Blog Layout

Digital Marketing: dari Pengertian, Jenis, hingga Tujuan Digital Marketing

Author: Dina Nazhifah
Mar 31, 2022

Di era serba digital seperti sekarang, istilah digital marketing sudah tidak asing lagi, terutama bagi para kalangan pebisnis. Mungkin Anda pun pernah melihat suatu brand atau perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online melalui media sosial dan website. Hal seperti ini disebut sebagai digital marketing. Hampir semua perusahaan di dunia sekarang menggunakan strategi tersebut. Alasannya karena lebih mudah, lebih cepat, dan lebih luas dalam menjangkau konsumen.


Lalu, apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? Apa tujuan digital marketing untuk bisnis di masa sekarang? Kemudian, apa sajakah jenis-jenisnya? Bagi Anda para pemilik bisnis yang ingin mendigitalkan bisnisnya, simak artikel ini selengkapnya karena akan mengupas tuntas mengenai digital marketing, dari pengertiannya, jenisnya, hingga tujuan digital marketing.


apa saja tujuan digital marketing

sumber: exabytes.co.id


Pengertian Digital Marketing


Menurut para ahli, yaitu Coviello, Milley, dan Marcolin, digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi interaktif lainnya untuk membuat, serta menghubungkan dialog antara sebuah perusahaan dengan konsumennya yang sudah teridentifikasi. Secara umum, digital marketing adalah cara pemasaran menggunakan perangkat elektronik berbasis internet dengan berbagai taktik pemasaran dan media digital, di mana Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.


Selain mengetahui pengertiannya, untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa memahami tujuan digital marketing, jenis-jenisnya, manfaat, dan langkah yang perlu dilakukan oleh pebisnis berikut ini.


Tujuan Digital Marketing


Pada umumnya, terdapat beberapa tujuan digital marketing sesuai sasarannya, yaitu sebagai berikut.


  1. Meningkatkan pangsa pasar.
  2. Meningkatkan omset penjualan.
  3. Mencapai tujuan brand, seperti meningkatkan brand awareness.
  4. Mengurangi anggaran, seperti biaya promosi atau distribusi.
  5. Meningkatkan jumlah database.
  6. Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan konsumen, tingkat referensi konsumen, dan frekuensi pembelian.
  7. Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah website atau akun media sosial.


Jenis Digital Marketing


Setelah mengetahui tujuan digital marketing, Anda pun perlu mengetahui beberapa jenisnya, yakni sebagai berikut.


1. Push Digital Marketing


Push digital marketing mengacu pada beberapa cara dalam mempromosikan jasa atau produk tanpa adanya persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing yang masuk jenis ini adalah pembuatan website, beriklan di banyak website, pengiriman email marketing ke konsumen, dan pengiriman SMS berisi promosi ke nomor ponsel orang-orang.


2. Pull Digital Marketing


Tak seperti push digital marketing, di mana calon konsumen pasif atau hanya sebagai penerima, pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai jasa atau produk yang sedang mereka butuhkan. Biasanya, para konsumen mencarinya melalui website atau akun media sosial yang menyediakan informasi yang dicari.


Manfaat Digital Marketing


Terdapat beberapa manfaat digital marketing yang perlu Anda ketahui sebagai pebisnis, yaitu sebagai berikut.


  1. Menghubungkan brand dengan konsumen di Internet.
  2. Meningkatkan penjualan.
  3. Membuat pebisnis lebih hemat dalam melakukan promosi.
  4. Memberikan ROI yang lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan.
  5. Membantu brand untuk ikut bersaing dengan para kompetitor
  6. Mempersiapkan untuk era internet of things.


Langkah Memulai Digital Marketing


Setelah mengetahui tujuan digital marketing, berbagai jenis dan manfaatnya, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Lalu, langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulai digital marketing?”. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui untuk memulai digital marketing.

  1. Membuat website dengan konsep dan desain yang sesuai dengan bisnis.
  2. Membuat content website sesuai dengan target market.
  3. Membuat akun media sosial sesuai target market.
  4. Membuat content marketing untuk website dan media sosial.
  5. Menerapkan SEO untuk website.
  6. Menerapkan SEM untuk website.
  7. Menggunakan iklan di media sosial, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, atau Youtube Ads.


Jika setelah membaca artikel ini Anda semakin tertarik dengan digital marketing, namun bingung untuk melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa langsung menghubungi Creata. Sebagai digital agency terpercaya di Indonesia, Creata menawarkan layanan lengkap kepada pebisnis yang ingin mendigitalkan bisnisnya. Mulai dari adanya layanan pembuatan berbagai jenis website (company profile dan toko online), desain website yang bisa pesan custom sesuai keinginan, maintenance website agar website selalu aktif dan anti lemot, maintenance social media agar akun media sosial Anda selalu aktif, hingga layanan digital marketing (SEO, SEM, dan social media ads). Lengkap banget, kan? 


Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada Creata mengenai kebutuhan dan goals bisnis agar Creata bisa menentukan layanan apa yang tepat. Selain menyesuaikan layanan, Creata pun bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan menjamin no hidden fee! Wow! Tunggu apalagi, jangan sampai kalah dari kompetitor, langsung konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama
Creata!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: