Blog Layout

Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Platform Online

Author: Dina Nazhifah
August 14, 2023

Iklan online saat ini telah menjadi jantung dari pemasaran bisnis. Membuat iklan yang menarik dan efektif di platform online dapat menjadi cara dalam menyukseskan kampanye pemasaran Anda. Jika Anda ingin beriklan di platform online, namun masih awam dengan dunia online, ikuti sederet cara membuat iklan yang menarik perhatian di platform online berikut ini.


cara membuat iklan yg menarik secara online


Kenali Target Audience


Sama halnya dengan iklan offline, cara membuat iklan yang menarik untuk platform online tentunya dengan mengenali siapa target audience Anda. Apa yang target audience butuhkan dan apa solusi yang akan Anda berikan untuk kebutuhan atau masalah mereka? Dengan memahami target audience maka Anda dapat menyusun iklan yang relevan dan menarik bagi mereka.


Sederhanakan Pesan


Dalam iklan online, waktu perhatian audience sangatlah singkat. Maka dari itu, buatlah pesan sesederhana mungkin dengan inti yang kuat dan jelas yang langsung mengomunikasikan nilai produk atau layanan Anda. Hindari penggunaan kalimat panjang dan kompleks yang membuat audience kebingungan.


Gunakan Visual yang Menarik


Visual memiliki daya tarik yang besar dalam iklan online. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang relevan dengan iklan. Pastikan visual tersebut mempertegas pesan dan mengundang perhatian audience.


Buat Headline yang Menggoda


Headline adalah hal pertama yang dilihat oleh audience Anda. Buatlah headline yang menggoda, singkat, dan langsung berbicara tentang manfaat utama yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda. Gunakan kata-kata kuat yang dapat memancing rasa ingin tahu.


Teknik Copywriting yang Efektif


Cara membuat iklan yang menarik selanjutnya adalah membuat tulisan yang persuasif dan memicu sebuah tindakan. Gunakan teknik copywriting yang urgensi, membahas keunikan produk, atau manfaat yang diberikan. Fokuslah pada solusi yang ditawarkan kepada audience Anda, bukan kelebihan dari produk atau layanannya.


Baca juga: 7 Tips Copywriting Efektif untuk Meningkatkan Penjualan


Call-to-Action yang Jelas


Setiap iklan online harus memiliki tindakan atau call-to-action (CTA) yang jelas. Beri tahu audience apa yang harus dilakukan selanjutnya, apakah itu mengklik link, mengisi formulir, men-download brosur, menghubungi Anda, atau melakukan pembelian. CTA yang kuat dapat meningkatkan konversi iklan Anda.


Sesuaikan dengan Setiap Platform


Sebenarnya, cara membuat iklan yang menarik untuk setiap platform online berbeda-beda karena pada dasarnya setiap platform memiliki gaya dan format yang berbeda. Untuk itu, pastikan iklan Anda menyesuaikan dengan platform yang digunakan. Misalnya, iklan di Instagram lebih visual dan singkat, sementara iklan di LinkedIn lebih fokus pada profesionalisme.


Uji dan Evaluasi


Tidak ada iklan yang sempurna dari awal. Lakukan uji A/B dengan variasi headline, gambar, atau teks untuk melihat mana yang paling efektif. Pantau kinerja iklan Anda dan lakukan evaluasi secara berkala.


Berikan Nilai Tambah


Cara membuat iklan yang menarik tak sekadar beriklan dengan visual dan headline engaging, tapi juga menyisipkan nilai tambah, seperti penawaran khusus atau konten gratis. Ini dapat mendorong audience untuk melakukan tindakan lebih lanjut.


Pantau dan Sesuaikan


Pantau metrik kinerja iklan Anda, seperti klik, tampilan, dan konversi. Jika iklan tidak memberikan hasil yang diharapkan, tidak ada salahnya melakukan perubahan dan penyesuaian.


Dengan mengikuti cara ini, serta terus melakukan uji dan evaluasi, Anda tidak hanya dapat menghasilkan iklan yang menarik, tapi juga berhasil meningkatkan kesadaran dan konversi. Jika ingin mengoptimalkan iklan online Anda, cek kumpulan Cerita Creata untuk menemukan berbagai tips dan trik lainnya. 


Jika Anda menginginkan hasil iklan online yang lebih optimal, pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional. Salah satu penyedia jasa yang dapat diandalkan adalah Creata, digital agency berpengalaman yang dapat membantu Anda menciptakan iklan yang efektif dan menarik di berbagai platform online. 


Dengan tim yang memiliki terampil dan pengetahuan strategi pemasaran digital, Creata dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi kampanye pemasaran Anda. Selain merancang iklan, Creata juga membantu menganalisis kinerja iklan dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil kampanye seiring berjalannya waktu. Bila Anda tertarik bekerja sama, silakan klik di sini untuk langsung terhubung dengan tim Creata.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: