Blog Layout

Konten Marketing: dari Konten Marketing adalah Apa sampai Jenisnya

Author: Dina Nazhifah
May 29, 2022

Dunia bisnis kini mengalami kemajuan yang pesat seiring dengan lajunya perkembangan teknologi informasi. Inilah yang menyebabkan para pebisnis perlu mulai menyesuaikan diri untuk mengikuti perubahan yang terjadi, salah satunya dengan memanfaatkan internet sebagai media promosi bisnis.


Nah, cara agar bisa menjadikan internet bisa menjadi media bisnis yang tepat, Anda harus memahami konten marketing. Pernah mendengar istilah ini? Konten marketing adalah sebuah cara untuk menarik perhatian audiens internet agar bisa melirik bisnis Anda. Untuk mengenal lebih jelas konten marketing adalah apa, berikut ini pengertian, manfaat, dan jenisnya.


konten marketing adalah solusi pemasaran terkini


Pengertian Konten Marketing


Konten marketing adalah sebuah strategi marketing untuk membuat dan menyebarkan konten yang relevan dengan bisnis untuk menarik perhatian audiens yang ada di internet. Konten marketing tak sekadar membuat konten biasa untuk audiens yang haus informasi, tapi juga membangun relasi kuat kepada mereka dalam jangka waktu panjang. Untuk itu, konten marketing dibuat serelevan mungkin agar terciptanya perasaan butuh dari audiens yang akhirnya muncul kedekatan emosi dengan konten yang Anda buat.


Manfaat Konten Marketing


Manfaat konten marketing adalah untuk memancing audiens agar mereka dapat membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Terdapat empat tahapan dalam siklus pembelian, yakni sebagai berikut.


  1. Awareness, kesadaran adanya bisnis Anda, tujuan konten marketing adalah membangun kesadaran atau awareness bahwa bisnis atau produk Anda dibutuhkan oleh audiens.
  2. Riset, setelah audiens sadar dan tertarik membeli biasanya akan riset (bisa keunggulan atau kebutuhan).
  3. Consideration, setelah riset biasanya audiens akan berpikir lagi untuk memutuskan membeli atau tidak dan membandingkan dengan brand lain (dari segi harga atau kualitas).
  4. Pembelian, audiens akhirnya memutuskan membeli produk yang sesuai kebutuhan, tujuan konten marketing adalah menjadikan audiens akhirnya membeli produk Anda.


Intinya, manfaat konten marketing adalah menyadari audiens akan produk Anda dan membuatnya akhirnya membeli. Dengan kata lain, konten marketing adalah strategi penting untuk mempercepat proses audiens dalam membeli produk dan menumbuhkan rasa ketergantungan pada brand Anda.


Jenis Konten Marketing


Jika setelah mengetahui manfaatnya Anda tertarik menggunakan strategi konten marketing, ketahui beberapa jenisnya berikut ini. 


  • Website


Bila belum memiliki wadah untuk menyebarkan konten, Anda bisa memanfaatkan website. Sebab, dalam website, Anda bisa membuat artikel sesuai dengan target audiens, seperti membuat artikel SEO (Engine Optimization). Strategi SEO dapat mengundang banyak trafik yang berpotensi menjadi pembeli ke website Anda. Pastikan website Anda juga nyaman dilihat melalui smartphone atau mobile friendly karena kini mayoritas pengguna internet mengakses melalui smartphone.


  • Podcast


Tren yang muncul harus dimanfaatkan sebaik mungkin, contohnya saja podcast. Beberapa pencipta konten memanfaatkan hal ini untuk menciptakan awareness. Topik pembicaraan pun bisa disesuaikan dengan target audiens yang ingin disasar. Pastikan konten podcast harus selalu relevan agar audiens pun tetap setia dengan produk Anda.


  • Video


Video bisa menjadi wadah efektif dalam konten marketing, terutama di YouTube. Sebab, kemudahan dalam mengakses YouTube masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Di samping itu, konten berbentuk video lebih mudah dinikmati dan dipahami. Buatlah video yang bermanfaat dan mengundang untuk diklik karena menjual sensasi saja bisa membahayakan brand Anda.


Setelah mengetahui informasi seputar konten marketing, apakah Anda menjadi tertarik? Jika iya, jenis konten marketing apa yang ingin dicoba? Apa pun jenisnya, konten marketing adalah strategi yang tepat jika Anda menyesuaikan dengan kebiasaan target audiens. 


Bila dari semua jenisnya Anda tertarik dengan website dan ingin memiliki artikel SEO yang berkualitas untuk menggaet banyak audiens yang berpotensi, bisa menggunakan jasa digital agency berpengalaman, seperti
Creata. Digital agency ini sudah berpengalaman membuatkan artikel SEO berkualitas untuk berbagai bidang bisnis sehingga Anda bisa mempercayakan soal ini kepada mereka. 


Selain SEO, ada juga layanan lain yang disediakan Creata, yaitu SEM (Search Engine Marketing), social media ads, maintenance social media, pembuatan website, desain website, pembuatan aplikasi, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda bisa membuat website sekaligus dengan layanan SEO bersama Creata. Soal harga, tenang, Creata menjamin harga yang terjangkau dan tanpa biaya tambahan. 


Jika ingin menghubungi Creata dan mendiskusikan layanan atau harganya, Anda bisa klik
di sini. Sementara, jika ingin mengenal konten marketing atau digital marketing untuk lebih detailnya, bisa baca Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: