Blog Layout

Begini Cara Mencari Kata Kunci Youtube untuk Pemula

Author : Rossa Putri
November 23, 2022

Apakah Anda sering membuat konten di Youtube, namun viewers tidak naik-naik? Bisa saja karena konten Anda belum menggunakan kata kunci yang bisa menggaet target pasar. Baik di Youtube maupun media sosial lainnya, dalam membuat konten perlu memasukan kata kunci yang sesuai dengan target pasar untuk mendapatkan trafik atau viewers tinggi. Untuk membuat konten tidak hanya memikirkan ide yang menarik, tetapi juga perlu menemukan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan dari target pasar sehingga viewers akan lebih cepat meningkat. 


Dengan Anda mengetahui cara mencari kata kunci Youtube maka video Youtube akan berpeluang berada di ranking teratas dengan viewers terus meningkat. Bagi Anda yang baru terjun ke dunia Youtube, mari ketahui cara mencari kata kunci Youtube yang tepat sasaran berikut ini.


Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Pasang Iklan di Youtube, Pebisnis Wajib Coba!


cara mencari kata kunci youtube


Memakai Youtube Autocomplete


Cara mencari kata kunci Youtube yang pertama dengan menggunakan bantuan dari Youtube Autocomplete atau Suggestion. Cara ini sebenarnya sering dilakukan untuk menemukan tontonan video yang akan dilihat. Anda bisa mengetik salah satu keyword yang diinginkan, seperti contohnya “tutorial makeup” pada kolom pencarian dan nantinya akan ada beberapa saran kata kunci yang bisa diikuti seperti “tutorial makeup untuk pemula” atau “tutorial makeup simpel”. Dari beberapa keyword yang bermunculan tersebut bisa Anda jadikan sebagai ide konten menarik untuk video selanjutnya yang akan dibuat.


Menonton Video dari Kompetitor


Untuk meningkatkan traffic pada Youtube, bisa dilakukan dengan cara menonton video dari kompetitor yang lainnya. Dari menonton video kompetitor juga dapat dijadikan sebagai cara mencari kata kunci Youtube karena terbilang ampuh dan mudah. Anda hanya perlu mengamati, memodifikasinya, dan kemudian membuat videonya.


Pastikan Anda menonton video dengan viewers yang cukup tinggi atau popular di Youtube. Untuk menemukan keywordnya Anda bisa melihatnya dari judul yang tertera atau deskripsinya. Dari situ Anda bisa meniru dan membuat konten yang lebih menarik lagi untuk mendapatkan banyak viewers.


Menggunakan Aplikasi atau Tools Bantuan


Cara mencari kata kunci Youtube yang mudah dan bisa Anda terapkan adalah menggunakan bantuan tools untuk menemukan keyword yang sesuai. Ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan, mulai dari KeywordTool.io, Word Tracker, hingga Google Trends yang bisa dimanfaatkan.


Melihat Tag Video Kompetitor


Selain itu, Anda juga dapat melihat tag dari video kompetitor yang lainnya untuk menemukan kata kunci yang tepat sehingga bisa meningkatkan viewers dari video konten yang dibuatnya. Cara terakhir ini bisa dibilang melakukan riset secara mendalam karena melihat tag dari videonya tersebut. Anda hanya perlu klik kanan pada area deskripsi, kemudian pilih “view page source – CTRL+F – ketik keyword”. Dari situ Anda bisa melihat keyword Youtube yang digunakan dan bisa memakainya untuk mengoptimasi konten yang akan dibuat.


Baca juga: Sebelum Digitalkan Bisnis, Kenali Dulu 5 Jenis Digital Marketing


Itulah sejumlah cara mencari kata kunci Youtube yang salah satunya bisa Anda terapkan untuk konten. Jika ingin mengetahui informasi seputar Youtube, silakan baca berbagai Cerita Creata.


Nah, untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu dalam mencari keyword maka bisa meminta bantuan kepada ahlinya, seperti Creata. Bagi yang belum tahu, Creata merupakan platform digital yang telah berdiri sejak tahun 2013 yang menawarkan beragam layanan untuk meningkatkan online presence bisnis, salah satunya adalah beriklan di Youtube. Anda bisa mengonsultasikan terlebih dahulu tujuan konten akun Youtube, kemudian Creata menganalisa target pasar dari konten tersebut dan mencarikan kata kunci yang tepat dan bisa meningkatkan viewers, bahkan trafik akun Youtube. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dan tanyakan lebih lanjut seputar layanan Creata dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: