Di tengah pandemi yang tak menentu, pemasaran digital adalah solusi terbaik untuk tetap bisa melakukan pemasaran dengan jangkauan yang luas tanpa harus bertatap muka dengan konsumen. Dengan adanya IoT atau Internet of Thing, di mana semuanya menjadi serba online, Anda bisa berjualan di mana saja dan kapan saja.
Hal inilah yang membuat banyak orang yang baru memulai bisnis berpikir bahwa pemasaran digital dapat dilakukan dengan hanya mengiklankan produk atau jasa mereka di media sosial, lalu menunggu calon konsumen. Tapi, kenyataannya strategi pemasaran digital adalah sesuatu yang kompleks. Untuk itu, Anda perlu mengetahui trik pemasaran digital berikut ini agar bisa meraup keuntungan yang maksimal.
Hasil riset menunjukkan, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta akun pada tahun 2021, yang mana jumlah ini naik 6,25% dibanding tahun sebelumnya. Dari data ini, tentu kita tahu bahwa media sosial adalah platform yang memiliki potensi besar untuk memasarkan bisnis.
Anda bisa memanfaatkan media sosial populer seperti Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Agar menarik target market, Anda harus berpikir kreatif dengan menciptakan berbagai macam konten yang bisa diterima oleh target pasar. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan visual menarik, headline yang singkat, padat, dan jelas, memanfaatkan beragam fitur yang disediakan untuk berkomunikasi dengan followers, menggunakan fitur postingan carousel, serta menggunakan hashtag yang relevan.
Strategi pemasaran digital selanjutnya adalah email marketing. Sesuai dengan namanya, strategi ini memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Biasanya, perusahaan akan mengirimkan email dengan menyusun visual dan kalimat menarik kepada calon konsumen, serta konsumen yang sudah setia.
Tujuan dari strategi ini adalah menawarkan produk baru, memberi update terhadap produk baru, dan menjalin hubungan dengan konsumen yang setia. Strategi ini dinilai lebih efektif karena bersifat personal, namun harus dilakukan secara konsisten. Maka dari itu, Anda bisa mengirimkan email marketing secara berkala seperti tiga kali dalam seminggu untuk menarik perhatian konsumen.
Inbound marketing adalah teknik pemasaran digital dengan menggunakan konten dan interaksi yang relevan, serta solutif sehingga bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan, lalu konsumen pun dapat mendekatkan diri kepada produk atau layanan yang Anda berikan.
Ibarat sebuah magnet, inbound marketing dapat menarik begitu banyak calon konsumen. Caranya dengan Anda membagikan konten-konten berkualitas melalui media yang sering kali digunakan, seperti media sosial, email, search engine, website, atau blog pribadi.
Sekarang ini, teknik pemasaran digital yang satu ini sedang banyak dipakai oleh berbagai bidang bisnis. Affiliate marketing memiliki sebuah sistem di mana pemilik bisnis akan mengajak konsumen untuk bekerja sama dalam mempromosikan produk mereka, dan nantinya konsumen akan mendapat komisi pada setiap pelanggan baru yang mereka dapatkan.
Cara ini bisa Anda gunakan agar mendapat keuntungan secara signifikan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih percaya kepada promosi yang direkomendasikan dari orang-orang terdekat mereka.
SEM adalah metode pemasaran digital yang mirip dengan Search Engine Optimization (SEO). Perbedaannya adalah SEM dilakukan dengan cara berbayar dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman mesin pencari atau istilah mudahnya membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.
Strategi pemasaran digital satu ini dinilai efektif karena dapat meningkatkan calon konsumen untuk mengunjungi website bisnis Anda ketika sedang melakukan pencarian informasi di Google.
Untuk mengaplikasikan trik di atas kepada website bisnis Anda, jangan ragu untuk menggunakan Creata sebagai digital agency terpercaya. Bagi yang belum tahu, Creata merupakan digital agency yang berpengalaman dalam menangani digital marketing berbagai bisnis.
Untuk digital marketing, ada berbagai pilihan layanan, mulai dari SEM, SEO yang bisa membantu website Anda masuk dalam ranking teratas pencarian di Google, hingga SMA atau Social Media Ads untuk memasang iklan di media sosial. Ada pula layanan maintenance social media untuk Anda yang ingin akun media sosialnya selalu aktif dan update.
Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk menentukan layanan mana yang tepat untuk kebutuhan karena Anda bisa dengan mudah berkonsultasi secara gratis dengan Creata terlebih dahulu. Kemudian, nantinya Creata akan menyarankan layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan, goals, dan budget Anda. Tunggu apalagi? Tingkatkan omzet bisnis Anda sekarang juga bersama
Creata!
All Rights Reserved | Creata.id