Blog Layout

Ini Dia Cara Membuat Toko Online dengan Cepat dan Mudah

Author: Syachfara
August 2, 2021
Bisnis online saat ini kian tahun kian berkembang pesat. Anda sebagai pebisnis perlu membuat toko online untuk dapat bersaing di dunia serba online seperti sekarang. Selain itu, memiliki toko online sendiri akan memberikan manfaat tersendiri untuk brand Anda. 

Dengan adanya toko online juga akan membuat customer lebih percaya dengan brand Anda dan memudahkan dalam transaksi jual beli online. Customer pun lebih menyukai pembelian secara online daripada langsung datang ke toko karena lebih praktis. 

Akan tetapi, sebelum membuat toko online sendiri, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat website toko online yang cocok untuk brand yang akan dipasarkan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membuat toko online:  


Siapa Target Market dari Brand Anda?


Target market adalah sekelompok orang yang nantinya akan menjadi target pasar Anda atau bisa dibilang mereka lah yang mungkin saja tertarik dengan produk yang dijual. Target market dapat diketahui dengan mengelompokkan berdasarkan umur, gender, minat, dan kelas ekonomi dari calon pembeli Anda. Dengan cara ini, maka akan memudahkan Anda untuk menentukkan model atau desain toko online yang sesuai dengan karakteristik target market.


Belajar Coding atau Bahasa Pemrograman


Untuk membuat toko online di website, Anda perlu belajar coding dengan memulai memahami beberapa bahasa pemrograman, mulai dari HTML, Javascript, PHP, C hingga C++. Setiap bahasa pemograman memiliki tingkat kesulitan dan tantangannya sendiri. 


Selain mempelajari bahasa pemrograman, dalam pembuatan toko online sendiri, nantinya Anda harus sering-sering mengecek website yang telah dibuat, apakah ada sistem yang error di dalamnya atau kerusakan fitur ketika digunakan. Kerusakan di dalam website akan membuat customer kesal dan bisa saja langsung pergi meninggalkan website toko online Anda. Jadi, ketika membuat website sendiri Anda harus teliti dengan coding yang dibuat.


Menyiapkan Hosting dan Domain


Dalam pembuatan web toko online, Anda harus menyiapkan hosting dan domain. Kegunaan hosting ialah untuk menyimpan data web secara keseluruhan, baik berupa file, teks, gambar, maupun video. Biaya sewa server hosting per bulannya sangatlah beragam. Biaya yang dikeluarkan untuk sewa server hosting mulai dari kisaran 150 ribuan per bulannya. 


Sedangkan, domain adalah alamat website atau URL. Untuk nama domain, Anda harus mempersiapkan nama yang relevan, jelas, dan simpel. Hal ini dilakukan untuk memudahkan customer mengingat identitas brand Anda.


Membuat Desain untuk Web 


Tentu Anda menginginkan agar konsumen berlama-lama mengeksplor website toko online, bukan? Nah, inilah tantangan yang harus Anda pecahkan, yaitu membuat desain semenarik mungkin. Jika desain website menarik dan mudah digunakan, maka akan membuat customer nyaman berada di website toko online Anda. 


Ketika membuat desain website Anda harus menyesuaikan warna dan elemen sesuai dengan karakteristik target market. Tujuannya tentu agar customer atau target market Anda betah ketika mengakses website toko online.


Jika tidak mau ribet dan ingin cepat mengoperasikan toko online tanpa harus belajar bahasa pemrograman. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan web toko online terbaik untuk membuat toko online Anda, yaitu
Creata. Creata adalah jasa pembuatan web toko online terbaik dan ternama di Indonesia. Creata dapat membuatkan toko online secara cepat dengan hasil berkualitas.


Creata pun dapat membuatkan web toko online dengan desain custom sesuai keinginan Anda. Selain itu, toko online buatan Creata dijamin akan mudah ditemukan pengguna internet yang berpotensi menjadi customer Anda sehingga penjualan pun akan meningkat. Tak hanya itu, masih banyak lainnya keuntungan membuat toko online menggunakan jasa Creata. Tertarik? Segera hubungi
Creata untuk ketahui informasi selengkapnya!

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: