Blog Layout

5 Jenis Strategi Pemasaran Digital yang Efektif, Bisa Diterapkan ke Bisnis Anda!

Author: Dina Nazhifah
April 4, 2022

Jika membicarakan strategi pemasaran mungkin akan terdengar sederhana. Ini dikarenakan kini masih banyak orang yang memulai bisnis dengan pengetahuan bahwa pemasaran dan promosi merupakan sesimpel membuat iklan di media, kemudian tinggal  menunggu kedatangan calon konsumen.


Padahal, strategi pemasaran adalah suatu hal yang lebih kompleks daripada itu. Terlebih di era digital, yang mana media yang ada tak hanya majalah, radio atau televisi. Jika dari cara konvensional saja strategi pemasaran sudah terbagi, apalagi di era digital seperti sekarang, di mana media yang ada lebih beragam. Tentunya akan ada lebih banyak strategi pemasaran digital yang bisa dilakukan.


Untuk itu, Anda harus benar-benar bekerja keras dan banyak belajar untuk menemukan strategi pemasaran digital apa yang cocok untuk bisnis pada era sekarang. Agar memudahkan Anda menemukan strategi pemasaran digital apa yang tepat dan efektif, berikut ini sederet referensi strategi yang bisa dicoba untuk bersaing di dunia sekarang.


strategi pemasaran digital untuk bisnis

Online Marketing


Online marketing adalah strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan memanfaatkan media sosial, website, email, dan augmented reality. Strategi ini bisa dilakukan dengan iklan berbayar, membuat konten berkualitas atau sekadar membuat posting sederhana.


Perlu Anda ketahui, satu posting-an yang diunggah di internet kini bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, lho. Nah, jika menggunakan strategi online marketing, di mana pun bisnis Anda dijalankan, akan tetap mampu mendapatkan banyak perhatian secara global.


Call To Action Marketing


Call to action marketing atau biasa disingkat dengan CTA adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang mendengar atau membacanya. Tujuan adanya CTA adalah untuk mendapatkan klik atau scan kode QR. Apabila Anda pernah merasa menemukan kata-kata imperatif, seperti “Dapatkan informasi lengkap hanya dengan klik di sini”, “Tonton video ini untuk mendapatkan promo khusus”, dan lainnya, tandanya Anda sudah terpapar strategi tersebut.


Strategi Email Marketing


Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran digital ini menggunakan email sebagai media promosi. Pada umumnya, Anda sebagai pihak pemasar akan mengirimkan email kepada calon konsumen atau customer loyal.  Tujuan dikirimkannya email adalah untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru, memberi update informasi produk atau promo terbaru, dan menjalin hubungan dengan customer loyal. Ini merupakan salah satu strategi efektif karena terkesan lebih personal dan email pun langsung masuk ke inbox konsumen.


Search Engine Marketing


Search engine marketing atau kerap disingkat SEM adalah bentuk strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas suatu website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Bisa juga dikatakan “membeli” trafik dengan membayar mesin pencari, seperti Google.


Strategi satu ini terbilang cukup efektif karena saat ini mesin pencari banyak diakses oleh khalayak, baik untuk mencari informasi produk atau jasa maupun ulasannya. Dengan menggunakan strategi SEM, Anda bisa mendapatkan kemungkinan calon konsumen yang mengunjungi website saat mereka mencari informasi.


Social Media Marketing


Social media marketing merupakan strategi pemasaran digital yang menggunakan platform media sosial. Selain mesin pencari, khalayak pun kini cenderung mencari berbagai produk dan jasa yang dibutuhkan melalui media sosial. Jadi, jika menggunakan strategi ini, Anda bisa mudah datang kepada konsumen dan berinteraksi dengan mereka di media sosial.


Setelah mengetahui berbagai jenis strategi pemasaran digital, saatnya Anda memilih yang mana paling sesuai dan cocok untuk bisnis. Apabila Anda masih kebingungan untuk menentukannya, tidak ada salahnya datang kepada Creata untuk mengonsultasikan dan mengandalkan masalah pemasaran digital kepada mereka!


Creata sebagai digital agency terpercaya di Indonesia akan menawarkan banyak layanan digital marketing dan memberikan solusi layanan apa yang tepat untuk bisnis Anda. Ada layanan SEM, SEO (Search Engine Optimization), dan social media ads. Ada pula layanan maintenance social media agar akun bisnis Anda dapat selalu aktif dan up-to-date!


Selain menyesuaikan dengan layanan, Creata pun bisa menyesuaikan budget Anda dengan kebutuhan layanan sehingga nantinya pun dijamin kantong gak akan boncos! Klik
di sini untuk konsultasikan kebutuhan Anda!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: