Blog Layout

Kisaran Rincian Biaya Pembuatan Website Perusahaan

Author : Rossa Putri
January 23, 2023

Saat ini memang semua sudah dilakukan serba online, mulai dari belanja, menemukan informasi, hingga promosi. Hal inilah yang membuat perusahaan diwajibkan untuk memiliki website sendiri untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat. Tujuannya adalah sebagai media pemasaran online, branding, transaksi, media promosi, media komunikasi, dan lainnya. 


Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Membuat Situs Web untuk Bisnis


Dalam membuat website perusahaan biasanya dibanderol dengan kisaran harga beragam dari jutaan sampai ratusan juta rupiah dengan rincian biaya pembuatan website yang berbeda. Setiap rincian biaya pembuatan website perusahaan ditentukan tergantung dari platform yang digunakan, bila platformnya terlalu rumit dan menawarkan harga tinggi untuk penggunaan per bulannya maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih besar. Hal ini pun berlaku jika ingin membuat website sendiri karena ada banyak rincian yang perlu dibayar, seperti membeli hosting, domain, SSL, dan lainnya. Sebelum memutuskan untuk membuat website, mari ketahui dulu rincian biaya pembuatan website perusahaan untuk menjadi gambaran.


rincian pembuatan website


Nama Domain


Meski Anda membuat website dengan menggunakan platform yang tidak berbayar atau gratis, namun tetap akan mengeluarkan biaya untuk membeli nama domain. Nama domain sendiri berguna untuk memudahkan pengunjung menemukan website Anda. Kadang kala dalam pembuatan nama domain membutuhkan kisaran biaya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu untuk setiap tahunnya. 


Domain yang cukup populer adalah (.com), (.co.id), dan (.id). Domain (.com) cukup ramai diperbincangkan dan memiliki harga yang terbilang ekonomis, yaitu sekitar 100 ribuan sampai 200 ribuan rupiah per tahunnya. 


Web Hosting


Rincian biaya pembuatan website terdiri dari penyewaan hosting. Hosting merupakan hal yang wajib di dalam pembuatan website sehingga tidak luput dari pengeluaran biaya pembuatan web. Apabila Anda membutuhkan kapasitas hosting yang besar maka biayanya juga akan semakin besar. Untuk yang belum tahu, hosting adalah sebuah layanan yang menyimpan web dan membuatnya mudah diakses di berbagai device. Biasanya dalam menyewa hosting membutuhkan dana sekitar puluhan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulannya.


Plugin dan Add On


Rincian biaya pembuatan website juga terdiri dari plugin dan add on. Website membutuhkan plugin agar lebih fungsionalitas tanpa menggunakan coding. Jadi, untuk Anda yang tidak memiliki kemampuan dalam membuat coding diharuskan untuk menggunakan fitur plugin. Anda hanya perlu menambahkan beberapa plugin yang dibutuhkan, seperti keamanan, cache, atau SEO. Jika membeli plugin dan add on yang lengkap, serta premium akan membutuhkan kisaran 700 ribuan sampai 2 jutaan rupiah.


Baca juga: Hal-Hal yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Web dan Kisarannya


Itulah beberapa rincian biaya pembuatan website perusahaan yang akan dikeluarkan apabila membuat web sendiri. Namun, rincian ini belum semuanya, untuk mengetahui detail komponen apa saja yang berpengaruh pada pembuatan website bisa dibaca di berbagai Cerita Creata.


Jika ingin membuat website sendiri secara mudah dengan tampilan profesional, disarankan menggunakan web builder dari Creata. Ada beragam template premium dan fitur canggih yang bisa mendukung tampilan web perusahaan Anda yang profesional. Cara pembuatan web di web builder Creata pun mudah karena tanpa ngoding.


Namun, bila tidak memiliki waktu membuat web sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Creata. Creata sendiri telah berpengalaman membuat berbagai jenis website untuk beragam bidang bisnis sehingga tak perlu ragukan hasil kerjanya. Desain website buatan Creata pun bisa pesan custom sesuai keinginan, tampilannya bisa responsif ke berbagai device, mobile friendly, SEO friendly sehingga mudah ditemukan di mesin pencari Google, keamanannya terjamin, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mengonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan website yang diinginkan atau bertanya terkait harga paket kepada Tim Creata dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: