Melakukan riset untuk kata kunci atau keyword adalah hal yang perlu dilakukan bagi Anda yang tertarik menggunakan teknik SEO. Riset keyword bisa dikatakan sebagai hal yang penting dan wajib dilakukan untuk mengoptimasi SEO agar memberikan performa bagus pada website. Jangan sampai konten yang sudah Anda buat sebagus mungkin tidak memberikan pengaruh apa pun terhadap web.
Dalam melakukan riset keyword tidak bisa sembarangan, diperlukan memahami beberapa hal agar bisa mendapatkan keyword yang bagus dan sesuai kebutuhan website Anda. Agar teknik SEO Anda bisa bekerja optimal, ketahui dulu informasi seputar riset keyword, dari pengertian hingga cara mencarinya.
Riset kata kunci adalah suatu proses menentukan kata kunci apa yang relevan untuk digunakan ketika membuat artikel di website. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui apa saja frasa yang sering digunakan orang ketika melakukan pencarian di mesin pencari, seperti di Google. Saat melakukan riset, Anda bisa mengetahui keyword apa yang berpotensi dijadikan sebagai konten. Ketika sudah mendapatkan keyword potensial, Anda pun menjadi lebih mudah mendapatkan trafik website.
Riset keyword berfungsi untuk menentukan kata kunci potensial atau mencari tahu topik apa yang dicari orang melalui mesin pencari. Ketika Anda sudah mengetahui topik apa saja yang dicari maka bisa dengan mudah membuat artikel berkualitas dengan menargetkan kata kuncinya. Dengan riset keyword pun bisa mengetahui perkiraan jumlah pengunjung yang mencari kata kunci, melihat persaingan di mesin pencari, jumlah pencarian, dan tingkat kesulitan kata kuncinya.
Ada beberapa metrik yang perlu diperhatikan ketika melakukan riset, yakni sebagai berikut.
Ketika melakukan riset perlu melihat seberapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut. Biasanya jumlah volume pencarian yang ditampilkan di tools untuk riset keyword adalah jumlah pencarian setiap bulannya. Anda bebas menentukan jumlah volume yang ditargetkan, setidaknya pilihlah volume di atas 300 per bulan.
Keyword difficulty atau tingkat kesulitan kata kunci yang berada di halaman pertama hasil pencarian. Umumnya, ditandai dengan nilai dari 1-1.000. Semakin tinggi nilai tingkat kesulitannya maka semakin sulit bersaing di halaman pertama. Untuk itu, pastikan tingkat kesulitan katan kunci rendah, kecuali bila website sudah memiliki authority tinggi, barulah Anda bisa memilih kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi.
Metrik ini menunjukkan saran kata kunci dari kata kunci utama yang ditargetkan. Biasanya, metrik ini akan memberikan saran long tail keyword yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.
Long tail keyword sendiri adalah kata kunci yang mengandung tiga kata atau lebih. Dengan menggunakan long tail keyword berpotensi menarik lebih banyak pengunjung.
Search Engine Result Page atau biasa disebut SERP berfungsi untuk melihat dan menunjukkan website apa saja yang menduduki halaman pertama di hasil pencarian berdasarkan keyword yang diriset. Metrik ini bermanfaat untuk melihat web apa saja yang berada di halaman satu Google.
Ketika melakukan riset keyword, Anda harus memperhatikan metrik utama, seperti volume keyword dan tingkat kesulitan keyword. Dua hal tersebut nantinya dianalisa terlebih dulu untuk menentukan keyword utamanya.
Menganalisa dua hal tersebut diperlukan perhatikan karena umumnya semakin tinggi volume pencariannya maka semakin tinggi tingkat kesulitan keyword tersebut. Untuk itu, pastikan bila kesulitan keyword tidak lebih dari 20 bila website masih baru. Namun, Anda bisa mencari kata kunci dengan kesulitan di atas 20 dengan volume pencarian yang besar, asalkan sudah yakin bahwa keyword tersebut memang bisa memasukkan web ke halaman pertama pencarian.
Itulah sejumlah informasi mengenai riset keyword yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin mulai menjalankan teknik SEO. Bila merasa kesulitan dalam meriset keyword, artikel ini sarankan meminta bantuaan penyedia jasa yang ahli, seperti Creata.
Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang melayani SEO website, baik dari segi konsultasi strategi, riset keyword, optimasi on page, off page, maupun teknikal. Tak perlu khawatir dengan hasil kerjanya karena Creata akan memberikan laporan bulanan terkait performa SEO sehingga pekerjaannya transparan.
Bagi yang ingin bertanya-tanya terlebih dulu terkait layanan SEO, Anda bisa klik di sini untuk terhubung dengan Tim Creata. Sementara, untuk yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar optimasi SEO bisa membaca Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id