Sekarang adalah zaman di mana segalanya bisa dilakukan serba online. Segala kebutuhan apapun bisa ditemukan di internet. Bahkan, bisa dikatakan saat ini Anda bisa menjual apapun secara online. Tapi, meski banyak peluang berjualan online, tidak semua orang sukses dalam hal tersebut. Tidak sedikit toko online yang tiba-tiba tutup atau berhenti di tengah jalan. Maka dari itu, Creata akan memberikan beberapa tips sukses untuk berjualan online. Penasaran? SImak selengkapnya di bawah ini yuk!
Carilah USP dari produk Anda. Unique Selling Points atau USP merupakan nilai jual produk atau kelebihan dari produk Anda yang tidak ada di produk kompetitor. Biasanya, USP ini bisa berupa harga murah, kualitas terbaik, produk pertama di dunia, dan lainnya. Untuk mengetahui USP, Anda mencoba memposisikan diri sebagai calon konsumen. Pikirkanlah hal apa yang dibutuhkan calon konsumen. Apakah terkait produk atau pelayanannya? Apabila Anda sudah menemukan, sesuaikan USP tersebut terhadap selera, kebiasaan konsumen, dan tren terkini.
Membuat website merupakan hal penting di zaman serba online seperti sekarang. Dengan menggunakan website, Anda bisa mendesain sendiri sesuai dengan citra branding agar USP produk bisa lebih terlihat. Selain itu, dengan memiliki website sendiri Anda bisa mengelola data penjualan. Artinya, Anda dapat mengetahui produk apa yang disukai konsumen, demografi konsumen, dan tren produk dari waktu ke waktu. Anda pun dapat mengelola data konsumen yang memudahkan untuk retargeting. Dengan retargeting, Anda bisa mengirimkan promo atau pemberitahuan mengenai produk terbaru kepada konsumen melalui email.
Meski awalnya sulit membuat website yang baik, namun Anda bisa menggunakan Creata. Sebagai jasa toko online profesional, Creata akan membuatkan website toko online sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
Anda harus pintar memahami segala data yang berhubungan dengan penjualan, seperti data penjualan dan promosi. Untuk data penjualan, biasanya didapat dari fitur report di CMS. Pada data ini, Anda akan tahu kapan penjualan meningkat, kapan penjualan menurun, dan produk apa saja yang disukai konsumen. Dari sinilah Anda bisa meriset produk dan selera konsumen, serta merilis produk baru. Anda pun bisa melakukan strategi marketing yang tepat ketika mengetahui kapan tingkat penjualan tinggi dan rendah. Untuk data promisi, pastikan Anda untuk sudah meng-install Google Tag Manager dan Google Analytics. Melalui dua software ini, Anda dapat mengetahui seluruh performa website, seperti halaman mana yang paling banyak dilihat, di mana saja lokasi konsumen, dan lainnya.
Content marketing merupakan cara promosi dengan menggunakan sebuah konten. Konten ini haruslah penting, relevan, menarik, dan bermanfaat bagi pengunjung website dalam jangka panjang. Semakin bermanfaat konten Anda, maka semakin besar pula kemungkinan website ditemui calon konsumen di mesin pencari Google. Untuk membuat sebuah konten, Anda bisa menerapkan optimasi SEO. Search Engine Optimization atau SEO berfungsi untuk menaikan peringkat website Anda menjadi teratas di hasil pencarian.
Tips sukses terakhir ialah selalu aktif di media sosial. Meski sudah memiliki website, namun Anda masih harus aktif di media sosial. Media sosial merupakan sarana penting untuk mempromosikan bisnis Anda. Pelajarilah cara meriset target pasar di media sosial, yaitu dengan menetukan metrik yang sesuai, membuat konten, menentukan waktu mengunggah konten, menggunakan fitur iklan, dan lainnya.
Apabila Anda menggunakan jasa toko online profesional Creata, nantinya website akan diberikan berbagai fitur untuk menunjang bisnis, antara lain, custom design, SEO friendly, mobile friendly, advanced CMS yang canggih, dan lainnya. Anda pun tidak perlu ragu dengan hasil karya Creata. Sebab, Creata dapat mengembangkan berbagai bisnis online, seperti teknologi, startup, finance, café & resto, dan lainnya. Langsung hubungi Creata untuk mengetahui keunggulan lainnya.
All Rights Reserved | Creata.id