Blog Layout

Kesalahan Konsep Digital Marketing yang Paling Sering Ditemukan

Author : Gladys Arivia
March 27, 2022

Untuk meningkatkan penjualan, tentu alangkah lebih baik jika Anda sebagai pebisnis terus adaptif dan mengikuti perkembangan. Namun, sebagian besar orang ataupun mungkin juga Anda yang baru saja mengenal dunia digital marketing, pastinya akan bingung apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan.


Kesalahan-kesalahan dalam konsep digital marketing tentunya secara tidak langsung dapat mengganggu tujuan dan kesuksesan bisnis. Hal ini akan menghalangi Anda untuk melakukan penjualan, bahkan menjangkau target pasar.


Supaya tidak salah dalam menjalankan digital marketing, artikel ini sudah merangkum beberapa kesalahan umum pada konsep digital marketing yang sebaiknya Anda hindari.


Tidak Menyusun Tujuan Marketing


konsep digital marketing dengan menyusun tujuannya


Kesalahan konsep digital marketing yang paling mendasar dan sering kali diremehkan adalah tidak memiliki tujuan marketing jangka pendek dan jangka panjang yang jelas, serta realistis. Jika Anda tidak memiliki goals yang spesifik maka strategi apa pun yang dilakukan akan sangat sulit untuk membuahkan hasil.


Anda bisa memulai dengan membuat catatan tentang apa yang bisnis Anda sasar dan
goals dari strategi yang ingin dibuat. Dengan memiliki ekspektasi yang tepat, ini akan memudahkan Anda untuk terus fokus dalam membuat strategi digital marketing yang efektif. Beberapa contoh goals digital marketing dapat berupa meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic website atau media sosial, atau meningkatkan brand awareness.


Tidak Memperhatikan
Storytelling dan Copywriting


kesalahan konsep digital marketing dengan tidak memperatikan copywriting


Digital marketing sangat erat berkaitan dengan konten, untuk itu jika Anda tidak memperhatikan bentuk storytelling dan copywriting yang baik maka itu adalah pemahaman konsep digital marketing yang salah. Baik konten video, tulisan, maupun desain, peran copywriting yang efektif dan tepat sasaran sangat diperlukan agar pesan yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen yang sudah Anda targetkan. 


Selain itu, konten yang Anda bagikan harus mampu memberikan kesan yang baik dan dapat mengedukasi calon konsumen agar dapat dengan mudah disadari. Untuk itu, Anda tidak bisa mengabaikan dua hal tersebut.


Digital Marketing Dianggap Memakan Banyak Biaya 


kesalahan konsep digital marketing dianggap makan biaya


Banyak pemilik bisnis dalam skala kecil dan besar menganggap bahwa digital marketing memiliki biaya yang mahal. Namun tentu saja konsep digital marketing tersebut tidaklah tepat. 


Kenyataannya, banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas digital marketing yang terjangkau. Bahkan, lebih terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan media konvensional, seperti koran, radio, atau billboard.


Menggunakan Clickbait yang Ekstrim


kesalahan konsep digital marketing menggunakan clickbait


Kesalahan konsep digital marketing selanjutnya adalah penggunaan clickbait yang berlebihan dan ekstrim saat membuat konten. Clickbait sendiri adalah judul konten yang dapat memancing audiens untuk mengklik konten tersebut.


Namun, jika digunakan secara berlebihan dan isi konten tersebut tidak sesuai dengan apa yang ada di judul maka hal seperti ini dapat merusak reputasi dan kredibilitas bisnis. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda membuat konten yang informatif, namun tetap menarik bagi audiens.


Tidak Mengoptimalkan Website 


kesalahan konsep digital marketing tidak mengoptimalkan website


Memiliki website yang baik adalah sebuah hal yang krusial dalam setiap kegiatan bisnis. Jika mengharapkan calon konsumen akan menemukan website Anda bahkan membeli produk di website maka memiliki tampilan yang menarik dan profesional, serta mempromosikannya adalah hal yang utama. 


Untuk meningkatkan traffic, Anda perlu berinvestasi dalam pembuatan konten yang berkualitas. Kemudian, jangan lupa juga menggunakan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).


Jika tidak mengetahui cara menerapkan konsep digital marketing yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa digital agency terpercaya, seperti Creata. Creata memiliki tim profesional yang sudah lama berkecimpung dalam dunia digital marketing. 


Digital agency ini memiliki layanan digital marketing yang bisa menjadi pilihan Anda. Ada layanan SEO, SEM, social media ads, dan ada pula layanan untuk mengelola media sosial agar akun bisnis Anda bisa selalu up to date.


Selain itu, Jika Anda ingin memiliki website dengan desain yang menarik, profesional, responsif, mobile friendly, dan SEO friendly, Creata bisa mewujudkannya! Karena Creata memiliki layanan pembuatan berbagai jenis website dengan dilengkapi berbagai fitur fungsional. 


Mau coba mengembangkan bisnis di dunia digital? Langsung hubungi
Creata sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: