Blog Layout

Tips Tentukan Nama Domain untuk Bisnis Online dari Pembuatan Website Surabaya

Author: Dina Nazhifah
June 18, 2021
Jasa pembuatan website Surabaya bisa membantu Anda sebagai pebisnis online untuk membuat web sehingga dapat mengembangkan bisnis, serta memudahkan proses transaksi. Hal ini dikarenakan membuat website tidaklah semudah yang dipikirkan, masih banyak yang harus diotak-atik agar tampilan website bagus, mudah digunakan, dan memiliki fitur canggih.

Sebelum menggunakan jasa pembuatan website Surabaya untuk minta dibuatkan web, Anda sudah harus memikirkan nama alamat website atau biasa disebut domain. Pemilihan nama domain tidaklah mudah, namun juga tidak terlalu sulit.  

Pemilihan nama domain pun termasuk salah satu pengaruh kesuksesan bisnis online Anda. Sebab, nama domain akan menjadi alamat website yang akan dikenal khalayak luas. Jadi, pastikan Anda memilih nama domain yang mudah dibaca dan diingat.

Nah, untuk memudahkan Anda memilih domain, berikut ini jasa pembuatan website Surabaya akan membagikan beberapa tips jitu untuk menentukan nama domain untuk bisnis online.


Pilih Ekstensi yang Tepat


Banyak pilihan ekstensi yang ada di internet. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih ekstensi yang sesuai dengan bidang bisnis. Anda pun bisa mengonsultasikan hal ini kepada jasa pembuatan website Surabaya. Berikut ini beberapa ekstensi yang dapat Anda pilih.


  1. Untuk bisnis komersial, .com
  2. Untuk layanan jaringan ISP, .net
  3. Untuk institusi pendidikan, .edu
  4. Untuk lembaga organisasi, .org
  5. Untuk lembaga militer, .mil


Nah, saat ini, ektensi yang paling mudah diingat dan banyak digunakan masyarakat ialah .com dan .net.


Buat yang Mudah Diingat


Nama domain yang bagus harus mudah diingat oleh pengguna internet. Sebelum membuat website dari jasa pembuatan website Surabaya, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini.


  1. Pakai nama domain yang deskriptif atau bisa mendeskripsikan bisnis online sehingga pengguna internet pun lebih mudah mengetahui apa yang Anda tawarkan.
  2. Buat nama domain sesingkat mungkin, yaitu berkisar 10 sampai 20 karakter. Bila memungkinkan, buat nama kurang dari 10 karakter. Jadi, Anda membuat nama domain yang benar-benar singkat, padat, jelas, berkesan, dan tentunya mudah diingat.
  3. Buat nama domain yang mudah dieja. Pastikan Anda tidak menggunakan kata-kata yang sulit dieja. Sebab, nantinya akan menyulitkan pengguna internet dalam mengingat dan mengetiknya.
  4. Walaupun kini ada fitur bookmark, namun belum tentu pengunjung web melakukan bookmark pada web Anda saat pertama kali mengunjunginya. Maka dari itu, buatlah nama domain yang berkesan sehingga mudah ditemukan dan diingat.
  5. Hindari penggunaan simbol karena hanya akan memperpanjang nama domain dan membuat susah diingat.


Gunakan Nama Pribadi, Merek, atau Produk


Untuk mempermudah dan mempersingkat nama domain, Anda dapat menggunakan nama pribadi yang lebih singkat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nama merek atau nama produk, bahkan gabungan dari keduanya. Misalnya saja, vanillahijab.com dan kitabisa.com. Nama-nama domain tersebut dapat mudah diingat dan dihafalkan.



Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat membuat nama domain untuk bisnis online. Jika sudah menentukan nama domain yang pas, saatnya Anda menghubungi jasa pembuatan website Surabaya untuk mengonsultasikan pembuatan web. Untuk pembuatan web, disarankan Anda menggunakan jasa pembuatan website Surabaya terpercaya, seperti Creata.


Perlu Anda ketahui, Creata adalah jasa pembuatan website Surabaya profesional dan terpercaya yang mampu membuat berbagai jenis website, seperti e-commerce, company profile, dan lainnya. Dengan menggunakan jasa Creata, Anda sudah bisa mendapatkan optimasi SEO sehingga bisnis online dapat dikenal banyak pengguna internet. Creata pun akan melengkapi web Anda dengan beragam fitur canggih yang dapat dengan mudah di customized. Advanced CMS yang digunakan pun canggih dan bisa menerapkan desain yang responsive. Hasil web Creata dijamin memuaskan dan tentunya mampu hasilkan keuntungan besar untuk Anda!

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: