Memang terdapat banyak cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang saat ini sedang Anda tawarkan, salah satunya adalah melalui Google. Kini Google menawarkan fitur beriklan, yaitu Google Ads yang bisa para pengusaha gunakan untuk memasarkan usahanya kepada masyarakat luas secara cepat dan tepat sasaran. Jika Anda mengetahui cara iklan di Google maka dijamin akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak, baik melalui penjualan maupun kunjungan.
Sebelum mengetahui cara iklan di google, Anda diwajibkan untuk memiliki website sendiri. Jika belum memilikinya maka segeralah untuk membuatnya agar Anda dapat segera mempromosikan bisnis melalui Google Ads. Dengan beriklan di Google Anda akan mendapatkan peluang yang besar dalam menarik konsumen untuk mengunjungi website dan beralih pada pembelian. Berikut ini terdapat cara iklan di google secara lengkap yang bisa Anda terapkan.
Dalam beriklan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuannya agar iklan yang ditampilkan bisa relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Tidak sedikit juga pebisnis yang melakukan pengiklanan tanpa adanya tujuan yang jelas sehingga menimbulkan kegagalan dan hanya membuang banyak biaya. Maksud dari tujuannya adalah apakah Anda ingin meningkatkan traffic website, mendapatkan banyak penjualan, meningkatkan pengunjung toko offline, atau yang lainnya.
Jika sudah menentukan tujuannya, bukalah website Google Ads untuk melakukan pendaftaran akun. Bagi Anda yang sudah memiliki akun sebelumnya bisa langsung melakukan log in. Kemudian jika sudah, pilih button “Mulai Sekarang”.
Seperti yang sudah diinformasikan di atas, Anda diminta untuk menentukan tujuan iklan. Jika sudah menentukannya Anda diminta untuk memasukan tujuan tersebut berdasarkan beberapa pilihan yang ada, di antaranya ada brand awareness, website traffic, dan lainnya.
Cara iklan di Google selanjutnya adalah mengisi nama bisnis Anda, kemudian pilih “Berikutnya”. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi alamat atau URL dari website bisnis. Untuk itu, Anda diharuskan untuk memiliki website sendiri ketika ingin beriklan Google.
Pada tahapan ini Google akan merekomendasikan beberapa kata kunci yang ada dan pastikan Anda memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan kata kunci tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dengan adanya kata kunci dapat membuat khalayak internet yang sesuai target pasar Anda menemukan iklan tersebut dan mengunjungi website.
Kemudian Anda dapat memilih lokasi yang diinginkan untuk menargetkan iklan tersebut berdasarkan wilayah, kode pos, provinsi, dan kotanya. Hal tersebut memudahkan Anda yang memiliki tujuan beriklan mendatangkan pengunjung ke toko offline karena lokasi yang dipilih bisa disesuaikan dengan wilayah toko tersebut.
Pada Google Ads Anda dapat menentukan anggarannya sendiri, mulai dari yang paling rendah hingga harga tertinggi. Jika sudah, Anda bisa klik button “Berikutnya” untuk melanjutkan cara iklan di Google.
Baca juga: Supaya Gak Boncos, Berikut Tips Menghitung Biaya Google Ads
Pada pembayaran ini Anda bisa memilih metode yang diinginkan, mulai dari pembayaran debit, hingga pembayaran kredit. Apabila semua data yang diperoleh sudah selesai, bisa klik button “Kirim”.
Itulah tahapan cara iklan di Google yang bisa Anda coba sendiri. Sebenarnya, beriklan di Google tidak bisa sembarangan dilakukan, dibutuhkan pemahaman, wawasan, dan skill khusus agar iklan tersebut bisa tepat sasaran, serta sesuai goals. Anda bisa mempelajari dulu seputar Google Ads secara lengkap di Cerita Creata.
Baca juga: Google Adsense adalah Solusi Beriklan Efektif dan Efisien
Bila merasa kesulitan menerapkan cara-cara di atas, tidak ada salahnya meminta bantuan dari ahlinya, seperti kepada Creata. Digital agency berpengalaman ini menawarkan layanan SEM atau beriklan di Google, mulai dari penentuan strategi, penyesuaian budget, eksekusi, hingga report performa iklan perbulannya akan dikerjakan oleh Tim Creata, Anda cukup sampaikan tujuan iklan dan budget yang dimiliki. Creata pun telah berpengalaman mengiklankan banyak bisnis klien dari berbagai bidang sejak tahun 2013.
Selain SEM, bagi yang belum memiliki website, Creata juga melayani jasa pembuatan berbagai jenis website dan memiliki platform web builder bagi yang ingin membuat web sendiri secara cepat, serta profesional. Soal harga tak perlu khawatir karena Creata menawarkan harga yang affordable dan dijamin tidak ada biaya tambahan. Jika Anda tertarik dengan layanan Creata, silakan konsultasikan kebutuhan dengan cara klik di sini.
All Rights Reserved | Creata.id