Perkembangan teknologi yang sedang kita alami membawa dampak pada perubahan perilaku konsumen. Menurut riset dari CNBC Indonesia, pengguna internet di Indonesia terus bertambah dari tahun ke tahun. Data menunjukkan pada tahun 2021 mencapai 202,35 juta pengguna atau 76,8%, di mana angka ini naik 3.1% dibandingkan tahun sebelumnya.
Hal ini tentu menunjukkan adanya peluang besar dalam meningkatkan penjualan secara online. Caranya adalah dengan memanfaatkan digital marketing sebagai sarana pemasaran.
Digital marketing adalah kegiatan promosi suatu brand yang menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya untuk terhubung kepada target market. Untuk itu, digital marketing adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin meningkatkan penjualan dan mendapatkan banyak target market yang potensial!
Mari kita cari tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing. Untuk Anda para pebisnis yang ingin mendigitalkan bisnisnya, mari merapat!
Buatlah Website dengan Optimasi SEO
Website adalah sarana penting dalam digital marketing untuk membangun sebuah brand dan meningkatkan penjualan. Namun, tidak hanya menarik dan informatif, sebuah website harus dioptimalkan dengan SEO agar menarik lebih banyak pengunjung.
Anda perlu melakukan penelitian dan menemukan keywords yang berpotensi memiliki angka pencarian yang tinggi di Google. Penerapan keyword-keyword yang relevan dalam konten akan mendatangkan traffic dan bisa menempatkan website Anda di halaman pertama Google.
Tampil Menarik di Sosial Media
Sebuah studi menunjukkan bahwa saat melihat sebuah konten di sosial media, rata-rata konsumen akan kehilangan ketertarikan mereka dalam 8 detik. Untuk itu, Anda perlu menyadari bahwa kesan pertama calon konsumen dalam melihat konten bisnis Anda adalah hal yang penting.
Oleh karena itu, strategi digital marketing adalah kunci dalam menarik atensi calon konsumen. Orang pada umumnya, lebih cenderung membaca paragraf yang pendek. Selain itu, sebagian besar audiens lebih suka melihat video dibandingkan konten yang statis.
Untuk memikat mereka, Anda bisa membuat video maksimal 30 detik sampai 2 menit. Selanjutnya, Anda bisa membuat
carousel post
dengan penggunaan teks sebanyak 20% aja.
Gunakan Iklan Berbayar
Sumber : Social Media Examiner
Strategi selanjutnya dalam digital marketing adalah iklan berbayar. Dengan iklan berbayar, Anda bisa meningkatkan awareness, views, atau engagement secara lebih maksimal dan praktis. Iklan berbayar juga memiliki berbagai media yang beragam, seperti FB Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Hal ini bisa bermanfaat untuk menarik calon konsumen dan meningkatkan penjualan dari konsumen sebelumnya.
Siapkan Sarana untuk Transaksi Digital
Transaksi online tentunya memerlukan media yang memudahkan konsumen untuk bertransaksi. Selain transfer antar bank atau rekening bersama, dompet digital juga bisa menjadi pilihan media yang mudah, cepat, dan praktis. Misalnya dengan menggunakan OVO, Link Aja, GoPay, Dana, dan lain sebagainya. Anda bisa memakai minimal salah satu platform transaksi digital dalam website untuk kemudahan transaksi.
Lakukan Evaluasi
Tahap terpenting yang perlu diperhatikan dalam menerapkan digital marketing adalah evaluasi. Dengan adanya evaluasi, Anda bisa melihat strategi mana yang efektif atau yang perlu diperbaiki atau bahkan dihilangkan. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa mengetahui performa dari setiap strategi digital marketing yang digunakan.
Dengan rangkaian penjelasan singkat di atas, jelaslah bahwa digital marketing adalah sarana yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan Anda jika dilakukan secara efektif. Anda bisa mengandalkan
Creata untuk membantu meningkatkan omset penjualan.
Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Anda Menggunakan Jasa Digital Marketing
Sebagai digital agency profesional dan berpengalaman, Creata mampu membantu Anda memasarkan bisnis atau produk di dunia digital secara tepat sasaran. Layanan digital marketing yang tersedia di digital agency ini, yaitu ada SEM (Search Engine Marketing) untuk beriklan di pencarian Google, SEO (Search Engine Optimization) untuk memudahkan pengguna internet menemukan bisnis Anda di halaman pencarian Google, dan SMA (Social Media Ads) untuk beriklan di media sosial.
Anda bisa berdiskusi terlebih dahulu kepada Creata untuk menentukan layanan digital marketing apa yang cocok untuk bisnis sehingga bisa disesuaikan dengan goals dan target pasarnya. Kemudian, Anda pun bisa menggunakan layanan lain dari Creata, yaitu maintenance social media, jika ingin akun sosial media bisnis selalu aktif dan up to date.
Tak perlu khawatir soal harga, Anda bisa mendapatkan layanan-layanan di atas dengan harga terjangkau dan ramah di kantong. Tingkatkan omset bisnis Anda sekarang juga bersama Creata!
All Rights Reserved | Creata.id