Blog Layout

Tahapan Cara Iklan di Google, Mudah Dicoba Pemula!

Author : Rossa Putri
February 17, 2023

Memang terdapat banyak cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang saat ini sedang Anda tawarkan, salah satunya adalah melalui Google. Kini Google menawarkan fitur beriklan, yaitu Google Ads yang bisa para pengusaha gunakan untuk memasarkan usahanya kepada masyarakat luas secara cepat dan tepat sasaran. Jika Anda mengetahui cara iklan di Google maka dijamin akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak, baik melalui penjualan maupun kunjungan. 



Sebelum mengetahui cara iklan di google, Anda diwajibkan untuk memiliki website sendiri. Jika belum memilikinya maka segeralah untuk membuatnya agar Anda dapat segera mempromosikan bisnis melalui Google Ads. Dengan beriklan di Google Anda akan mendapatkan peluang yang besar dalam menarik konsumen untuk mengunjungi website dan beralih pada pembelian. Berikut ini terdapat cara iklan di google secara lengkap yang bisa Anda terapkan. 


cara iklan di google


Menentukan Tujuan Iklan


Dalam beriklan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuannya agar iklan yang ditampilkan bisa relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Tidak sedikit juga pebisnis yang melakukan pengiklanan tanpa adanya tujuan yang jelas sehingga menimbulkan kegagalan dan hanya membuang banyak biaya. Maksud dari tujuannya adalah apakah Anda ingin meningkatkan traffic website, mendapatkan banyak penjualan, meningkatkan pengunjung toko offline, atau yang lainnya.


Membuka Google Ads


Jika sudah menentukan tujuannya, bukalah website Google Ads untuk melakukan pendaftaran akun. Bagi Anda yang sudah memiliki akun sebelumnya bisa langsung melakukan log in. Kemudian jika sudah, pilih button “Mulai Sekarang”.


Masukkan Tujuan Kampanye


Seperti yang sudah diinformasikan di atas, Anda diminta untuk menentukan tujuan iklan. Jika sudah menentukannya Anda diminta untuk memasukan tujuan tersebut berdasarkan beberapa pilihan yang ada, di antaranya ada brand awareness, website traffic, dan lainnya.


Mengisi Nama Bisnis


Cara iklan di Google selanjutnya adalah mengisi nama bisnis Anda, kemudian pilih “Berikutnya”. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi alamat atau URL dari website bisnis. Untuk itu, Anda diharuskan untuk memiliki website sendiri ketika ingin beriklan Google.


Mengisi Kata Kunci


Pada tahapan ini Google akan merekomendasikan beberapa kata kunci yang ada dan pastikan Anda memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan kata kunci tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dengan adanya kata kunci dapat membuat khalayak internet yang sesuai target pasar Anda menemukan iklan tersebut dan mengunjungi website.


Memilih Lokasi Target Market


Kemudian Anda dapat memilih lokasi yang diinginkan untuk menargetkan iklan tersebut berdasarkan wilayah, kode pos, provinsi, dan kotanya. Hal tersebut memudahkan Anda yang memiliki tujuan beriklan mendatangkan pengunjung ke toko offline karena lokasi yang dipilih bisa disesuaikan dengan wilayah toko tersebut.


Menentukan Anggaran Iklan


Pada Google Ads Anda dapat menentukan anggarannya sendiri, mulai dari yang paling rendah hingga harga tertinggi. Jika sudah, Anda bisa klik button “Berikutnya” untuk melanjutkan cara iklan di Google.


Baca juga: Supaya Gak Boncos, Berikut Tips Menghitung Biaya Google Ads


Konfirmasi Pembayaran


Pada pembayaran ini Anda bisa memilih metode yang diinginkan, mulai dari pembayaran debit, hingga pembayaran kredit. Apabila semua data yang diperoleh sudah selesai, bisa klik button “Kirim”.


Itulah tahapan cara iklan di Google yang bisa Anda coba sendiri. Sebenarnya, beriklan di Google tidak bisa sembarangan dilakukan, dibutuhkan pemahaman, wawasan, dan skill khusus agar iklan tersebut bisa tepat sasaran, serta sesuai goals. Anda bisa mempelajari dulu seputar Google Ads secara lengkap di Cerita Creata.


Baca juga: Google Adsense adalah Solusi Beriklan Efektif dan Efisien


Bila merasa kesulitan menerapkan cara-cara di atas, tidak ada salahnya meminta bantuan dari ahlinya, seperti kepada Creata. Digital agency berpengalaman ini menawarkan layanan SEM atau beriklan di Google, mulai dari penentuan strategi, penyesuaian budget, eksekusi, hingga report performa iklan perbulannya akan dikerjakan oleh Tim Creata, Anda cukup sampaikan tujuan iklan dan budget yang dimiliki. Creata pun telah berpengalaman mengiklankan banyak bisnis klien dari berbagai bidang sejak tahun 2013.



Selain SEM, bagi yang belum memiliki website, Creata juga melayani jasa pembuatan berbagai jenis website dan memiliki platform web builder bagi yang ingin membuat web sendiri secara cepat, serta profesional. Soal harga tak perlu khawatir karena Creata menawarkan harga yang affordable dan dijamin tidak ada biaya tambahan. Jika Anda tertarik dengan layanan Creata, silakan konsultasikan kebutuhan dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: