Blog Layout

Social Media Marketing adalah Cara Pemasaran Efektif dan Efisien

Author : Rossa Putri
September 30, 2022

Saat ini, sudah terdapat berbagai cara untuk memasarkan produk yang dijual, salah satunya adalah social media marketing. Buat yang belum tahu, social media marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan di platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dan masih lainnya. Bagaimana cara memasarkannya? Anda hanya perlu membuat konten yang menarik untuk memikat pengguna untuk mengunjungi dan melihat produk yang dijual.


Tujuan dari social media marketing adalah membantu pembeli untuk mengenal brand, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pembeli. Jadi, sosial media tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa social media marketing adalah cara pemasaran yang efektif saat ini, untuk itu kenali lebih lanjut dengan simak artikel ini selengkapnya.


Baca juga : FB Ads adalah Solusi Beriklan yang Efektif di Era Digital


social media marketing adalah cara pemasangan efektif


Pentingnya Social Media Marketing


Untuk mengenalkan bisnis dengan cepat kepada khalayak umum, social media marketing adalah jawaban yang efektif dan efisien. Sebab, pengaruh sosial media untuk menyebarluaskan informasi sangat besar dan ampuh. Berikut ini sejumlah alasan pentingnya social media marketing untuk bisnis di era digital seperti sekarang.


1. Meningkatnya Brand Awareness


Untuk mempromosikan suatu bisnis tentu yang utama adalah meningkatkan brand awareness agar calon pelanggan dapat mengingat bisnis Anda hanya dengan melihat logo atau gambar produknya saja.


2. Mengetahui Strategi Pesaing


Dengan adanya social media tentu akan lebih untuk Anda mendapatkan informasi yang diinginkan. Maka dari itu, mengetahui strategi dari pesaing bukanlah hal yang sulit dilakukan saat ini.


3. Meningkatnya User Engagement


Semakin banyak calon pelanggan yang mengetahui produk Anda maka akan ada pengaruh yang bisa didapatkan. Anda bisa semakin sering mengunggah konten agar memicu munculnya interaksi dengan calon pelanggan dan hal tersebut bisa meningkatkan user engagement.


Strategi Social Media Marketing


Melakukan social media marketing adalah hal penting dan harus Anda terapkan agar bisnis lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Simak beberapa strateginya berikut ini.


1. Riset Media Sosial


Sebelum Anda memulai melakukan pemasaran, diperlukannya untuk melakukan riset dan audit evaluasi media sosial ketika ingin membuat suatu konten agar menarik pelanggan. Anda bisa memanfaatkan tren yang sedang naik pada sosial media tersebut agar calon pelanggan tertarik untuk mendatangi akun media sosial tersebut. 


2. Gunakan Metrik Social Media Marketing


Usai mendapatkan riset yang valid, kemudian Anda bisa menentukan metrik media sosial. Nah, metrics social media marketing adalah suatu data yang dimanfaatkan untuk mengukur atau menentukan kesuksesan tujuan yang sudah Anda buat dalam upaya marketing.


3. Kenali Target Market


Ketika Anda ingin berbisnis hal utama yang harus diketahui adalah target market untuk dijadikan sebagai tolak ukur pada produk yang ditawarkan. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan keinginan calon pelanggan untuk diunggah di media sosial. 


4. Konten Menarik


Usahakan Anda membuat konten yang menarik, seperti menggunakan tulisan yang mudah dibaca namun tetap cantik, pilihan warna yang senada, gambar yang menarik, dan informasi yang bermanfaat. Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan.


5. Bekerja Sama dengan Influencer


Strategi satu ini memang membutuhkan modal di awal untuk membayar influencer tersebut. Akan tetapi, memiliki pengaruh yang cukup untuk memasarkan bisnis Anda. Sebab, biasanya influencer memiliki pengikut dalam jumlah yang banyak dan bisa mempengaruhi pengikutnya untuk membeli produk Anda.


Itulah sederet penjelasan terkait social media marketing. Untuk Anda yang masih merasa kesulitan dalam mengikuti beberapa tahapan di atas, bisa mengandalkan Creata. Sebagai digital agency yang berpengalaman, Creata akan membantu mengiklankan bisnis Anda dengan baik di sosial media sesuai dengan yang diinginkan.



Bagi Anda yang memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa menanyakan secara langsung kepada tim Creata dengan cara klik di sini. Creata akan memberikan layanan yang cocok pada kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Sementara, bagi Anda yang ingin mempelajari digital marketing atau pemasaran di media sosial, bisa membacanya di Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: