Blog Layout

Gak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

Author : Gladys Arivia
Mar 26, 2022


Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga riset Nielsen pada tahun 2019, sekitar 95 persen masyarakat Indonesia lebih menyukai makanan siap santap. Dari angka itu, 58 persen di antaranya memesan menggunakan lewat aplikasi pesan antar. Data tersebut menunjukkan betapa banyaknya masyarakat yang memanfaatkan perangkat digital untuk makanan.


Dari data tersebut, Anda sebagai pebisnis kuliner mungkin menyadari bahwa memang untuk mendapatkan konsumen di Indonesia sangatlah besar. Meski demikian, dengan kemajuan teknologi yang serba digital, tentunya persaingannya juga semakin ketat. 


Di sinilah digital marketing dibutuhkan. Karena tanpa impresi positif calon konsumen, Anda akan dilewati begitu saja. 


Berikut ini terdapat beberapa manfaat digital marketing yang dapat membantu mengembangkan bisnis kuliner Anda. Bagi pebisnis kuliner baru, simak informasi selengkapnya berikut ini.


Lebih Murah daripada Marketing Konvensional


manfaat digital marketing lebih murah


Manfaat digital marketing yang pertama adalah harga yang Anda keluarkan bisa lebih murah jika dibandingkan dengan memakai cara-cara konvensional, seperti brosur, baliho, atau iklan di radio dan televisi. 


Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Facebook Ads sebagai media pemasaran biayanya bisa dimulai dari hanya Rp10 saja untuk menjangkau 1 orang calon audiens dan Rp10.000 untuk satu hari. Selain itu, untuk meningkatkan engagement, Anda bisa mengunggah beragam konten, seperti video makanan ataupun minuman yang dapat menggugah selera calon konsumen. Tapi, jika Anda menggunakan iklan billboard atau di TV, biaya yang harus dikeluarkan bisa berkisar puluhan juta hingga ratusan juta. Jauh banget, kan?


Resto Mudah Ditemukan


manfaat digital marketing memudahkan menemukan bisnis


Terkadang beberapa restoran berada di lokasi yang kurang strategis, mungkin bisnis Anda juga memiliki kendala yang sama. Di sinilah manfaat digital marketing bisa menjadi solusi. 


Sekarang, dengan Google Maps lokasi bukan lagi menjadi masalah. Anda bisa mencantumkan alamat dan lokasi yang akurat di Google Maps. Selain itu, Google juga memiliki fitur local search. Dengan fitur ini, Google dapat memberikan informasi yang relevan kepada pengguna di wilayah sekitar restoran Anda. Dengan begitu, pengguna internet sekaligus yang berada di area sekitar restoran Anda juga bisa mengetahuinya.


Lebih Terukur 


manfaat digital marketing iklan lebih terukur

Selanjutnya, manfaat digital marketing dapat dilihat dari bagaimana bisnis Anda bisa diukur dengan angka-angka key performance indicator (KPI). KPI adalah indikator yang bisa melihat apakah target-target yang sudah direncanakan sudah tercapai atau belum. 


KPI jika dilihat lebih dalam dapat terlihat dari cost per view, cost per click, bahkan cost per conversion dari budget yang Anda keluarkan. Dengan adanya KPI, manfaat digital marketing pun dapat dirasakan karena
budget benar-benar ada di dalam kontrol Anda.


Calon Konsumen Dapat Mengetahui Informasi Bisnis


manfaat digital marketing memudahkan konsumen menemukan info bisnis


Selain alamat dan nama bisnis kuliner, Anda juga perlu memberikan informasi seputar testimonial, daftar harga, menu, ambience restoran, dan berita terbaru seputar bisnis Anda seperti promo terbaru. 


Hal itu bisa dilakukan dengan memasukkan bisnis Anda di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan sebagainya. Juga, bisa dilakukan di platform review makanan, salah satunya seperti Pergikuliner dan Zomato. 


Apakah setelah membaca manfaat digital marketing, Anda semakin tertarik menggunakan digital marketing untuk bisnis? Jika iya, Anda bisa menggunakan jasa Creata.


Sebagai digital agency profesional dan berpengalaman, Creata sudah ahli dalam menangani beragam masalah digital marketing di berbagai bidang bisnis. Ada layanan SMA atau Social Media Ads untuk memasang iklan di media sosial, SEO agar halaman web Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari, dan juga SEM untuk memasang iklan di Google.


Jika bingung menentukan layanannya, Anda bisa berkonsultasi secara gratis terlebih dahulu bersama Creata. Kemudian, Creata pun akan memilihkan layanan apa yang sesuai dengan goals dan bisnis Anda. 


Jangan khawatir dengan kualitas iklan Creata karena digital agency ini dapat membuat iklan yang menarik, tampil profesional, dan pastinya tepat sasaran. Alhasil, omzet bisnis pun akan terus meningkat!


Untuk harga, tak perlu khawatir karena semua harga paket layanannya ramah di kantong. Jangan sampai kalah dari kompetitor, langsung hubungi
Creata dan tingkatkan omzet bisnis Anda!


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: