Blog Layout

Daftar Fitur Wajib yang Ada di Website Jualan Online

Author : Rossa Putri
Jan 19, 2023

Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat masyarakat dunia harus beradaptasi agar tidak ketinggalan zaman, termasuk para pebisnis yang harus beralih menjual produk secara online dengan menggunakan website. Saat ini pun website jualan online sedang marak atau ramai diperbincangkan karena dianggap lebih efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan website jualan online dapat memberikan keuntungan yang berlipat dibandingkan menjual produknya secara offline. Dengan adanya website dapat membantu Anda menyampaikan informasi yang ingin disampaikan di internet secara cepat kepada masyarakat, seperti informasi adanya potongan harga, produk terbaru, dan lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengikuti perkembangan teknologi selagi hal tersebut menguntungkan dan memberikan dampak yang positif untuk Anda. 


Baca juga: Tingkatkan Online Presence, Ini Segudang Keuntungan Bikin Website


Selain menguntungkan, menyisipkan beberapa fitur wajib berikut ini pada website jualan online Anda bisa menambah kepuasan dan kenyamanan pembeli. Sebelum membuat website jualan online, ketahui sejumlah fitur pentingnya berikut ini.


website jualan online


Customer Login


Memang fitur satu ini terlihat tidak terlalu digunakan pada website jualan online, namun customer login bermanfaat untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan konsumen Anda. Mulai dari pemesanan, tagihan pembelian hingga riwayat produk yang pernah dibeli sebelumnya. Dengan adanya fitur customer login juga dapat mempermudah Anda untuk mengetahui setiap informasi pribadi dari konsumen, seperti nomor telepon, alamat kediaman, email, dan lainnya.


Keranjang Belanjaan


Hal yang wajib ada dalam website jualan online adalah keranjang belanjaan. Tujuannya adalah agar memudahkan para pembeli untuk menyimpan setiap barang yang ingin dibelinya sebelum melakukan transaksi atau pembayaran.


Metode Pembayaran


Sudah dipastikan dalam website jualan online harus ada fitur pembayaran yang menawarkan berbagai macam metode pembayaran di dalamnya, seperti kartu debit, kartu kredit, dan metode pembayaran lainnya. Adanya beragam metode pembayaran dapat memudahkan konsumen Anda karena pada dasarnya setiap orang pastinya memiliki cara pembayaran yang berbeda-beda.


Halaman Promo


Siapa sih di sini yang tidak menginginkan promo? Tentu saja setiap orang akan menyukai hal yang berbau promo. Oleh karenanya penting untuk meletakkan fitur halaman promo pada website untuk menarik banyak pengunjung dengan memberikan produk diskon atau adanya bebas biaya ongkos kirim.


FAQ


Untuk yang belum tahu, FAQ atau frequently asked questions merupakan halaman yang sering digunakan para pemilik website untuk menampilkan berbagai macam jawaban yang sering ditanyakan pembeli, seperti cara pembayaran, cara pemesanan, cara merawat produk, dan lainnya. Nah, untuk meminimalisir terjadinya banyak pertanyaan yang sering dilontarkan para pembeli kepada penjual maka perlunya menyediakan fitur FAQ.


Live Chat


Live chat adalah fitur yang terbilang bermanfaat untuk mendekatkan para calon pembeli kepada penjual dengan berkomunikasi secara langsung terkait hal-hal yang ingin mereka ketahui. Kadang kala ada calon pembeli yang merasa kebingungan terkait produk yang ditawarkan atau adanya kerusakan pada produk tersebut.


Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan Paling Ampuh Lewat Website


Itulah sejumlah fitur penting yang ada di website jualan online pada umumnya. Jika menginginkan website jualan online beserta fitur-fitur di atas, Anda bisa mendapatkannya di Creata, yang tawarkan web builder yang memudahkan semua orang membuat berbagai jenis web profesional secara mudah tanpa ribet ngoding. Kalau tidak ingin membuat web sendiri, Creata pun hadirkan layanan pembuatan website sekaligus desain, maintenance, dan marketing sebagai paket lengkap. Anda cukup sampaikan goals dan dan kebutuhan website bisnis, nantinya Creata akan mewujudkannya sebaik mungkin. Klik di sini untuk konsultasikan segala kebutuhan web bisnis Anda. Sementara, bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar website jualan online, Anda bisa membaca Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: