Blog Layout

Tips dari Jasa Website Jogja untuk Membuat Layout Website yang Baik

Author: Dina Nazhifah
December 18, 2020

This is a subtitle for your new post

Layout atau tata letak website merupakan proses meletakan, mengatur, dan menata ulang elemen teks dan visual pada halaman website. Komposisi halaman website yang baik tidak hanya menarik dilihat, tapi juga efektif dalam menyampaikan pesan untuk pengunjung internet. Jasa website Jogja kali ini akan menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat layout website yang berkaitan dengan prinsip desain untuk publikasi. Berikut penjelasannya:

Sejajarkan dalam Grid

Taruhlah setiap elemen teks dan visual pada halaman website. Jasa website Jogja menyarankan Anda menggunakan aturan vertikal atau horizontal. Lalu, letakan objek di sepanjang tepi yang sama. Layout yang teratur sangatlah penting karena otak dan mata pengunjung pastinya menginginkan hal yang konsisten.


Visual Tunggal

Salah satu layout yang sederhana menurut jasa website Jogja ialah menggunakan visual tunggal yang kuat. Tapi, apabila ingin menggunakan beberapa visual, buatlah mereka saling terhubung melalui keselarasan. Kategorikanlah visual sesuai jenisnya sehingga mereka membentuk unit visual tunggal.


Keseimbangan Layout

Jasa website Jogja menyarankan Anda untuk menciptakan keseimbangan layout, baik untuk teks maupun visual. Buatlah layout asimetris sehingga membuat tata letak halaman website lebih dinamis. Gunakanlah kolom ganjil atau asimetris untuk elemen teks dan visual. Keseimbangan simetris atau penggunaan elemen berjumlah genap biasanya akan menghasilkan layout yang lebih statis.


Aturan Sepertiga

Masih berhubungan dengan keseimbangan, jasa website Jogja menyarankan Anda menggunakan aturan sepertiga untuk menaruh elemen paling penting sehingga membuat komposisi layout yang baik. Terdapat pedoman aturan sepertiga. Pertama, elemen paling penting diberikan ruang lebih merata dalam sepertiga horizontal atau vertikal. Kedua, elemen paling penting berada di ketiga bawah atau atas halaman website. Terakhir, elemen paling penting ditaruh pada salah satu titik di garis yang berpotongan dari hasil pembagian halaman website menjadi tiga bagian vertikal dan horizontal.


Buat Ruang Kosong

Ingatlah bahwa tiap halaman website membutuhkan sebuah ruang untuk bernapas. Ini sama pentingnya dengan teks dan visual pada halaman yang mebutuhkan ruang kosong atau white space. Buatlah ruang kosong di sekitar tepi elemen dan tepi halaman. Hal ini dilakukan agar ruang kosong tidak terjebak di tengah-tengah halaman tapi menambah baris, letterspacing, dan paragraf yang berfungsi menambah ruang kosong.


Gunakan Desain yang Sama

Gunakanlah desain yang sama di tiap halaman website. Artinya, menggunakan warna, item, font, visual, nomor halaman di tempat yang sama di seluruh halaman website. Hal ini dilakukan untuk keselarasan tampilan website Anda.


Perbedaan Antar Unsur

Penggunaan elemen dan komposisi yang sama di tiap halaman memang merupakan hal baik. tapi, alangkah baiknya jika Anda meletakan beberapa hal berbeda, seperti warna dan layout. Semakin besar perbedaannya, maka semakin efektif pula layout website tersebut. Misalnya, headline website Anda menggunakan jenis dan ukuran font yang berbeda atau menggunakan ukuran atau warna font yang berbeda untuk deskripsi singkat, nomor halaman, atau kutipan di tiap halaman website.


Untuk memudahkan Anda mengatur layout website, gunakanlah jasa Creata. Jasa website Jogja profesional seperti Creata akan menyulap layout website Anda menjadi selaras dan nyaman dilihat. Selain mengurus layout, Anda pun bisa menggunakan jasa Creata untuk dibuatkan desain website khusus sesuai dengan keinginan. Tapi, bila kesulitan mendapatkan ide layout dan desain website yang baik, Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan pakar yang sudah berpengalaman dari Creata. Menarik, kan? Semua layanan tersebut bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Punya pertanyaan tambahan untuk Creata? Langsung klik disini.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: