Blog Layout

Begini Cara Membuat Iklan di Google untuk Pemula

Author: Dina Nazhifah
August 8, 2022

Faktanya, 90% pengguna internet yang ada di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi. Melihat fakta tersebut, beriklan di Google menjadi media pemasaran yang potensial untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu, bagi para pebisnis cara membuat iklan di Google menjadi hal yang wajib diketahui.


Untuk yang masih awam dengan beriklan di Google, namun ingin mencobanya, artikel ini sudah menyiapkan sejumlah cara membuat iklan di Google khusus untuk pemula sehingga pastinya mudah dipahami.


Alasan Buat Iklan di Google


begini cara membuat iklan di google


Google menyediakan tools bermanfaat untuk membantu pebisnis beriklan yang dikenal dengan Google Ads. Tools ini membantu untuk menampilkan iklan di hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan atau berkaitan dengan bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda bisa mendapatkan awareness dan mendatangkan lebih banyak pelanggan. Lantas, bagaimanakah cara membuat iklan di Google?


Cara Membuat Iklan di Google


cara membuat iklan di google untuk pemula


Setelah mengetahui alasan buat iklan di Google, saatnya Anda perlu tahu cara membuat iklan di Google. Untuk mulai beriklan, ada sejumlah hal yang perlu disiapkan berikut ini.


  • Tentukan Tujuan Iklan


Siapkan tujuan Anda beriklan. Hal ini sangat penting karena banyak pebisnis yang memasang iklan, namun tidak punya tujuan ketika memasang iklan dan pada akhirnya beranggapan bahwa iklan Google yang dijalankan gagal dan hanya membuang uang. Contoh dari tujuan iklan, meningkatkan trafik website atau mendapatkan banyak panggilan telepon.


  • Lokasi Penempatan Iklan


Menentukan penempatan iklan bertujuan untuk mendapatkan target audiens yang potensial. Selain itu, dengan menyebar iklan di tempat tertentu, iklan akan memiliki performa yang bagus. Sebagai contoh, Anda menargetkan Indonesia sebagai tempat beriklan. Untuk detail targetnya, bisa menambahkan nama kota seperti, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan lainnya yang mana biasanya banyak pelanggan berada.


  • Riset Keyword


Setelah menentukan tujuan dan penempatan iklan, cara membuat iklan di Google selanjutnya adalah riset kata kunci. Cara ini perlu dilakukan karena bisa menentukan iklan ditemukan dan diklik. Untuk itu, pastikan kata kunci yang digunakan tepat dan banyak dicari oleh audiens. Cara meriset kata kunci bisa menggunakan tools Google Keyword Planner, KWFinder, atau juga bisa Google Trend. 


  • Tentukan Anggaran Biaya


Untuk menentukan anggaran iklan, Anda cukup tentukan budget yang akan dikeluarkan dan waktu penayangan iklan. Untuk anggaran biaya harian bisa didapat dari jumlah budget dibagi dengan jumlah waktu penayangan iklan. Sebagai contoh, Anda menyiapkan anggaran 3 juta rupiah untuk beriklan di Google selama 30 hari penuh maka anggaran biaya setiap harinya, yakni 100 ribu rupiah.


Setelah empat hal di atas disiapkan, Anda sudah siap membuat iklan di Google Ads. Berikut ini langkah-langkah cara membuat iklan di Google.


  • Buka Google Ads


Langkah pertama, kunjungi laman Google Ads dan  log in menggunakan akun Google Anda.


  • Masukkan Tujuan Iklan


Selanjutnya, masukkan tujuan iklan. Google menyediakan beberapa pilihan tujuan iklan, antara lain meningkatkan penjualan produk, jumlah pelanggan, trafik website, brand awareness and reach, brand consideration, dan ada juga mempromosikan aplikasi.


  • Pilih Jenis Tampilan Google Ads


Google Ads memiliki sejumlah jenis tampilan iklan yang bisa Anda pilih berikut ini.


  1. Search Ads: Iklan muncul saat seseorang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
  2. Display Ads: Iklan muncul di website tertentu berdasarkan beberapa faktor, seperti kata kunci, lokasi, atau minat target audiens.
  3. Shopping Ads: Iklan menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama brand. 
  4. Video Ads: Iklan muncul ketika membuka video di Youtube.
  5. Universal App Campaign: Iklan yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi.


  • Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan


Pilih target lokasi dan bahasa yang akan digunakan pada iklan. Lokasi ditujukan sejauh apa iklan akan ditayangkan dan bahasa yang digunakan oleh audiens untuk menemukan iklan tersebut.


  • Tentukan Target Audiens


Agar iklan bisa lebih spesifik lagi, Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis. Anda bisa menentukan target audiens, mulai dari demografi, minat, hingga lainnya.


  • Anggaran Iklan


Supaya anggaran iklan tidak broncos, Anda perlu mengatur anggaran harian maksimal yang ingin dikeluarkan setiap hari. Anggaran harian tersebut ditentukan tergantung dari biaya per klik per kata kunci dan juga jumlah klik yang didapatkan dalam sehari. Jika memilih banyak kata kunci yang kompetitif, pastinya biaya per klik akan jauh lebih tinggi dengan jumlah pencairan yang lebih banyak.


  • Tentukan Bidding


Google Ads menggunakan sistem bidding, yang mana Anda perlu mengeluarkan harga sekali klik untuk iklan. Ada dua pilihan pada sistem bidding, pertama mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik. Sistemnya adalah melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan pada kategori yang sama, dan kata kuncinya. Kedua, mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik. Jika mengisi nominal paling rendah, iklan mungkin tidak akan muncul. Sedangkan, jika terlalu tinggi, mungkin akan cepat kehabisan anggaran harian. Solusi aman bagi pemula, pilihlah yang pertama.


  • Tambahkan Informasi Bisnis


Untuk meningkatkan banyak jumlah klik, tambahkan Ad Extensions, seperti nomor telepon, lokasi perusahaan atau toko, dan juga akun media sosial. 


  • Masukkan Kata Kunci yang Digunakan


Google Ads pun memberikan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan bisnis, baik dari produk atau jasa apa saja yang ditawarkan, fitur yang diberikan, atau juga bisa keunggulannya. 


  • Buat Tampilan Iklan


Isi kolom-kolom yang sudah disediakan oleh Google Ads untuk membuat judul dan deskripsi iklan. 


  • Siapkan Detail Penagihan


Cara membuat iklan di Google pada tahapan terakhir, yakni memasukkan detail penagihan pembayaran. Anda perlu mengisi informasi negara dan zona waktu, informasi terkait pelanggan, metode pembayaran, dan mencentang persetujuan. Setelah semua telah terisi, Google akan me-review iklan Anda. Bila berhasil maka iklan nantinya akan tayang. 


Itulah cara membuat iklan di Google untuk pemula. Mudah dipahami, kan? Bila Anda masih merasa kesulitan, bingung, atau takut iklan tidak memiliki performa bagus, bisa menggunakan jasa iklan Google Ads dari
Creata. Digital agency terkemuka ini menawarkan banyak layanan yang dapat menunjang perkembangan bisnis Anda, termasuk ada layanan beriklan di Google. Creata telah berpengalaman mengiklankan banyak brand dari berbagai bidang bisnis sehingga sudah pasti berpengalaman dan memiliki wawasan. Paket layanannya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau dan dijamin tanpa biaya tambahan.


Tertarik dan mau mengenal Creata lebih lanjut? Langsung klik di sini untuk terhubung dengan Tim Creata. Sementara, untuk mempelajari serba-serbi digital marketing untuk meningkatkan bisnis Anda, bisa baca berbagai Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: