Blog Layout

Biaya Pembuatan Website Tergantung pada Tingkatannya

Creata Indonesia
September 19, 2019

Biaya pembuatan website sangat beragam tergantung dengan kualitas website, penyedia jasa, dan juga tingkatannya. Website itu sendiri memiliki banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan oleh penyedia jasa sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan nantinya juga akan mempengaruhi harga dari pembuatan websitenya. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai tingkatan website dari tingkat satu hingga tingkat tiga dan apa saja yang membedakannya. Simak baik-baik ulasan di bawah ini.


Tingkatan dan Biaya Pembuatan Website


biaya pembuatan website sesuai tingkatan


Untuk mengetahui kisaran harga yang perlu dikeluarkan dalam pembuatan website, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai macam-macam tingkatan website, antara lain:


1. Website Tingkat Satu (Kelas Bawah)


Untuk website tingkat satu sebenarnya bisa dilakukan atau bisa dibuat oleh pemilik bisnis online karena tidak perlu melakukan banyak perubahan pada pengaturan website nya. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan input data, pengaturan dan integrasi website dilakukan sendiri oleh pemilik bisnis online. 


Untuk yang menggunakan jasa pembuatan website, biasanya biaya pembuatan website tingkat satu hanya berkisar di harga ratusan ribu. Penyedia jasa hanya menambahkan template yang berbayar atau hasil mereka sendiri ke dalam website bisnis online Anda.


2. Website Tingkat Dua (Kelas Menengah)


Nah, untuk website kategori tingkat dua atau menengah ini sudah termasuk ke dalam jasa pembuatan website yang sebenarnya. Dalam hal ini penyedia jasa benar-benar melakukan pekerjaan mereka dengan keahlian masing-masing dalam mengotak-atik CMS yang digunakan. Pada tingkat ini, biasanya penyedia jasa menggunakan CMS seperti WordPress, Magento, Joomla, PrestaShop dan lain sebagainya. 


Biaya pembuatan website juga tergantung dengan seberapa andal penyedia jasa dalam mengotak-atik CMS website. Dalam tingkat ini biasanya harga dimulai dari satu jutaan ke atas.


3. Website Tingkat Tiga (Kelas Atas)


Untuk membangun bisnis online yang besar, mungkin website tingkat tiga atau kategori website kelas atas ini bisa dijadikan pilihan. Meski biaya yang dikeluarkan tak sedikit yaitu sekitar puluhan hingga ratusan juta, namun website yang dihasilkan sangat berkualitas. Website hasil penyedia jasa tingkat tiga biasanya dibuat dari nol dengan desain khusus dan berbagai macam fitur atau fasilitas yang benar-benar sesuai dengan permintaan. Ciri-ciri website kelas atas, antara lain:


  • Dikerjakan oleh tim yang dipimpin manajer dengan anggota yang memiliki tugas dan peran masing-masing seperti designer, programmer (back end dan front end), tester dan lain sebagainya. 
  • Estimasi waktu pengerjaan cukup lama hingga berbulan-bulan
  • Biasanya memiliki server sendiri minimal VPS
  • Website merupakan hasil custom sendiri baik front end maupun back and programmer nya
  • Website sudah lengkap dengan company profile toko online hingga sistem informasi yang lengkap


Jenis dan Biaya Pembuatan Website


biaya pembuatan website sesuai jenis


Bahwasanya setiap kebutuhan menggunakan jenis website yang berbeda dengan biaya pembuatan website yang pun berbeda. Bila belum mengetahui apa saja jenis website dan kisaran biaya pembuatannya, berikut ini ini penjelasan lengkapnya.


1. Toko Online


Web toko online adalah jenis situs yang digunakan untuk berjualan secara online. Membuat toko online di era serba digital seperti sekarang sangatlah penting agar pelanggan bisa lebih mudah membeli atau mendapatkan produk Anda secara online. Biaya pembuatan website untuk jenis ini umumnya dibanderol puluhan juta. Memang biayanya terbilang tinggi karena fitur yang disisipkan kompleks dan lengkap, seperti ada live chat, shopping chart, beragam metode pembayaran, filter produk, hitungan otomatis untuk total belanja, pilihan ekspedisi, dan sebagainya.


2. Website Company Profile


Website company profile adalah jenis web yang kerap kali dijumpai karena biasanya digunakan oleh institusi, lembaga atau pemerintahan. Kesan yang diangkat dari web company profile adalah formal dan resmi. Biasanya, website ini digunakan untuk memberikan informasi resmi yang bisa meningkatkan kredibilitas di mata konsumen. Biaya pembuatan website company profile mulai dari 5 jutaan, tergantung dari fitur apa saja yang nantinya akan digunakan, jumlah halaman web yang dibutuhkan, dan desainnya.


3. Website Pribadi


Website pribadi umumnya sering digunakan untuk menjadi platform menulis berbagai hal, bisa dengan menyampaikan isi curahan hati, review suatu produk, makanan, atau tempat, dan bisa juga menyampaikan informasi kepada khalayak. Dari fungsinya memang website pribadi lebih sering disebut sebagai blog. Bila Anda merupakan seorang career professional, memiliki web pribadi merupakan hal penting. 


Biaya pembuatan website pribadi terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari 1 jutaan saja. Biayanya memang tergolong lebih terjangkau karena web pribadi tidak membutuhkan fitur-fitur kompleks.


Baca juga:
Biaya Pembuatan Website Tiap Jenisnya Beragam, Ini Kisarannya


Itulah beberapa tingkatan dan jenis website yang berpengaruh pada biaya pembuatan website itu sendiri. Apakah Anda sudah menentukan ingin membuat website dengan jenis dan tingkatan apa? Bila belum, pahami dulu kebutuhan dan tujuan Anda membuat web.


Apabila Anda masih kesulitan menentukan jenis dan tingkatan web apa yang diperlukan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan berkonsultasi, Anda akan lebih tepat dalam memilih jenis website sehingga nantinya bisa mencapai goals dan memudahkan dalam menyiapkan biaya pembuatan website.


Salah satu digital agency profesional yang mampu membuatkan berbagai jenis dan tingkatan web dengan harga yang cukup ekonomis adalah
Creata. Penyedia jasa ini memberikan fasilitas SEO friendly untuk memastikan bisnis online yang Anda jalankan akan dikenali oleh lebih banyak orang bahkan hingga ke seluruh dunia melalui peningkatan posisi di mesin pencari. Website hasil karya dari Creata memiliki desain yang bersifat progresif sehingga memungkinkan untuk diubah ke versi aplikasi android. 


Selain itu, website Creata juga bersifat responsive sehingga tampilannya dapat menyesuaikan dengan berbagai device. Creata juga memberikan fasilitas advanced CMS yang canggih dan sangat mudah untuk di customized oleh pemilik bisnis itu sendiri. Website Creata pun bisa selalu online 24 jam, fitur yang disisipkan lengkap sesuai kebutuhan, dan biaya pembuatan website terjangkau tanpa biaya tambahan. 


Creata pun telah berpengalaman dalam pembuatan berbagai website untuk berbagai bidang bisnis, mulai dari event, catering, resto, pendidikan, hotel, finance, sampai startup. Jadi, dijamin Creata bisa membuat website untuk kebutuhan apa pun, termasuk bidang bisnis Anda.


Selain tawarkan pembuatan website, Creata juga melayani redesign website, maintenance website, beriklan di Google dan media sosial, maintenance media sosial, dan pembuatan berbagai jenis aplikasi. Dengan layanan yang lengkap ini Anda bisa mengandalkan Creata untuk memenuhi semua kebutuhan digital bisnis.



Apabila ingin berkonsultasi terlebih dulu dengan Tim Creata untuk membahas layanan yang dibutuhkan dan budget yang dimiliki, Anda bisa klik di sini untuk langsung terhubung dengan mereka. Konsultasi dilakukan secara gratis dan praktis! Nah, bagi yang ingin mempelajari seputar website lebih lanjut, baik dari segi jenis, desain, konten, maupun fitur yang dibutuhkan, serta cara mendigitalkan bisnis, silakan membaca berbagai Cerita Creata. Andalkan Creata untuk segala kebutuhan digital bisnis Anda!

Bagikan Artikel Ini..

kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
ketahui sem artinya apa
By Author: Dina Nazhifah January 25, 2024
Anda yang ingin mulai memasarkan bisnis perlu mengetahui SEM artinya apa dan apa saja pengaruhnya di era digital seperti sekarang. Sebenarnya, SEM artinya apa? Untuk mengetahui SEM secara lengkap, dari SEM artinya apa, apa saja format SEM, hingga pengaruhnya di era digital, simak artikel ini selengkapnya.
Share by: