukan bahasa yang akan digunakan pada Google agar target audiens lebih mudah memahaminya. Sebagai contoh, Anda memilih berbahasa Indonesia, nantinya Google akan menyeleksinya dengan mengarahkan ke pengguna Google dari Indonesia.


Mengatur Anggaran Iklan


Anda juga dapat menentukan biaya pengeluaran yang akan dihabiskan untuk menempatkan iklan tersebut pada Google setiap harinya. Ada baiknya Anda memasang budget yang akan digunakan pada pengiklanan di Google ads tersebut. Untuk awalan bisa memilih budget yang terendah terlebih dahulu.


Atur Kata Kunci


Dalam menentukan kata kunci untuk pengiklanan Anda harus teliti. Pastikan keyword yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dari target audience sehingga akan memudahkan mereka untuk menemukan atau melihat iklan yang Anda buat. Usahakan juga keyword yang dipilih masih relevan dengan iklan tersebut. 


Lengkapi Pembayaran


Cara membuat iklan di Google yang terakhir adalah melengkapi detail pembayaran untuk tayangan iklan tersebut. Isilah setiap data-data yang diperlukan, seperti customer info, timezone, dan billing country. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih metode pembayarannya.


Baca juga: Supaya Gak Boncos, Berikut Tips Menghitung Biaya Google Ads


Itulah beberapa tahapan untuk beriklan di Google. Jika ingin mempelajari seputar Google Ads lebih lanjut atau beriklan secara digital, Anda bisa membaca kumpulan Cerita Creata.


Bila kesulitan menerapkan cara-cara di atas, tidak ada salahnya meminta bantuan ahlinya kepada Creata. Digital agency berpengalaman satu ini menawarkan layanan SEM (Search Engine Marketing) untuk beriklan di Google. Anda cukup sampaikan kebutuhan beriklan dan budgetnya, nantinya Creata akan menyiapkan strategi dan mengeksekusinya sebaik mungkin dengan budget yang sesuai. Tak perlu khawatir dengan hasil kerjanya karena Creata telah berpengalaman mengiklankan berbagai bidang bisnis dan mereka pun akan memberikan laporan performa iklan setiap bulannya sehingga pekerjaannya transparan. Bila tertarik, silakan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda secara gratis dan praktis dengan cara klik di sini


Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: