Dunia bisnis kini mengalami kemajuan yang pesat seiring dengan lajunya perkembangan teknologi informasi. Inilah yang menyebabkan para pebisnis perlu mulai menyesuaikan diri untuk mengikuti perubahan yang terjadi, salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai media promosi bisnis.
Nah, cara agar bisa menjadikan internet bisa menjadi media bisnis yang tepat, Anda harus memahami konten marketing. Pernah mendengar istilah ini? Konten marketing adalah sebuah cara untuk menarik perhatian audiens internet agar bisa melirik bisnis Anda. Untuk mengenal lebih jelas konten marketing adalah apa, berikut ini pengertian, manfaat, dan jenisnya.
Pengertian Konten Marketing
Konten marketing adalah sebuah strategi marketing untuk membuat dan menyebarkan konten yang relevan dengan bisnis untuk menarik perhatian audiens yang ada di internet. Konten marketing tak sekadar membuat konten biasa untuk audiens yang haus informasi, tapi juga membangun relasi kuat kepada mereka dalam jangka waktu panjang. Untuk itu, konten marketing dibuat serelevan mungkin agar terciptanya perasaan butuh dari audiens yang akhirnya muncul kedekatan emosi dengan konten yang Anda buat.
Manfaat Konten Marketing
Manfaat konten marketing adalah untuk memancing audiens agar mereka dapat membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Terdapat empat tahapan dalam siklus pembelian, yakni sebagai berikut.
Intinya, manfaat konten marketing adalah menyadari audiens akan produk Anda dan membuatnya akhirnya membeli. Dengan kata lain, konten marketing adalah strategi penting untuk mempercepat proses audiens dalam membeli produk dan menumbuhkan rasa ketergantungan pada brand Anda.
Jenis Konten Marketing
Jika setelah mengetahui manfaatnya Anda tertarik menggunakan strategi konten marketing, ketahui beberapa jenisnya berikut ini.
Bila belum memiliki wadah untuk menyebarkan konten, Anda bisa memanfaatkan website. Sebab, dalam website, Anda bisa membuat artikel sesuai dengan target audiens, seperti membuat artikel SEO (Engine Optimization). Strategi SEO dapat mengundang banyak trafik yang berpotensi menjadi pembeli ke website Anda. Pastikan website Anda juga nyaman dilihat melalui smartphone atau mobile friendly karena kini mayoritas pengguna internet mengakses melalui smartphone.
Tren yang muncul harus dimanfaatkan sebaik mungkin, contohnya saja podcast. Beberapa pencipta konten memanfaatkan hal ini untuk menciptakan awareness. Topik pembicaraan pun bisa disesuaikan dengan target audiens yang ingin disasar. Pastikan konten podcast harus selalu relevan agar audiens pun tetap setia dengan produk Anda.
Video bisa menjadi wadah efektif dalam konten marketing, terutama di YouTube. Sebab, kemudahan dalam mengakses YouTube masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Di samping itu, konten berbentuk video lebih mudah dinikmati dan dipahami. Buatlah video yang bermanfaat dan mengundang untuk diklik karena menjual sensasi saja bisa membahayakan brand Anda.
Setelah mengetahui informasi seputar konten marketing, apakah Anda menjadi tertarik? Jika iya, jenis konten marketing apa yang ingin dicoba? Apa pun jenisnya, konten marketing adalah strategi yang tepat jika Anda menyesuaikan dengan kebiasaan target audiens.
Bila dari semua jenisnya Anda tertarik dengan website dan ingin memiliki artikel SEO yang berkualitas untuk menggaet banyak audiens yang berpotensi, bisa menggunakan jasa digital agency berpengalaman, seperti
Creata. Digital agency ini sudah berpengalaman membuatkan artikel SEO berkualitas untuk berbagai bidang bisnis sehingga Anda bisa mempercayakan soal ini kepada mereka.
Selain SEO, ada juga layanan lain yang disediakan Creata, yaitu SEM (Search Engine Marketing), social media ads, maintenance social media, pembuatan website, desain website, pembuatan aplikasi, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda bisa membuat website sekaligus dengan layanan SEO bersama Creata. Soal harga, tenang, Creata menjamin harga yang terjangkau dan tanpa biaya tambahan.
Jika ingin menghubungi Creata dan mendiskusikan layanan atau harganya, Anda bisa klik
di sini. Sementara, jika ingin mengenal konten marketing atau digital marketing untuk lebih detailnya, bisa baca
Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id