Google Ads adalah salah satu platform promosi paling efisien untuk saat ini. Biaya Google Ads tidak bisa diukur murah atau mahalnya karena terdapat rumus tersendiri untuk menghitung perkiraan biayanya. Bagi yang penasaran berapa biaya Google Ads, artikel ini telah menyiapkan rumus, rincian biaya, dan poin-poin penting dalam pemasangan iklan agar mudah menghitung biaya yang perlu dikeluarkan.
Setiap kata kunci mempunyai harga yang berbeda. Semakin bagus kata kuncinya maka biaya Google Ads tentu akan semakin mahal. Pemilihan kata kunci yang mempunyai tingkat volume pencarian yang tinggi dan berpotensi mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian Google memiliki harga yang tinggi dibandingkan kata kunci dengan persaingan rendah. Harga kata kunci di Google Ads ditentukan oleh beberapa faktor, berikut ini.
Semakin banyak pengiklan yang menawar kata kunci yang sama, semakin tinggi harganya. Hal ini terjadi karena terjadi "perang harga" untuk mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian Google. Contohnya, kata kunci "sepatu wanita" memiliki banyak pesaing, sehingga harganya mahal.
Kata kunci yang dicari banyak orang tau volumenya tinggi akan lebih mahal daripada kata kunci yang jarang dicari atau yang volumenya rendah. Hal ini karena kata kunci dengan volume tinggi memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Contohnya, kata kunci "sepatu wanita hak tinggi" memiliki volume pencarian yang lebih tinggi daripada "sepatu wanita hak tinggi warna merah", sehingga harganya lebih mahal.
Kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda akan lebih mahal daripada kata kunci yang tidak relevan. Hal ini karena Google ingin memastikan bahwa iklan yang ditampilkan relevan dengan pengguna. Contohnya, kata kunci "sepatu wanita hak tinggi warna merah" lebih relevan untuk toko sepatu wanita daripada "sepatu anak", sehingga harganya lebih mahal.
Pencocokan kata kunci yang lebih luas (misalnya, "sepatu") akan lebih murah daripada pencocokan kata kunci yang lebih spesifik (misalnya, "sepatu wanita hak tinggi"). Pencocokan kata kunci yang lebih luas memungkinkan iklan Anda ditampilkan untuk lebih banyak penelusuran, tetapi juga akan meningkatkan persaingan dan harga. Contohnya, kata kunci "sepatu" dengan pencocokan luas lebih murah daripada "sepatu wanita hak tinggi" dengan pencocokan frasa.
Kata kunci yang ditargetkan pada lokasi dengan populasi lebih besar dan daya beli lebih tinggi akan lebih mahal. Hal ini karena terdapat lebih banyak potensi pelanggan di lokasi tersebut. Contohnya, kata kunci "sepatu wanita hak tinggi" di Jakarta akan lebih mahal daripada di kota kecil.
Perhitungan biaya Google Ads dipengaruhi juga dari relevansi dan intensitas pencarian kata kunci. Semakin relevan kata kunci dengan produk atau layanan Anda, semakin tinggi potensinya untuk menarik target audiens yang tepat. Hal ini penting karena Anda ingin iklan dilihat oleh orang-orang yang benar-benar tertarik dengan apa yang ditawarkan. Google Ads menggunakan sistem Quality Score untuk menilai relevansi kata kunci Anda. Semakin tinggi Quality Score, semakin rendah biaya yang Anda bayarkan per klik.
Selain itu dari segi intensitas pencarian kata, semakin tinggi intensitas pencarian kata kunci, semakin banyak orang yang mencari kata kunci tersebut di Google. Hal ini berarti iklan Anda memiliki peluang lebih besar untuk dilihat oleh banyak orang. Namun, kata kunci dengan intensitas tinggi biasanya memiliki harga yang lebih mahal karena banyak pengiklan yang bersaing untuk mendapatkan posisi teratas.
UberSuggest adalah alat yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat volume pencarian kata kunci, tingkat persaingan, dan ide kata kunci lainnya. Untuk menggunakan UberSuggest, cukup masukkan kata kunci yang ingin Anda teliti dan klik tombol "Search". Pastikan Anda memilih filter Bahasa Indonesia untuk mendapatkan data yang akurat. UberSuggest akan menunjukkan kepada Anda volume pencarian kata kunci tersebut dalam kurun waktu tertentu, tingkat persaingan, dan ide kata kunci lainnya.
Sebagai contoh, Jika Anda memasukkan kata kunci "kopi susu", UberSuggest akan menunjukkan bahwa volume pencariannya adalah 14.800 per bulan. Ini berarti ada banyak orang yang mencari kopi susu di Google setiap bulannya. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memilih kata kunci yang tepat untuk kampanye Google Ads.
Biaya Google Ads juga bisa disiapkan dengan mengetahui biaya per klik dari kata kunci yang disarankan oleh Google. Untuk mengetahui biayanya Anda bisa menggunakan tools UberSuggest juga. Sebagai contoh, dari hasil kata kunci “kopi susu” di bagian kolom CPC akan keluar biayanya Rp 4.838,30.
Sampai pada tahapan di atas Anda belum bisa memastikan biaya Google Ads karena perlu melihat ekspektasi CTR atau Click Through Rate, yang merupakan perbandingan antara jumlah klik kata kunci tersebut terhadap jumlah tayangan iklan. Sebenarnya, rumus perhitungan ekspektasi CTR bebas karena CTR adalah harapan dari setiap pemasang iklan.
Sebagai contoh, iklan tayang sebanyak 100 kali dan ada 10 orang yang meng-klik iklan tersebut maka rumusnya klik dibagi tayangan dikali 100%. Jadi, 10 klik/100 tayangan dan hasilnya dikali 100 maka hasil ekspektasi CTR adalah 10%.
Saatnya menghitung biaya Google Ads dengan rumus perkiraan biaya iklan = volume pencarian bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR. Jika diaplikasikan pada data kata kunci kopi susu yang ada di atas maka perhitungannya adalah 14.800 x 4.838,30 x 10% = Rp 6.487.284. Hasil perhitungan tersebut adalah estimasi biaya Google Ads untuk kata kunci kopi susu selama periode 1 bulan. Sementara, estimasi biaya Google Ads untuk setiap harinya adalah Rp 216.242 / hari.
Baca juga:
Begini Cara Membuat Iklan di Google untuk Pemula
Cara menghitung biaya Google Ads di atas merupakan yang paling simple dan akurat dengan menggunakan UberSuggest. Jadi, untuk yang ingin menghitung biaya beriklan di Google bisa mencoba cara di atas.
Namun, bila dirasa masih kebingungan dalam menghitung biaya dan cara memasang iklan di Google Ads, tidak ada salahnya menggunakan jasa
Creata. Sebagai digital agency terkemuka di Indonesia, Creata telah berpengalaman dalam membuat iklan klien di Google. Baik dari segi perencanaan iklan, saran biaya Google Ads, sampai report performa iklan akan dilakukan oleh Creata. Anda cukup menyampaikan tujuan iklan dan anggaran yang dimiliki.
Untuk tahapan awal Anda bisa berkonsultasi secara gratis kepada tim Creata untuk menjelaskan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Nantinya Creata akan memilihkan layanan yang cocok untuk kebutuhan dan budget Anda. Selain dari biaya Google Ads yang bisa disesuaikan, harga layanan Creata pun demikian, bahkan harga layanan Creata paling terjangkau di kalangan dan dijamin tanpa ada biaya tambahan.
Apabila tertarik menggunakan jasa Creata, Anda bisa langsung hubungi mereka dengan cara klik
di sini. Sementara, jika ingin menambah wawasan seputar digital marketing atau Google Ads, Anda bisa membaca berbagai
Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id