Blog Layout

Harga Buat Website Jutaan Rupiah, Apakah Sepadan?

Author: Theresia Intan
May 14, 2020

Jika dulu pemilik usaha harus membeli ruko atau gedung dengan harga tinggi, seiring berkembangnya jaman sebuah website saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan itu. Harga buat website dianggap lebih terjangkau daripada harga sebuah gedung, karena itulah website banyak digemari. Tetapi, bila website digunakan untuk keperluan pribadi, maka website yang berkualitas dan canggih harganya juga cenderung terasa mahal. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah website bahkan apabila website tersebut hanya digunakan untuk keperluan pribadi.


Sebagai awam, Anda mungkin merasa ragu untuk menggelontorkan sekian juta demi sebuah website. Sebenarnya apa yang membuat website begitu mahal dan apakah harga tersebut masuk akal? Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi mengapa harga buat website terasa mahal dan semua faktor itu bersifat relatif. Relatif artinya tidak ada patokan khusus karena semuanya kembali pada kebutuhan dan selera Anda sebagai pemilik website.


Faktor-faktor Dibalik Harga Buat Website

 

1. Fungsi website

 

Fungsi teknis sebuah website adalah salah satu faktor utama yang menjadi alasan mengapa harga buat website untuk web pribadi dan web toko online bisa berbeda jauh. Jika Anda memiliki toko online, tentu Anda ingin website toko Anda terlihat paling unik, berkualitas, dan terbaik daripada toko online lainnya. Fungsi teknis sebuah website ini bisa meliputi fitur uniknya, jumlah halaman HTMLnya, sampai pada kapasitas pengunjung serta multimedianya. Tentu saja hal ini akan berbeda bila dibandingkan dengan Anda yang ingin membuat website untuk keperluan pribadi.


 

2. Desain yang unik

 

Jika Anda menginginkan desain yang lebih unik, Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam. Umumnya, dengan menggunakan desain template orang sudah bisa mendapatkan website yang baik. Namun jika Anda menyukai hal-hal yang berbeda, maka desain custom adalah salah satu jawabannya. Desain custom memang membutuhkan harga buat website yang lebih tinggi, namun feedbacknya juga sepadan karena kini website Anda akan lebih mudah diingat oleh pengunjung. Di sisi lain, desain juga tidak terasa membosankan dan menyenangkan untuk dilihat.


 

3. Domain dan hosting

 

Terdapat banyak jenis ekstensi domain dengan rentang harga yang bervariasi pula. Jika Anda membutuhkan website dengan domain dari negara tertentu, atau disebut dengan ccTLD (Country Code Top Level Domain) seperti .io, .us, .cc, .id, Anda bisa dikenakan harga buat website yang lebih tinggi daripada menggunakan ekstensi populer seperti .com, .org, .net, atau .info. Hal ini dikarenakan perbedaan harga yang diatur oleh penyedia domain ccTLD di tiap negara dan diikuti juga dengan nilai tukar mata uang asing. Semua jenis domain ini bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan selera Anda.


Begitu juga dengan web hosting atau web server. Ibarat membeli rumah diatas sebuah tanah, web server ini adalah ‘tanah’ yang kita sewa untuk membangun website. Web hosting sendiri memiliki berbagai macam jenis, kapasitas, dan benefit. Konsultasikan dengan penyedia web Anda web hosting apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

4. Pengembangan dan pemeliharaan website

 

Website Anda juga membutuhkan pemeliharaan dan pengembangan secara rutin sehingga hal ini juga merupakan salah satu faktor penentu harga buat website. Semakin teroptimasi website Anda maka semakin cepat pula website Anda akan berkembang dan mampu bersaing dengan website lainnya.


Creata sebagai jasa pembuat website mampu menawarkan harga buat website yang kompetitif dan masuk akal disertai beragam fitur gratis yang akan Anda dapat sepanjang tahun, salah satunya berupa dukungan dan maintenance teknis. Selain itu, Creata juga membuat website yang SEO-friendly sehingga mudah untuk dioptimasi. Kini website Anda mampu tampil di halaman pertama Google dan mudah terlihat oleh pengunjung. Anda akan mendapatkan sederet manfaat dari keunggulan Creata sehingga biaya yang Anda keluarkan akan sepadan dengan pemasukan Anda dari website nantinya.


Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: