Blog Layout

Sebelum Digitalkan Bisnis, Kenali Dulu 5 Jenis Digital Marketing

Author : Gladys Arivia
Mar 29, 2022

This is a subtitle for your new post


Sudah tidak menjadi hal yang baru dan asing lagi bahwa semua bisnis berlomba-lomba melakukan promosi dengan memanfaatkan digital marketing. Terlebih melakukan promosi dengan digital marketing akan lebih mudah dimonitor jika dibandingkan dengan menggunakan media konvensional.


Namun, apakah Anda tahu bahwa ada berbagai jenis digital marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan omset penjualan? Jika Anda masih bingung dengan berbagai istilah dan jenis digital marketing, serta strategi apa yang sesuai dengan tujuan marketing Anda, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.


Content Marketing 


jenis digital marketing content marketing


Pertama, mari kita berkenalan dengan content marketing. Ini adalah jenis digital marketing yang berfokus pada proses pembuatan dan pendistribusian konten kepada target audiens bisnis Anda. Tipe konten yang dibagikan biasanya memiliki nilai, relevan, dan menarik. Jika bisa membuat konten yang dibutuhkan dan sesuai audiens maka Anda dapat lebih mudah mendapatkan konsumen baru, terlebih jika di-posting secara konsisten. 


Video Marketing


jenis digital marketing video marketing

Video marketing sudah terbukti berperan besar dalam menjangkau calon konsumen yang berpotensi besar dan juga berdampak pada hasil campaign bisnis Anda. Menurut Google, jenis digital marketing, seperti video, sering kali memperoleh peringkat yang tinggi dan sekarang pun banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan hal tersebut. 


Akan tetapi, sebelum mulai merekam video, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis video seperti apa yang ingin dibuat. Ada beberapa jenis video yang bisa digunakan seperti video demo, event, edukasi, branding, dan lainnya.


Influencer Marketing


jenis digital marketing influencer marketing

Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan sesuai target pasar adalah dengan mengandalkan influencer marketing. Dengan bertambah banyaknya kemunculan influencer yang ada, mereka sudah memiliki reputasi sesuai dengan keahliannya. 


Untuk itu, Anda bisa memilih influencer dengan branding dan profile followers yang serupa dengan bisnis Anda. Menariknya, bisnis yang melakukan kerja sama dengan influencer memiliki kemampuan untuk menciptakan tren dan mendorong followers aktif mereka untuk membeli produk atau memakai jasa.


Social Media Marketing 


jenis digital marketing social media marketing


Selanjutnya, jenis digital marketing yang paling kerap kali digunakan adalah social media marketing. Melalui media sosial, Anda bisa menarik pembeli, berbagi informasi, dan bisa membangun relasi dengan konsumen.


Pilihlah platform media sosial yang sesuai dengan target market Anda. Misalnya saja, jika memiliki bisnis kuliner atau makanan, Anda bisa menggunakan platform media sosial yang berfokus pada visual, seperti Instagram atau Facebook. Sementara, jika bisnis menyasar kepada B2B, LinkedIn adalah platform yang sesuai. Melakukan promosi melalui media sosial bisa dilakukan secara gratis dengan cara organic atau dengan iklan berbayar yang bisa diatur sesuai dengan budget.


Search Engine Marketing 


jenis digital marketing search engine marketing


Search Engine Marketing atau biasa dikenal dengan SEM adalah jenis digital marketing yang dipakai untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Keuntungan dalam menggunakan SEM adalah memberikan kesempatan kepada website Anda untuk muncul di mesin pencari dengan iklan. 


Metode yang digunakan dapat berupa Pay Per Click (PPC), Paid search advertising, dan lainnya. Dengan menggunakan SEM, Google akan menaruh website Anda pada halaman teratas hasil pencarian.


Setelah mengetahui berbagai jenis digital marketing, Anda bisa menggabungkan beberapa strategi tersebut untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun, jika merasa bahwa menjalankan digital marketing adalah sesuatu yang sulit, Creata dapat membantu Anda! 


Sebagai digital agency terpercaya, Creata dapat mengoptimalkan website bisnis Anda melalui berbagai layanan digital marketing. Mulai dari adanya layanan SEM, SEO atau Search Engine Optimization untuk memudahkan web berada di halaman pertama hasil pencarian Google, hingga pengelolaan media sosial agar bisa meningkatkan engagement akun bisnis. Creata juga bisa membantu mempromosikan bisnis Anda di media sosial dengan menggunakan berbagai platform, seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan sebagainya dengan layanan Social Media Ads atau (SMA).


Creata juga melayani jasa pembuatan website untuk toko online dan company profile bagi Anda yang belum memiliki website. Menariknya lagi, Anda bisa request desain web sesuai keinginan. Hasil pengerjaan website pun relatif cepat dan pastinya berkualitas dengan dilengkapi berbagai fitur fungsional untuk menunjang bisnis Anda.


Soal harga, Creata menawarkan harga paket layanan yang affordable dan no hidden fee. Keren, kan? Mau tunggu apalagi? Digitalkan bisnis Anda bersama
Creata!


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: