Faktanya, 90% pengguna internet yang ada di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi. Melihat fakta tersebut, beriklan di Google menjadi media pemasaran yang potensial untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu, bagi para pebisnis cara membuat iklan di Google menjadi hal yang wajib diketahui.
Untuk yang masih awam dengan beriklan di Google, namun ingin mencobanya, artikel ini sudah menyiapkan sejumlah cara membuat iklan di Google khusus untuk pemula sehingga pastinya mudah dipahami.
Alasan Buat Iklan di Google
Google menyediakan tools bermanfaat untuk membantu pebisnis beriklan yang dikenal dengan Google Ads. Tools ini membantu untuk menampilkan iklan di hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan atau berkaitan dengan bisnis. Dengan begitu, bisnis Anda bisa mendapatkan awareness dan mendatangkan lebih banyak pelanggan. Lantas, bagaimanakah cara membuat iklan di Google?
Cara Membuat Iklan di Google
Setelah mengetahui alasan buat iklan di Google, saatnya Anda perlu tahu cara membuat iklan di Google. Untuk mulai beriklan, ada sejumlah hal yang perlu disiapkan berikut ini.
Siapkan tujuan Anda beriklan. Hal ini sangat penting karena banyak pebisnis yang memasang iklan, namun tidak punya tujuan ketika memasang iklan dan pada akhirnya beranggapan bahwa iklan Google yang dijalankan gagal dan hanya membuang uang. Contoh dari tujuan iklan, meningkatkan trafik website atau mendapatkan banyak panggilan telepon.
Menentukan penempatan iklan bertujuan untuk mendapatkan target audiens yang potensial. Selain itu, dengan menyebar iklan di tempat tertentu, iklan akan memiliki performa yang bagus. Sebagai contoh, Anda menargetkan Indonesia sebagai tempat beriklan. Untuk detail targetnya, bisa menambahkan nama kota seperti, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan lainnya yang mana biasanya banyak pelanggan berada.
Setelah menentukan tujuan dan penempatan iklan, cara membuat iklan di Google selanjutnya adalah riset kata kunci. Cara ini perlu dilakukan karena bisa menentukan iklan ditemukan dan diklik. Untuk itu, pastikan kata kunci yang digunakan tepat dan banyak dicari oleh audiens. Cara meriset kata kunci bisa menggunakan tools Google Keyword Planner, KWFinder, atau juga bisa Google Trend.
Untuk menentukan anggaran iklan, Anda cukup tentukan budget yang akan dikeluarkan dan waktu penayangan iklan. Untuk anggaran biaya harian bisa didapat dari jumlah budget dibagi dengan jumlah waktu penayangan iklan. Sebagai contoh, Anda menyiapkan anggaran 3 juta rupiah untuk beriklan di Google selama 30 hari penuh maka anggaran biaya setiap harinya, yakni 100 ribu rupiah.
Setelah empat hal di atas disiapkan, Anda sudah siap membuat iklan di Google Ads. Berikut ini langkah-langkah cara membuat iklan di Google.
Langkah pertama, kunjungi laman Google Ads dan log in menggunakan akun Google Anda.
Selanjutnya, masukkan tujuan iklan. Google menyediakan beberapa pilihan tujuan iklan, antara lain meningkatkan penjualan produk, jumlah pelanggan, trafik website, brand awareness and reach, brand consideration, dan ada juga mempromosikan aplikasi.
Google Ads memiliki sejumlah jenis tampilan iklan yang bisa Anda pilih berikut ini.
Pilih target lokasi dan bahasa yang akan digunakan pada iklan. Lokasi ditujukan sejauh apa iklan akan ditayangkan dan bahasa yang digunakan oleh audiens untuk menemukan iklan tersebut.
Agar iklan bisa lebih spesifik lagi, Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis. Anda bisa menentukan target audiens, mulai dari demografi, minat, hingga lainnya.
Supaya anggaran iklan tidak broncos, Anda perlu mengatur anggaran harian maksimal yang ingin dikeluarkan setiap hari. Anggaran harian tersebut ditentukan tergantung dari biaya per klik per kata kunci dan juga jumlah klik yang didapatkan dalam sehari. Jika memilih banyak kata kunci yang kompetitif, pastinya biaya per klik akan jauh lebih tinggi dengan jumlah pencairan yang lebih banyak.
Google Ads menggunakan sistem bidding, yang mana Anda perlu mengeluarkan harga sekali klik untuk iklan. Ada dua pilihan pada sistem bidding, pertama mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik. Sistemnya adalah melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan pada kategori yang sama, dan kata kuncinya. Kedua, mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik. Jika mengisi nominal paling rendah, iklan mungkin tidak akan muncul. Sedangkan, jika terlalu tinggi, mungkin akan cepat kehabisan anggaran harian. Solusi aman bagi pemula, pilihlah yang pertama.
Untuk meningkatkan banyak jumlah klik, tambahkan Ad Extensions, seperti nomor telepon, lokasi perusahaan atau toko, dan juga akun media sosial.
Google Ads pun memberikan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan bisnis, baik dari produk atau jasa apa saja yang ditawarkan, fitur yang diberikan, atau juga bisa keunggulannya.
Isi kolom-kolom yang sudah disediakan oleh Google Ads untuk membuat judul dan deskripsi iklan.
Cara membuat iklan di Google pada tahapan terakhir, yakni memasukkan detail penagihan pembayaran. Anda perlu mengisi informasi negara dan zona waktu, informasi terkait pelanggan, metode pembayaran, dan mencentang persetujuan. Setelah semua telah terisi, Google akan me-review iklan Anda. Bila berhasil maka iklan nantinya akan tayang.
Itulah cara membuat iklan di Google untuk pemula. Mudah dipahami, kan? Bila Anda masih merasa kesulitan, bingung, atau takut iklan tidak memiliki performa bagus, bisa menggunakan jasa iklan Google Ads dari
Creata. Digital agency terkemuka ini menawarkan banyak layanan yang dapat menunjang perkembangan bisnis Anda, termasuk ada layanan beriklan di Google. Creata telah berpengalaman mengiklankan banyak brand dari berbagai bidang bisnis sehingga sudah pasti berpengalaman dan memiliki wawasan. Paket layanannya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau dan dijamin tanpa biaya tambahan.
Tertarik dan mau mengenal Creata lebih lanjut? Langsung klik di sini untuk terhubung dengan Tim Creata. Sementara, untuk mempelajari serba-serbi digital marketing untuk meningkatkan bisnis Anda, bisa baca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id