Ikut Rayakan Hari Media Sosial dengan Bijak Berkomunikasi, Yuk!
Author: Theresia Intan
June 10, 2020
This is a subtitle for your new post
Media sosial seolah sudah menjadi rumah kedua bagi sebagian orang karena lamanya waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna di sana. Dari sekian banyak media sosial yang ada, tentunya arus informasi kita membanjir. Hampir setiap detik ada update terbaru berupa foto, video, atau kutipan singkat.
Platform yang terlihat kecil itu sebenarnya menampung jutaan informasi dan interaksi yang mana mampu mempengaruhi gaya hidup sehari-hari. Saking besarnya peran media sosial dalam hidup manusia, artikel dari harimediasosial.com menyebutkan bahwa tanggal 10 Juni diperingati sebagai Hari Media Sosial sebagaimana yang dicetuskan oleh Handi Irawan D. dari Frontier Grup beberapa tahun yang lalu.
Bertepatan dengan peringatan tahunan tersebut, tentunya ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik lagi dalam bersosial di dunia maya.
1. Pengaruhi pengguna lain dengan kebaikan
Media sosial mampu mempengaruhi pola pikir dan tindakan seseorang. Jika Anda memiliki akun yang besar dengan banyak followers dan tingkat engagement yang tinggi, gunakanlah platform tersebut untuk menyebarkan hal-hal yang positif.
2. Bijak dalam berkomentar
Selalu bijak dalam berinteraksi dengan pengguna lain. Hindari berkomentar dengan menulis kata-kata ejekan, berbohong, atau mengancam karena ketika kita mampu menjaga etika berkomunikasi yang baik, waktu yang kita habiskan di media sosial terasa lebih menyenangkan.
3. Hati-hati dalam mengunggah konten
Konten yang diunggah bisa mencerminkan kualitas akun dan kepribadian penggunanya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengunggah konten-konten yang baik, menarik, bermanfaat, dan informatif supaya Anda bisa menikmati waktu Anda di media sosial dengan lebih maksimal.
4. Gunakan media sosial untuk hal positif
Selain informasi positif, tentunya juga ada informasi bermuatan negatif. Informasi tersebut bisa saja bersifat menganggu sebagian orang, menyindir, mempermalukan, dan berbohong. Tentunya sebagai pengguna media sosial yang baik, jangan sampai Anda ikut terseret dalam arus informasi yang satu ini. Gunakan media sosial secara positif, misalnya untuk relaksasi, bergaul, belajar, dan lain-lain.
Anda mungkin merasa bahwa akun Anda kecil dan tidak memiliki engagement yang tinggi seperti akun-akun besar lainnya. Namun, hal itu bukanlah suatu masalah karena seharusnya semua pengguna mampu memanfaatkan akun media sosialnya dengan bijak dan cerdas. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di Hari Media Sosial ini untuk mengoptimalkan kualitas akun Anda:
1. Bergabunglah dengan komunitas sesuai minat
Ada berbagai komunitas atau grup di media sosial sehingga Anda bisa bergabung dalam grup yang berisi orang-orang dengan minat yang serupa. Selain Anda bisa menemukan relasi baru, Anda juga pastinya akan merasa lebih terhibur dan bisa memperoleh informasi yang bermanfaat.
2. Ikuti akun yang positif dan menghibur
Hindari akun-akun provokatif dengan konten yang kurang berkualitas. Sebaiknya, isi waktu Anda dengan melihat akun yang menghibur atau akun yang mengunggah hal-hal positif.
3. Share kutipan yang lucu dan bermanfaat
Akun Anda tetap bisa bermanfaat jika Anda membagikan kutipan-kutipan menarik, menghibur, maupun bermanfaat dari akun lain kepada pengikut Anda. Dengan begini, Anda sudah ambil bagian dalam menjadi pengguna yang cerdas dan bijak.
4. Gunakan tagar #SMDay
Hari ini tak akan lengkap tanpa menggunakan tagar untuk memperingati Hari Media Sosial, yaitu #SMDay. Anda bisa menggunakannya di status atau caption untuk konten Anda sehingga kini Anda juga ikut berpartisipasi dalam merayakan Hari Media Sosial ini.
Jadilah pengguna yang cerdas dan bijak dalam bermedia sosial. Sebisa mungkin, imbangilah informasi negatif dengan cara ikut membantu menyebarkan konten-konten yang menghibur dan bermanfaat. Selamat Hari Media Sosial!
Bagikan Artikel Ini..

Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital

Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.