Iklan online saat ini telah menjadi jantung dari pemasaran bisnis. Membuat iklan yang menarik dan efektif di platform online dapat menjadi cara dalam menyukseskan kampanye pemasaran Anda. Jika Anda ingin beriklan di platform online, namun masih awam dengan dunia online, ikuti sederet cara membuat iklan yang menarik perhatian di platform online berikut ini.
Sama halnya dengan iklan offline, cara membuat iklan yang menarik untuk platform online tentunya dengan mengenali siapa target audience Anda. Apa yang target audience butuhkan dan apa solusi yang akan Anda berikan untuk kebutuhan atau masalah mereka? Dengan memahami target audience maka Anda dapat menyusun iklan yang relevan dan menarik bagi mereka.
Dalam iklan online, waktu perhatian audience sangatlah singkat. Maka dari itu, buatlah pesan sesederhana mungkin dengan inti yang kuat dan jelas yang langsung mengomunikasikan nilai produk atau layanan Anda. Hindari penggunaan kalimat panjang dan kompleks yang membuat audience kebingungan.
Visual memiliki daya tarik yang besar dalam iklan online. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang relevan dengan iklan. Pastikan visual tersebut mempertegas pesan dan mengundang perhatian audience.
Headline adalah hal pertama yang dilihat oleh audience Anda. Buatlah headline yang menggoda, singkat, dan langsung berbicara tentang manfaat utama yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda. Gunakan kata-kata kuat yang dapat memancing rasa ingin tahu.
Cara membuat iklan yang menarik selanjutnya adalah membuat tulisan yang persuasif dan memicu sebuah tindakan. Gunakan teknik copywriting yang urgensi, membahas keunikan produk, atau manfaat yang diberikan. Fokuslah pada solusi yang ditawarkan kepada audience Anda, bukan kelebihan dari produk atau layanannya.
Baca juga: 7 Tips Copywriting Efektif untuk Meningkatkan Penjualan
Setiap iklan online harus memiliki tindakan atau call-to-action (CTA) yang jelas. Beri tahu audience apa yang harus dilakukan selanjutnya, apakah itu mengklik link, mengisi formulir, men-download brosur, menghubungi Anda, atau melakukan pembelian. CTA yang kuat dapat meningkatkan konversi iklan Anda.
Sebenarnya, cara membuat iklan yang menarik untuk setiap platform online berbeda-beda karena pada dasarnya setiap platform memiliki gaya dan format yang berbeda. Untuk itu, pastikan iklan Anda menyesuaikan dengan platform yang digunakan. Misalnya, iklan di Instagram lebih visual dan singkat, sementara iklan di LinkedIn lebih fokus pada profesionalisme.
Tidak ada iklan yang sempurna dari awal. Lakukan uji A/B dengan variasi headline, gambar, atau teks untuk melihat mana yang paling efektif. Pantau kinerja iklan Anda dan lakukan evaluasi secara berkala.
Cara membuat iklan yang menarik tak sekadar beriklan dengan visual dan headline engaging, tapi juga menyisipkan nilai tambah, seperti penawaran khusus atau konten gratis. Ini dapat mendorong audience untuk melakukan tindakan lebih lanjut.
Pantau metrik kinerja iklan Anda, seperti klik, tampilan, dan konversi. Jika iklan tidak memberikan hasil yang diharapkan, tidak ada salahnya melakukan perubahan dan penyesuaian.
Dengan mengikuti cara ini, serta terus melakukan uji dan evaluasi, Anda tidak hanya dapat menghasilkan iklan yang menarik, tapi juga berhasil meningkatkan kesadaran dan konversi. Jika ingin mengoptimalkan iklan online Anda, cek kumpulan Cerita Creata untuk menemukan berbagai tips dan trik lainnya.
Jika Anda menginginkan hasil iklan online yang lebih optimal, pertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional. Salah satu penyedia jasa yang dapat diandalkan adalah Creata, digital agency berpengalaman yang dapat membantu Anda menciptakan iklan yang efektif dan menarik di berbagai platform online.
Dengan tim yang memiliki terampil dan pengetahuan strategi pemasaran digital, Creata dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi kampanye pemasaran Anda. Selain merancang iklan, Creata juga membantu menganalisis kinerja iklan dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil kampanye seiring berjalannya waktu. Bila Anda tertarik bekerja sama, silakan klik
di sini untuk langsung terhubung dengan tim Creata.
All Rights Reserved | Creata.id