Blog Layout

Inilah Kriteria dan Contoh Website Pariwisata yang Baik

Author: Dina Nazhifah
January 30, 2021

This is a subtitle for your new post

Bagi Anda yang seorang traveller atau backpacker, merencakanan pergi berlibur merupakan hal wajib yang dilakukan tiap tahun. Untungnya, di era teknologi yang maju seperti sekarang, mencari informasi terkait pariwisata amatlah mudah. Anda bisa mencari informasi pariwisata di berbagai wilayah di dunia melalui internet. Berbicara menggenai informasi pariwisata di internet, terdapat beberapa hal yang menjadi tolak ukur untuk mendapatkan informasi valid supaya rencana berlibur dapat terealisasi sesuai harapan. Dengan demikian, pastikan referensi website pariwisata yang digunakan dapat dipercaya. 

Lalu, seperti apa kriteria dan contoh website pariwisata yang baik?

Kredibel

Di zaman teknologi seperti sekarang, rasanya tidak sulit menemukan kredibilitas website pariwisata. Anda bisa memerhatikan desain dari website tersebut, apakah dibuat dengan khusus atau hanya asal-asalan? Selain desain, perhatikan pula konten yang dimuat, apakah konten di website tersebut selalu diupdate atau tidak. Pembaruan konten merupakan contoh website pariwisata yang dikelola dengan baik. Anda pun bisa memeriksa kredibilitas dengan melihat media sosial yang terhubung dengan website. Meski tampak rumit, namun tidak ada salahnya mengunjungi akun media sosial mereka untuk melihat interaksi mereka dengan para pengikutnya.


Informasi Faktual

Tidak jauh berbeda dengan kredibilitas, informasi pada website pariwisata tersebut haruslah bersifat faktual. Anda harus sedikit melakukan riset untuk memastikan informasi yang disampaikan bersifat fakta atau tidak. Selain informasi faktual, memberikan arahan ke destinasi dengan jelas merupakan contoh website pariwisata yang baik. Terkadang beberapa website pariwisata akan menampilkan peta lokasi yang sesuai dengan Google Maps yang memudahkan Anda merencanakan liburan.


Selain lokasi, menampilkan budget perjalanan juga perlu disediakan oleh contoh website pariwisata yang baik. Hal ini berguna membantu Anda dalam mengelola dan menghemat pengeluaran. Beberapa website pariwisata juga ada yang menyediakan layanan pembelian tiket perjalanan. Anda bisa membandingkan harga yang ditawarkan dari website satu dengan lainnya.


Tingginya Traffic Pengunjung

Tingginya traffic pengunjung tidak dilihat dari banyaknya iklan pada website pariwisata tersebut. Tapi, banyaknya informasi wisata dari berbagai daerah, bahkan dari negara lain. Tentunya, informasi wisata dikategorikan sesuai budget, jenis, atau lokasinya sehingga memudahkan Anda mencari informasi di website tersebut. Terdapat beberapa website yang menggunakan konsep User Generated Content atau UGC. Konsep dari website ini seperti forum diskusi. Fungsi dari konsep website ini ialah menyediakan informasi yang langsung ditulis oleh orang yang memiliki pengalaman berwisata di destinasi tersebut. Tentunya hal ini berguna agar Anda dapat terhindar dari berbagai masalah ketika berlibur di destinasi tersebut dan memaksimalkan momen liburan.


Tampilan Visual

Untuk menentukan kredibilitas sebuah website pariwisata, Anda juga bisa melihat dari tampilan visualnya. Contoh website pariwisata yang baik umumnya menyertakan visual sebagai pendukung, seperti foto atau video.


Kerja Sama dengan Perusahaan Besar

Website pariwisata yang baik mempunyai layanan kerja sama dengan perusahaan besar, seperti bank tertentu, hotel tertentu, atau travel agent tertentu. Kepercayaan perusahaan besar tersebut menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan website benar dan dapat dipercaya.


Contoh website pariwisata di Indonesia yang baik antara lain ialah Go Indonesia, Avia Tour, Iwata Tour and Travel, Smailing Tour, dan lainnya.


Mau buat website pariwisata atau tour and travel? Creata bisa menjadi solusi dan mewujudkan impian Anda. Creata mampu menyediakan berbagai pilihan fitur untuk kebutuhan website, seperti fitur artikel selama setahun penuh, advanced CMS untuk memudahkan memposting dan mengedit konten sesuka hati, dan maintenance teknis selama satu tahun dengan hanya sekali pembayaran tanpa hidden fee. Selain itu, semua ini sudah termasuk web server dan protokol keamanan internet HTTPS/SSL. Jadi, Anda hanya sekali melakukan pembayaran tanpa biaya tambahan. Creata juga memberikan konsultasi gratis bersama pakar yang telah berpengalaman mengurus website pariwisata. Langsung hubungi Creata dan dapatkan konsultasi gratisnya sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: