Blog Layout

Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Riset Keyword dalam Teknik SEO

Author : Rossa Putri
September 23, 2022

Melakukan riset untuk kata kunci atau keyword adalah hal yang perlu dilakukan bagi Anda yang tertarik menggunakan teknik SEO. Riset keyword bisa dikatakan sebagai hal yang penting dan wajib dilakukan untuk mengoptimasi SEO agar memberikan performa bagus pada website. Jangan sampai konten yang sudah Anda buat sebagus mungkin tidak memberikan pengaruh apa pun terhadap web. 



Dalam melakukan riset keyword tidak bisa sembarangan, diperlukan memahami beberapa hal agar bisa mendapatkan keyword yang bagus dan sesuai kebutuhan website Anda. Agar teknik SEO Anda bisa bekerja optimal, ketahui dulu informasi seputar riset keyword, dari pengertian hingga cara mencarinya.


pentingnya riset keyword


Pengertian Riset Keyword


Riset kata kunci adalah suatu proses menentukan kata kunci apa yang relevan untuk digunakan ketika membuat artikel di website. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui apa saja frasa yang sering digunakan orang ketika melakukan pencarian di mesin pencari, seperti di Google. Saat melakukan riset, Anda bisa mengetahui keyword apa yang berpotensi dijadikan sebagai konten. Ketika sudah mendapatkan keyword potensial, Anda pun menjadi lebih mudah mendapatkan trafik website.


Pentingnya Riset Keyword


Riset keyword berfungsi untuk menentukan kata kunci potensial atau mencari tahu topik apa yang dicari orang melalui mesin pencari. Ketika Anda sudah mengetahui topik apa saja yang dicari maka bisa dengan mudah membuat artikel berkualitas dengan menargetkan kata kuncinya. Dengan riset keyword pun bisa mengetahui perkiraan jumlah pengunjung yang mencari kata kunci, melihat persaingan di mesin pencari, jumlah pencarian, dan tingkat kesulitan kata kuncinya.


Metrik Penting Saat Riset Keyword


Ada beberapa metrik yang perlu diperhatikan ketika melakukan riset, yakni sebagai berikut.


1. Volume Pencarian 


Ketika melakukan riset perlu melihat seberapa banyak orang yang menggunakan keyword tersebut. Biasanya jumlah volume pencarian yang ditampilkan di tools untuk riset keyword adalah jumlah pencarian setiap bulannya. Anda bebas menentukan jumlah volume yang ditargetkan, setidaknya pilihlah volume di atas 300 per bulan.


2. Keyword Difficulty 


Keyword difficulty atau tingkat kesulitan kata kunci yang  berada di halaman pertama hasil pencarian. Umumnya, ditandai dengan nilai dari 1-1.000. Semakin tinggi nilai tingkat kesulitannya maka semakin sulit bersaing di halaman pertama. Untuk itu, pastikan tingkat kesulitan katan kunci rendah, kecuali bila website sudah memiliki authority tinggi, barulah Anda bisa memilih kata kunci dengan tingkat kesulitan tinggi.


3.  Keyword Suggestion


Metrik ini menunjukkan saran kata kunci dari kata kunci utama yang ditargetkan. Biasanya, metrik ini akan memberikan saran long tail keyword yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Long tail keyword sendiri adalah kata kunci yang mengandung tiga kata atau lebih. Dengan menggunakan long tail keyword berpotensi menarik lebih banyak pengunjung.


4. Search Engine Result Page 


Search Engine Result Page atau biasa disebut SERP berfungsi untuk melihat dan menunjukkan website apa saja yang menduduki halaman pertama di hasil pencarian berdasarkan keyword yang diriset. Metrik ini bermanfaat untuk melihat web apa saja yang berada di halaman satu Google.


Cara Mendapatkan Keyword Tepat


Ketika melakukan riset keyword, Anda harus memperhatikan metrik utama, seperti volume keyword dan tingkat kesulitan keyword. Dua hal tersebut nantinya dianalisa terlebih dulu untuk menentukan keyword utamanya.

Menganalisa dua hal tersebut diperlukan perhatikan karena umumnya semakin tinggi volume pencariannya maka semakin tinggi tingkat kesulitan keyword tersebut. Untuk itu, pastikan bila kesulitan keyword tidak lebih dari 20 bila website masih baru. Namun, Anda bisa mencari kata kunci dengan kesulitan di atas 20 dengan volume pencarian yang besar, asalkan sudah yakin bahwa keyword tersebut memang bisa memasukkan web ke halaman pertama pencarian.


Itulah sejumlah informasi mengenai riset keyword yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin mulai menjalankan teknik SEO. Bila merasa kesulitan dalam meriset keyword, artikel ini sarankan meminta bantuaan penyedia jasa yang ahli, seperti Creata.


Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang melayani SEO website, baik dari segi konsultasi strategi, riset keyword, optimasi on page, off page, maupun teknikal. Tak perlu khawatir dengan hasil kerjanya karena Creata akan memberikan laporan bulanan terkait performa SEO sehingga pekerjaannya transparan.


Bagi yang ingin bertanya-tanya terlebih dulu terkait layanan SEO, Anda bisa klik di sini untuk terhubung dengan Tim Creata. Sementara, untuk yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar optimasi SEO bisa membaca Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: