Inilah 4 Faktor yang Mempengaruhi Harga Web

Creata Indonesia
September 7, 2019

Era digital dan kemajuan teknologi berbasis internet membawa pengaruh tumbuhnya banyak situs atau website. Meskipun mayoritas pengguna website adalah perusahaan atau organisasi tetapi nyatanya banyak juga perorangan yang memakainya. Biasanya mereka para pelaku bisnis online yang ingin menaikkan omzet dari dagangannya. Nah, kalau Anda berminat mungkin akan berpikir berapa harga web yang bagus apakah cukup mahal atau masih terjangkau.


Kalau bicara soal harga pembuatan sebuah website memang sebenarnya tidak bisa disamaratakan. Mungkin web yang berbeda jenisnya juga akan beda biaya yang dibutuhkannya. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga yang harus dikeluarkan saat membuat website. Itulah yang bisa membuat ada selisih harga ketika kita membuat website bukan masalah mahal atau murah melainkan hal apa yang mempengaruhinya.


Agar lebih jelas berikut ini akan dijabarkan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi besaran harga web saat pembuatannya.


4 Faktor Pengaruh Harga Web


faktor harga web


1. Nama Website


Hal pertama yang akan mempengaruhi harga pembuatan sebuah website adalah nama yang digunakan. Yang dimaksud dengan nama website disini adalah domain yang fungsinya mirip dengan alamat rumah. Alamat rumah yang jelas akan menghindarkan orang tersesat saat mencarinya, begitu juga dengan alamat website atau domain.


Nama website atau domain yang belum ada pemiliknya relatif jauh lebih murah harganya. Tapi jika Anda menginginkan sebuah nama website yang sudah dimiliki oleh orang lain maka harus siap mengeluarkan dana hingga jutaan bahkan miliaran rupiah. Inilah gambaran mudah bagaimana pemilihan nama domain bisa mempengaruhi harga web. 


2. Hosting


Kalau Anda membuat sebuah web secara otomatis harus dilakukan hosting ke dalamnya. Secara mudah bisa digambarkan kalau kita mempunyai USB dengan memori 64GB maka ke dalamnya kita akan mengisikan dan menyimpan data berupa teks, suara, gambar dan lainnya sesuai dengan besaran kapasitasnya. Begitu juga dengan website yang telah dibuat di dalamnya akan dimasukkan banyak informasi digital.


Hosting untuk website yang sederhana semacam company profile sebuah perusahaan biayanya cukup murah. Begitu juga dengan website toko online yang menggunakan profil sederhana. Tetapi jika hosting yang dibutuhkan lebih kompleks dan beragam maka harganya juga akan menjadi lebih mahal.


3. Design Website


Design seperti apa yang akan kita gunakan dalam website nantinya juga akan mempengaruhi harganya. Design pada website memang dibedakan menjadi 2 kategori yaitu gratis dan berbayar. Jika dalam pembuatannya Anda membutuhkan seorang website designer tentu saja harga web akan jauh lebih mahal karena harus membayar jasa seorang profesional.


4. Mesin atau Engine


Selanjutnya harga web atau biaya pembuatan sebuah website akan dipengaruhi juga oleh mesin yang dipakainya. Apakah yang dimaksud dengan mesin website tersebut? Secara mudahnya mesin website dibagi menjadi 2 jenis yaitu Template dan Customize. Contoh dari mesin berupa Template antara lain adalah Wordpress, Joomla dan lainnya. 


Jadi jika web yang dibuat menggunakan alamat Wordpress tentunya harganya murah bahkan bisa gratis. Sedangkan untuk mesin Customize yang memang dibuat domainnya khusus untuk website Anda tentu saja harganya lebih mahal dari Template. Menggunakan Template yang gratisan belum tentu juga akan membuat web Anda menjadi terlihat murahan begitu juga sebaliknya. Semua memang kembali kepada kebutuhan masing-masing.


List Harga Web Sesuai Jenisnya


list harga web


Jika berencana membuat web, pastikan Anda sudah mengetahui jenis-jenisnya beserta kisaran harganya. Ini dilakukan agar Anda bisa menyiapkan budget sesuai dengan jenis web yang dibutuhkan. Berikut ini daftar harga web terbaru sesuai dengan jenisnya.


