Blog Layout

3 Cara Mudah Membuat Toko Online Sendiri

Author: Dina Nazhifah
September 28, 2020

This is a subtitle for your new post

Perkembangan teknologi kian lama kian meningkat. Perkembangan ini membuat segala aktivitas manusia menjadi serba teknologi berbasis digital. Di dunia digital, Anda tak hanya mendapatkan hiburan atau informasi, tapi juga bisa menghasilkan uang. Bagi Anda yang sudah memiliki usaha atau ingin memulai usaha, Anda bisa menarik calon pembeli melalui dunia digital. Bagaimana caranya? Anda bisa coba membuat toko online sendiri. Kali ini kami akan memberikan tiga cara mudah membuat toko online sendiri. 

Buat di Media Sosial

Pasti Anda sudah tidak asing dengan media sosial. Pengguna media sosial tiap tahun selalu meningkat. Hal ini dikarenakan adanya berbagai fitur menarik dan mudahnya seseorang untuk mendapatkan informasi terkni dari seluruh dunia. Tak hanya itu, media sosial juga memudahkan untuk membeli suatu barang atau jasa secara online. Anda pun bisa membuat toko online di media sosial untuk menarik calon konsumen.


Hal pertama yang dilakukan sebelum membuat toko online di media sosial ialah lakukan riset pasar. Risetlah kekurangan dan keunikan produk Anda yang tidak dimiliki produk kompetitor. Kemudian, riset siapa saja dan bagaimana target pembeli Anda, apa jenis kelaminnya, berapa kisaran usianya, atau apa kesukaan mereka. Terakhir, perhatikan apa saja platform media sosial yang mereka gunakan, apakah menggunakan Twitter, Facebook, atau Instagram. Ketika mengetahui platform media sosial yang digunakan, Anda bisa menentukan konten seperti apa yang akan disajikan. Setelah itu, siapkan konten-konten yang ingin diunggah di media soial. Buatlah konten yang menarik dan gunakanlah fitur-fitur di media sosial tersebut dengan baik.


Buat di Marketplace



Selain di media sosial, Anda juga bisa membuat toko online melalui marketplace. Marketplace adalah penghubung antara pembeli dan penjual di dunia digital. Saat ini sudah banyak muncul marketplace di Indonesia yang bisa Anda pilih, seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. Jika Anda sudah memutuskan untuk berjualan di marketplace, baiknya Anda perlu riset terlebih dahulu seperti apa strategi pemasaran dan apa saja kelebihan yang didapat jika berjualan di marketplace tersebut.


Langkah pertama yang Anda lakukan ialah mendaftarkan toko di aplikasi atau situs marketplace tersebut. Kemudian, ikuti segala prosedur yang diberikan dan selanjutnya Anda sudah bisa mulai berjualan. Tentunya berjualan di marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan berjualan melalui marketplace ialah mereka memudahkan Anda untuk menjual produk kepada calon konsumen. Selain itu, biasanya pihak marketplace akan memberikan promosi gratis kepada kliennya agar bisa mengenalkan produk kepada calon konsumen dengan mudah. Sementara untuk kekurangannya, Anda akan bisa melihat secara langsung persaingan antar toko yang menjual produk yang sama dengan Anda. Lalu, ketika marketplace tersebut memiliki kendala pada situs atau aplikasinya dan berimbas kepada Anda, Anda tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak memiliki kuasa apapun.


Buat Website Sendiri


Jika Anda menginginkan cara lain, kami akan menyarankan untuk membuat website sendiri. Cara awal untuk memulai membuka toko online melalui website ialah menentukan hosting dan domain website. Bukalah situs penjual domain dan hosting. Lalu, pilihlah domain yang diinginkan, serta hosting yang cocok untuk website Anda. Tentunya setiap pilihan memiliki harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Kemudian, ikuti segala prosedur pembayaran domain, serta hosting di akun tersebut dan website toko online Anda sudah jadi.


Tapi, jika Anda masih mengalami kesulitan membuat website sendiri, kami menyarankan untuk menggunakan jasa Creata. Perlu Anda ketahui, Creata merupakan jasa pembuatan website profesional dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, website-website yang mereka buat pun menggunakan kualitas dan desain terbaik. Jika Anda tertarik dan memiliki pertanyaan terkait pembuatan website untuk toko online Anda, silahkan hubungi Creata.


Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: