Salah satu cara efektif untuk memasarkan bisnis saat ini adalah melakukan pengiklanan pada platform Google. Sebab, kini Google sangat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk mencari suatu informasi yang dibutuhkan di internet. Maka dari itu perlunya Anda untuk mempelajari cara membuat iklan di Google agar berhasil mendapatkan banyak pelanggan melalui internet. Besarnya para pengguna internet di Google saat ini adalah hal yang menguntungkan bagi pebisnis karena Google menawarkan fitur “Google Ads” untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika tertarik beriklan di Google dan penasaran bagaimana cara membuat iklan di Google, simak penjelasannya berikut ini.
Baca juga: Google Adsense adalah Solusi Beriklan Efektif dan Efisien
Cara membuat iklan di Google diawali dengan memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Anda harus membuka website Google Ads kemudian ikuti setiap tahapan yang dimintanya atau bisa juga langsung log in apabila sudah memiliki akun sebelumnya. Apabila Anda adalah orang awam atau baru pertama kali membuat iklan maka Google akan mengarahkannya pada iklan Smart Campaign.
Cara membuat iklan di Google berikutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatan iklan agar iklan dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. Terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda tentukan, yakni sebagai berikut.
Pada tahapan ini Anda akan diminta untuk menentukan durasi dari iklan tersebut dengan cara membuka pengaturan, kemudian klik “Show More Settings”. Setelah itu akan diminta melakukan penginputan berapa lama iklan tersebut akan ditayangkan pada Google.
Tidak sampai di situ, cara membuat iklan di Google yang selanjutnya adalah memilih jangkauan dari lokasi tersebut. Anda bisa memperluas jangkauan iklan di berbagai daerah di Indonesia dan mempersempitnya dengan memilih kota atau provinsi yang ingin dijangkaunya.
Setelah memilih lokasi, Anda juga akan diminta untuk menentukan bahasa yang akan digunakan pada Google agar target audiens lebih mudah memahaminya. Sebagai contoh, Anda memilih berbahasa Indonesia, nantinya Google akan menyeleksinya dengan mengarahkan ke pengguna Google dari Indonesia.
Anda juga dapat menentukan biaya pengeluaran yang akan dihabiskan untuk menempatkan iklan tersebut pada Google setiap harinya. Ada baiknya Anda memasang budget yang akan digunakan pada pengiklanan di Google ads tersebut. Untuk awalan bisa memilih budget yang terendah terlebih dahulu.
Dalam menentukan kata kunci untuk pengiklanan Anda harus teliti. Pastikan keyword yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dari target audience sehingga akan memudahkan mereka untuk menemukan atau melihat iklan yang Anda buat. Usahakan juga keyword yang dipilih masih relevan dengan iklan tersebut.
Cara membuat iklan di Google yang terakhir adalah melengkapi detail pembayaran untuk tayangan iklan tersebut. Isilah setiap data-data yang diperlukan, seperti customer info, timezone, dan billing country. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih metode pembayarannya.
Baca juga: Supaya Gak Boncos, Berikut Tips Menghitung Biaya Google Ads
Itulah beberapa tahapan untuk beriklan di Google. Jika ingin mempelajari seputar Google Ads lebih lanjut atau beriklan secara digital, Anda bisa membaca kumpulan Cerita Creata.
Bila kesulitan menerapkan cara-cara di atas, tidak ada salahnya meminta bantuan ahlinya kepada Creata. Digital agency berpengalaman satu ini menawarkan layanan SEM (Search Engine Marketing) untuk beriklan di Google. Anda cukup sampaikan kebutuhan beriklan dan budgetnya, nantinya Creata akan menyiapkan strategi dan mengeksekusinya sebaik mungkin dengan budget yang sesuai. Tak perlu khawatir dengan hasil kerjanya karena Creata telah berpengalaman mengiklankan berbagai bidang bisnis dan mereka pun akan memberikan laporan performa iklan setiap bulannya sehingga pekerjaannya transparan. Bila tertarik, silakan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda secara gratis dan praktis dengan cara klik di sini.
All Rights Reserved | Creata.id