1. Company Profile


Website company profile termasuk dalam kategori web sederhana. Sebab, jenis web ini umumnya hanya berisikan informasi resmi perusahaan. Harga web company profile berkisar dari 5 jutaan, tergantung seberapa rumit desainnya, seberapa banyak halaman yang dibutuhkan, dan seberapa banyak informasi yang ingin dimuat. 


Dengan kisaran harga web mulai dari 5 jutaan, biasanya Anda sudah mendapatkan web dengan domain sesuai jenis perusahaan. Tentunya domain pemerintahan, lembaga, dan institusi berbeda-beda. Selain itu, juga akan mendapatkan penyimpanan data 2 GB, desain premium, web yang sudah terhubung dengan akun media sosial perusahaan, dan lainnya.


2. Website Pribadi


Tak hanya perusahaan, kini penggunaan web juga digunakan individu oleh orang yang membutuhkan media untuk menampilkan portofolio hasil kerja sehingga tampak lebih kredibel dan profesional. Anda bisa membuat portofolio berupa teks, gambar, dan video. Jenis web ini umumnya digunakan oleh food blogger, beauty blogger, traveler, dan lainnya untuk memberikan ulasan terkait suatu tempat, makanan, atau produk.


Dibandingkan company profile, website pribadi jauh lebih simple karena memang bentuknya hanya seperti blog. Harga web pribadi pun jauh lebih terjangkau, yakni bisa mulai dari sejutaan. Dengan harga sejutaan, umumnya Anda akan mendapatkan 4 halaman, web yang telah terhubung dengan akun media sosial, peta, SEO friendly agar web mudah ditemukan di hasil pencarian Google, serta masih banyak lainnya.


3. Toko Online


Jenis web satu ini terbilang paling kompleks sehingga ditawar dengan harga web yang lebih tinggi. Biasanya, fitur yang disisipkan web toko online adalah live chat, metode pembayaran yang beragam, pemasangan voucher, pilihan ekspedisi, notif bila stok habis, filter pencarian produk, shopping cart, dan lainnya yang memudahkan penjualan Anda. 


Dengan banyaknya fitur kompleks yang diberikan, harga web toko online berkisar 10 jutaan ke atas. Pada kisaran tersebut Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan, yakni 5 halaman, desain custom, tampilan user friendly, mobile friendly, dan lainnya.


Baca juga:
Terupdate! Daftar Harga Bikin Website Sesuai Jenisnya


Itulah sejumlah faktor yang mempengaruhi harga web secara umum dan sesuai dengan jenisnya. Hal penting dan utama dalam membuat web, pastikan apa saja kebutuhan Anda dan berapa budget yang dimiliki. 


Untuk kebutuhan pembuatan website Anda bisa menggunakan jasa
Creata. Digital agency ternama di Indonesia ini telah berpengalaman membuat berbagai jenis website untuk berbagai bidang bisnis. Hasil karya website Creata pun dijamin menarik karena desainnya bisa custom, keamanannya terjamin, loading cepat, mobile friendly, user friendly, tampilan responsif ke berbagai perangkat, mudah ditemukan di mesin pencari Google, dan lainnya yang tentunya menguntungkan kebutuhan Anda.


Menariknya, Creata menawarkan harga paket layanan yang tergolong terjangkau di kantong. Bahkan, penyedia jasa ini menjamin tidak akan ada biaya tambahan di tengah-tengah pengerjaan web. Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, jelas Creata bisa menjadi solusinya!


Anda bisa konsultasikan terkait harga web kepada Creata agar penyedia jasa tersebut bisa menentukan layanan yang tepat untuk kebutuhan Anda, namun tetap bisa masuk anggaran. Anda bisa menghubungi Tim Creata dengan langsung klik
di sini



Anda pun bisa membaca Cerita Creata untuk mempelajari seputar website lebih lanjut. Selain seputar website, ada pula berbagai tips dan trik mendigitalkan bisnis di era serba digital seperti sekarang.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.