Blog Layout

5 Trik Pemasaran Digital yang Dijamin Bisa Hasilkan Banyak Keuntungan

Author : Gladys Arivia
Mar 18, 2022

This is a subtitle for your new post

Di tengah pandemi yang tak menentu, pemasaran digital adalah solusi terbaik untuk tetap bisa melakukan pemasaran dengan jangkauan yang luas tanpa harus bertatap muka dengan konsumen. Dengan adanya IoT atau Internet of Thing, di mana semuanya menjadi serba online, Anda bisa berjualan di mana saja dan kapan saja. 


Hal inilah yang membuat banyak orang yang baru memulai bisnis berpikir bahwa pemasaran digital dapat dilakukan dengan hanya mengiklankan produk atau jasa mereka di media sosial, lalu menunggu calon konsumen. Tapi, kenyataannya strategi pemasaran digital adalah sesuatu yang kompleks. Untuk itu, Anda perlu mengetahui trik pemasaran digital berikut ini agar bisa meraup keuntungan yang maksimal. 


Social Media Marketing 

pemasaran digital social media marketing

Hasil riset menunjukkan, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta akun pada tahun 2021, yang mana jumlah ini naik 6,25% dibanding tahun sebelumnya. Dari data ini, tentu kita tahu bahwa media sosial adalah platform yang memiliki potensi besar untuk memasarkan bisnis. 


Anda bisa memanfaatkan media sosial populer seperti Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Agar menarik target market, Anda harus berpikir kreatif dengan menciptakan berbagai macam konten yang bisa diterima oleh target pasar. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan visual menarik, headline yang singkat, padat, dan jelas, memanfaatkan beragam fitur yang disediakan untuk berkomunikasi dengan followers, menggunakan fitur postingan carousel, serta menggunakan hashtag yang relevan.


Email Marketing

pemasaran digital email marketing

Strategi pemasaran digital selanjutnya adalah email marketing. Sesuai dengan namanya, strategi ini memanfaatkan email sebagai media pemasaran. Biasanya,  perusahaan akan mengirimkan email dengan menyusun visual dan kalimat menarik kepada calon konsumen, serta konsumen yang sudah setia. 


Tujuan dari strategi ini adalah menawarkan produk baru, memberi update terhadap produk baru, dan menjalin hubungan dengan konsumen yang setia. Strategi ini dinilai lebih efektif karena bersifat personal, namun harus dilakukan secara konsisten. Maka dari itu, Anda bisa mengirimkan email marketing secara berkala seperti tiga kali dalam seminggu untuk menarik perhatian konsumen. 


Inbound Marketing

pemasaran digital inbound marketing

Inbound marketing adalah teknik pemasaran digital dengan menggunakan konten dan interaksi yang relevan, serta solutif sehingga bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan, lalu konsumen pun dapat mendekatkan diri kepada produk atau layanan yang Anda berikan.


Ibarat sebuah magnet, inbound marketing dapat menarik begitu banyak calon konsumen. Caranya dengan Anda membagikan konten-konten berkualitas melalui media yang sering kali digunakan, seperti media sosial, email, search engine, website, atau blog pribadi. 


Affiliate Marketing

pemasaran digital affiliate marketing

Sekarang ini, teknik pemasaran digital yang satu ini sedang banyak dipakai oleh berbagai bidang bisnis. Affiliate marketing memiliki sebuah sistem di mana pemilik bisnis akan mengajak konsumen untuk bekerja sama dalam mempromosikan produk mereka, dan nantinya konsumen akan mendapat komisi pada setiap pelanggan baru yang mereka dapatkan.


Cara ini bisa Anda gunakan agar mendapat keuntungan secara signifikan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih percaya kepada promosi yang direkomendasikan dari orang-orang terdekat mereka.


Search Engine Marketing (SEM)


pemasaran digital sem

SEM adalah metode pemasaran digital yang mirip dengan Search Engine Optimization (SEO). Perbedaannya adalah SEM dilakukan dengan cara berbayar dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman mesin pencari atau istilah mudahnya membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.


Strategi pemasaran digital satu ini dinilai efektif karena dapat meningkatkan calon konsumen untuk mengunjungi website bisnis Anda ketika sedang melakukan pencarian informasi di Google.


Untuk mengaplikasikan trik di atas kepada website bisnis Anda, jangan ragu untuk menggunakan Creata sebagai digital agency terpercaya. Bagi yang belum tahu, Creata merupakan digital agency yang berpengalaman dalam menangani digital marketing berbagai bisnis. 


Untuk digital marketing, ada berbagai pilihan layanan, mulai dari SEM, SEO yang bisa membantu website Anda masuk dalam ranking teratas pencarian di Google, hingga SMA atau Social Media Ads untuk memasang iklan di media sosial. Ada pula layanan maintenance social media untuk Anda yang ingin akun media sosialnya selalu aktif dan update.


Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk menentukan layanan mana yang tepat untuk kebutuhan karena Anda bisa dengan mudah berkonsultasi secara gratis dengan Creata terlebih dahulu. Kemudian, nantinya Creata akan menyarankan layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan, goals, dan budget Anda. Tunggu apalagi? Tingkatkan omzet bisnis Anda sekarang juga bersama
Creata!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: