Blog Layout

Inilah Tips dan Contoh Desain Web untuk E-Commerce

Author: Dina Nazhifah
January 9, 2021

This is a subtitle for your new post

Desain website untuk e-commerce memiliki peranan penting untuk mengubah pengunjung internet menjadi konsumen. Desain website e-commerce yang ideal harus dibuat untuk mempermudah dan mempercepat proses pembelian calon konsumen. Meski produk atau jasa yang dijual sudah berkualitas, namun tetap ada kemungkinan Anda akan kehilangan calon konsumen bila desain yang digunakan menyulitkan proses pembelian. 

Desain website e-commerce yang baik mampu memengaruhi kepercayaan calon konsumen terhadap brand dan meningkatkan penjualan Anda. Maka dari itu, artikel kali akan menjelaskan beberapa tips dan contoh desain web yang baik untuk e-commerce Anda.

Kategori Produk

Contoh desain web e-commerce yang pertama ialah membuat kategori produk. Dengan ini, calon konsumen akan menemukan apa yang dicari atau dibutuhkan secara cepat. Kategori produk akan menjadi solusi terbaik ketika website Anda memiliki jumlah produk yang banyak dengan beragam jenis. Bila memutuskan menggunakan menu berjenis dropdown, Anda perlu memerhatikan bahwa menu tidak menutupi tampilan konten atau visual di halaman website tersebut. Anda pun dapat menambahkan beberapa filter di dalam website e-commerce untuk memudahkan konsumen. Filter tersebut dapat berupa pengurutan produk sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen. Mulai dari urutan berdasarkan harga dari terendah atau tertinggi, warna, ukuran, jenis, hingga produk terlaris.


Tonjolkan Kelebihan Anda

Contoh desain web e-commerce yang baik selanjutnya ialah menonjolkan kelebihan layanan Anda. Bila memiliki kelebihan layanan yang yang tidak ada di kompetitor lain, seperti adanya kebijakan refund atau gratis ongkos kirim, maka Anda dapat menonjolkannya di website. Cara ini bisa membantu meningkatkan keyakinan calon konsumen untuk menggunakan layanan e-commerce Anda dibanding kompetitor.


Perhatikan Tampilan Website

Memerhatikan tampilan website pun merupakan salah satu contoh desain web e-commerce yang baik. Saat Anda memerhatikan warna atau lightbox untuk produk terakhir atau diskon, maka hal ini akan memunculkan urgensi bagi calon konsumen yang memiliki minat pada produk tersebut. Cara ini pun mampu membuat calon konsumen untuk segera membeli produk tersebut karena akan takut kehabisan.


Tambahkan Testimoni

Contoh desain web selanjutnya ialah menambahkan kolom testimoni. Jangan sepelekan kolom testimoni. Sebab, sebelum membeli produk, konsumen yang cerdas pasti akan mencari testimoni atau ulasan konsumen sebelumnya. Dengan menambahkan kolom testimoni, maka Anda dapat meyakinkan calon konsumen bahwa e-commerce Anda dapat dipercaya dan bekerja dengan jujur.


Gunakan GIF

Apabila produk yang dijual tersedia dalam berbagai pilihan warna, maka Anda bisa mengganti foto produk menjadi format GIF. Tentunya foto produk akan menjadi lebih interaktif bagi calon konsumen yang melihatnya. Tapi, perhatikan untuk tidak sering menggunakan GIF, sebab dapat membuat calon konsumen tidak nyaman. Anda bisa mengubah satu atau dua foto produk saja menjadi GIF dan selebihnya menggunakan foto produk biasa.


Pesan Interaktif

Untuk membuat kesan yang baik kepada calon konsumen, Anda bisa menerapkan contoh desain web satu ini. Yaitu, membuat pesan interaktif. Misalnya, saat calon konsumen memasukkan suatu item ke keranjang belanja, Anda dapat memunculkan pesan “Pilihanmu sudah di keranjang!”. Selain itu, Anda bisa juga memunculkan tulisan “Pesananmu sedang diproses nih!” untuk konsumen yang telah menyelesaikan pembelian.


Anda bisa mengandalkan Creata sebagai jasa desain website profesional untuk menyulap website e-commerce sesuai keinginan. Terdapat banyak keunggulan dari Creata yang dapat memenuhi segala kebutuhan e-commerce Anda, seperti custom design sesuai impian dan layanan konsultasi gratis dengan pakarnya untuk menentukan desain. Selain itu, Anda akan diberikan 5 desain halaman utama dan dibebaskan untuk mengatur tampilan sesuka hati. Itu semua bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan tanpa hidden fee. Sebab, Creata mempunyai sistem pembuatan website juga yang sudah termasuk pembelian server website. Hanya selangkah lagi untuk mewujudkan desain website e-commerce idaman Anda, cukup dengan klik disini!

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: