Blog Layout

5 Tips Sukses Berjualan Online

Author: Dina Nazhifah
November 30, 2020

Sekarang adalah zaman di mana segalanya bisa dilakukan serba online. Segala kebutuhan apapun bisa ditemukan di internet. Bahkan, bisa dikatakan saat ini Anda bisa menjual apapun secara online. Tapi, meski banyak peluang berjualan online, tidak semua orang sukses dalam hal tersebut. Tidak sedikit toko online yang tiba-tiba tutup atau berhenti di tengah jalan. Maka dari itu, Creata akan memberikan beberapa tips sukses untuk berjualan online. Penasaran? SImak selengkapnya di bawah ini yuk!


Unique Selling Points


Carilah USP dari produk Anda. Unique Selling Points atau USP merupakan nilai jual produk atau kelebihan dari produk Anda yang tidak ada di produk kompetitor. Biasanya, USP ini bisa berupa harga murah, kualitas terbaik, produk pertama di dunia, dan lainnya. Untuk mengetahui USP, Anda mencoba memposisikan diri sebagai calon konsumen. Pikirkanlah hal apa yang dibutuhkan calon konsumen. Apakah terkait produk atau pelayanannya? Apabila Anda sudah menemukan, sesuaikan USP tersebut terhadap selera, kebiasaan konsumen, dan tren terkini.


Buat Website


Membuat website merupakan hal penting di zaman serba online seperti sekarang. Dengan menggunakan website, Anda bisa mendesain sendiri sesuai dengan citra branding agar USP produk bisa lebih terlihat. Selain itu, dengan memiliki website sendiri Anda bisa mengelola data penjualan. Artinya, Anda dapat mengetahui produk apa yang disukai konsumen, demografi konsumen, dan tren produk dari waktu ke waktu. Anda pun dapat mengelola data konsumen yang memudahkan untuk retargeting. Dengan retargeting, Anda bisa mengirimkan promo atau pemberitahuan mengenai produk terbaru kepada konsumen melalui email.


Meski awalnya sulit membuat website yang baik, namun Anda bisa menggunakan Creata. Sebagai jasa toko online profesional, Creata akan membuatkan website toko online sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. 


Pahami Data


Anda harus pintar memahami segala data yang berhubungan dengan penjualan, seperti data penjualan dan promosi. Untuk data penjualan, biasanya didapat dari fitur report di CMS. Pada data ini, Anda akan tahu kapan penjualan meningkat, kapan penjualan menurun, dan produk apa saja yang disukai konsumen. Dari sinilah Anda bisa meriset produk dan selera konsumen, serta merilis produk baru. Anda pun bisa melakukan strategi marketing yang tepat ketika mengetahui kapan tingkat penjualan tinggi dan rendah. Untuk data promisi, pastikan Anda untuk sudah meng-install Google Tag Manager dan Google Analytics. Melalui dua software ini, Anda dapat mengetahui seluruh performa website, seperti halaman mana yang paling banyak dilihat, di mana saja lokasi konsumen, dan lainnya. 


Strategi Content Marketing


Content marketing merupakan cara promosi dengan menggunakan sebuah konten. Konten ini haruslah penting, relevan, menarik, dan bermanfaat bagi pengunjung website dalam jangka panjang. Semakin bermanfaat konten Anda, maka semakin besar pula kemungkinan website ditemui calon konsumen di mesin pencari Google. Untuk membuat sebuah konten, Anda bisa menerapkan optimasi SEO. Search Engine Optimization atau SEO berfungsi untuk menaikan peringkat website Anda menjadi teratas di hasil pencarian. 


Aktif Media Sosial


Tips sukses terakhir ialah selalu aktif di media sosial. Meski sudah memiliki website, namun Anda masih harus aktif di media sosial. Media sosial merupakan sarana penting untuk mempromosikan bisnis Anda. Pelajarilah cara meriset target pasar di media sosial, yaitu dengan menetukan metrik yang sesuai, membuat konten, menentukan waktu mengunggah konten, menggunakan fitur iklan, dan lainnya.


Apabila Anda menggunakan jasa toko online profesional Creata, nantinya website akan diberikan berbagai fitur untuk menunjang bisnis, antara lain, custom design, SEO friendly, mobile friendly, advanced CMS yang canggih, dan lainnya. Anda pun tidak perlu ragu dengan hasil karya Creata. Sebab, Creata dapat mengembangkan berbagai bisnis online, seperti teknologi, startup, finance, café & resto, dan lainnya. Langsung hubungi Creata untuk mengetahui keunggulan lainnya.

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: