Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang mana perusahaan bekerja sama dengan seorang influencer atau orang yang berpengaruh untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan. Influencer biasanya merupakan orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial dan mampu mempengaruhi pengikutnya dengan menyampaikan opini atau pendapat sehingga bisa mempengaruhi untuk membeli atau menggunakan suatu produk. Tak heran bila kini influencer marketing adalah inovasi pemasaran menarik yang banyak digunakan pebisnis di era digital sekarang.
Baca juga: Social Media Marketing adalah Cara Pemasaran Efektif dan Efisien
Influencer marketing tergolong ke dalam kategori native ads, di mana adanya pembayaran kepada salah satu orang untuk menampilkan konten dalam bentuk, kualitas, dan fungsi yang tidak kalah bagus sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dikarenakan influencer marketing adalah inovasi marketing saat ini, bagi pebisnis yang tertarik dengan jenis marketing satu ini ketahui dulu sederet manfaatnya berikut ini.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, influencer memiliki kepercayaan dan hubungan yang baik terhadap para pengikutnya sehingga barang atau jasa yang dipromosikan bisa lebih cepat untuk laku. Bila influencer merekomendasikan salah satu merek pada media sosialnya, sering kali membuat para pengikutnya percaya dan terdorong untuk mencari tahu lebih lanjut. Dari situlah nantinya penjualan bisa meningkat dan banyak dari para pengikutnya yang berkunjung ke website atau akun media sosial bisnis Anda.
Pastikan memilih influencer yang relevan dengan produk yang dijual sehingga bisa menjangkau target audience secara efektif dan produk yang ditawarkan juga bisa lebih cepat untuk laku. Perlu Anda ketahui bahwa setiap influencer memiliki brandingnya tersendiri, contohnya memiliki produk kecantikan yang akan dijual maka bisa menggandeng influencer yang sering membuat konten terkait produk kecantikan, biasanya influencer yang terkenal adalah Tasya Farasya dan Rachel Goddard. Memang influencer marketing adalah cara yang ampuh untuk mengenalkan brand, namun pastikan mereka relevan dengan produk yang ditawarkan.
Apabila Anda adalah para pebisnis pemula, bisa meminta bantuan para influencer untuk memasarkannya dan membantu meningkatkan brand awareness. Influencer marketing adalah metode yang sering digunakan para pengusaha untuk meningkatkan reach dan juga kesadaran merek terhadap para pengikutnya sehingga akun media sosial bisa lebih diketahui, dikenal, dan dibeli oleh masyarakat luas.
Dengan bantuan influencer juga dapat membuat masyarakat lebih percaya dan yakin terhadap produk yang Anda jual sehingga bisa meningkatkan kredibilitas pada merek yang sudah mereka promosikan pada media sosial.
Baca juga: Contoh Viral Marketing dan Cara Memaksimalkannya
Itulah manfaat yang didapat jika menggunakan jasa influencer untuk memasarkan bisnis Anda. Perlu Anda ketahui juga, memasarkan brand tidak hanya melalui influencer, namun masih ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan iklan di media sosial, seperti FB ads, Instagram ads, atau Youtube ads, metode SEO dengan membuat konten sesuai kata kunci tertentu sehingga web bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari, hingga SEM untuk beriklan di Google. Untuk mengetahui lebih jelas seputar ketiga cara pemasaran tersebut, Anda bisa membaca berbagai Cerita Creata.
Anda bisa menggunakan jasa Creata untuk ketiga jenis pemasaran digital tersebut. Sebagai platform digital profesional, Creata menawarkan layanan Creata Expert Solution yang terdiri dari Starter Solution untuk pembuatan berbagai jenis website, serta Growth Solution untuk SEO, SEM, dan Meta Ads. Tak perlu khawatir soal kualitas kerjanya karena Creata telah berdiri sejak tahun 2013 dan telah melayani berbagai bidang bisnis dalam pembuatan website canggih, serta pemasaran dengan hasil optimal. Untuk Anda yang tertarik dengan Creata dan memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa segera klik di sini agar langsung terhubung dengan tim Creata.
All Rights Reserved | Creata.id