Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online di era digital seperti sekarang adalah dengan pasang iklan di Google Ads. Anda sebagai pebisnis online perlu mempelajari bagaimana cara pasang iklan di Google Ads agar berhasil menarik banyak pelanggan.
Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, 98% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang diinginkan melalui internet. Besarnya jangkauan pasar yang dimiliki Google membuatnya menjadi salah satu tempat beriklan yang efektif untuk bisnis. Dengan menggunakan platform periklanan Google Ads maka Anda bisa memasang iklan di Google.
Pada tahun 2018, Google mengubah nama platform iklan, dari Google AdWords kini menjadi Google Ads. Namun, dari cara penggunaannya masih sama, yang berubah hanyalah tampilan dan beberapa fiturnya. Bagi pebisnis online yang ingin mencoba pasang iklan di Google Ads mari merapat dan simak artikel ini sampai akhir ya!
Buat Akun Google Ads
Sebelum pasang iklan di Google Ads, pastikan sudah memiliki akunnya terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun Google Ads, buka websitenya dan ikuti proses pembuatan akun. Anda pun bisa log in ke akun Google yang telah dimiliki.
Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih goal iklan. Jika baru pertama kali pasang iklan di Google Ads, biasanya Google akan langsung mengarahkan untuk membuat iklan Smart Campaign, yang mana Google akan mengatur secara otomatis iklan tersebut dengan bantuan machine learning. Namun, bila Anda menginginkan kendali penuh terhadap iklan yang dipasang, disarankan pindah ke Expert Mode dengan mengklik ‘Switch to Expert Mode’.
Tentukan Tujuan Iklan
Untuk pasang iklan di Google Ads, Anda perlu menentukan tujuan dari pemasangan tersebut. Sebab, iklan tersebut nantinya akan diatur untuk membantu mencapai goal yang dipilih. Terdapat sejumlah pilihan goals di Google Ads, yakni sebagai berikut.
Pilih Jenis Tampilan Iklan
Setiap goal iklan memiliki jenis dan bentuk tampilan yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut.
Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan
Anda perlu melengkapi pengaturan dasar iklan yang akan dibuat dengan melengkapi pengaturan dasar iklan. Mulai dari jenisnya, namanya, hingga pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.
Tentukan Durasi Iklan
Dalam pasang iklan di Google Ads Anda perlu menentukan durasinya. Buka pengaturan dengan mengklik ‘Show More Settings’. Lalu, tentukan berapa lama iklan tersebut ditayangkan di Google. Tentukan dengan memasukan tanggal mulainya dan selesainya iklan. Lalu, atur URL Campaign, Dynamic Search Ads, dan juga jadwal penayangan iklan pada kolom yang tersedia.
Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa
Saat pasang iklan di Google, Anda perlu memilih jangkauan lokasi dan bahasa penayangannya. Anda bisa mempersempit jangkauan lokasi sampai ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau agar mendapatkan pelanggan yang lebih spesifik.
Tentukan Target Audiens
Anda bisa menentukan sendiri audiens yang sesuai dengan target pasar agar iklan bisa tampil lebih spesifik. Tentukan target audiens dari segi usia, demografi, hingga interest.
Atur Anggaran Harian Iklan
Tentukan berapa banyak uang yang bisa dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap harinya. Agar pasang iklan di Google Ads bisa efektif, sebaiknya atur budget yang akan digunakan untuk iklan.
Google mempunyai fitur batas budget yang akan otomatis menghentikan iklan setelah batasan biaya tercapai. Untuk pemasangan pertama kali, Anda bisa memilih budget terendah terlebih dahulu. Lalu, secara perlahan bisa mulai mengukur kesuksesan iklan dan coba meningkatkan budget.
Tentukan Bidding untuk Iklan
Bidding merupakan biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (bila fokus pada klik). Untuk bidding, Anda bisa mengatur pada konversi, klik, atau impression iklan.
Atur Keyword untuk Iklan
Lakukan pengaturan keyword di Ad Group. Satu iklan bisa terisi sejumlah Ad Group. Anda bisa membuat satu atau lebih Ad Group di setiap iklan yang dibentuk. Bila membuat lebih dari satu Ad Group, namai tiap Ad Group pada kolom yang tersedia untuk memudahkan Anda mengetahui iklan mana yang memiliki performa bagus. Lalu, masukkan keyword yang memiliki relevansi dengan iklan yang dibuat. Tujuannya, agar saat orang mengetikan keyword tersebut di Google maka nantinya akan keluar iklan Anda di hasil pencarian mereka. Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni sebagai berikut.
Membuat Copy Iklan
Agar pasang iklan di Google Ads menarik pelanggan, Anda perlu membuat bentuk tampilan yang menarik. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar bisa memuat seluruh teks iklan di hasil pencarian. Supaya iklan menarik, buatlah kalimat yang sederhana dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklan tersebut.
Lakukan Review
Setelah selesai mengatur iklan, Anda akan diarahkan pada halaman review sebelum nantinya iklan tersebut dipasang. Pada halaman tersebut akan terlihat detail iklan yang sudah dibuat dan anggaran yang dibutuhkan. Bila masih perlu melakukan revisi, lakukan dahulu sebelum iklan dipasang.
Lengkapi Detail Pembayaran
Lengkapi detail pembayaran dengan mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti billing country, timezone, customer info, metode pembayaran, dan lainnya. Pembayaran bisa dilakukan secara manual dan otomatis.
Untuk pembayaran manual, bisa dilakukan debit dengan transfer melalui GoPay, mobile banking atau ATM. Sementara, untuk pembayaran otomatis wajib memiliki kartu kredit. Jika sudah terisi semua, centang persetujuan bertuliskan “I agree to the Google Ads terms and conditions” dan klik tombol ‘Submit’.
Lalu, Anda akan diarahkan pada detail pembayaran. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pasang iklan di Google akan selesai dan iklan akan tayang bila telah disetujui.
Demikianlah panduan cara pasang iklan di Google Ads. Setelah mempelajari tutorial pasang iklan di Google Ads, sekarang saatnya menerapkannya untuk mengembangkan bisnis Anda!
Jika dirasa tutorial pasang iklan di Google Ads di atas masih membingungkan atau terasa merepotkan karena banyaknya step, tidak ada salahnya menggunakan bantuan jasa digital agency
Creata untuk hal ini. Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang telah berpengalaman dalam membantu berbagai bidang bisnis untuk beriklan di Google sehingga tak perlu khawatir dengan kualitas kerjanya. Ini dikarenakan semua anggota tim Creata telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan khusus terkait Google Ads. Untuk mengetahui performa iklan, setiap bulannya Anda juga akan mendapatkan laporan berkala mengenai iklan yang dipasang.
Untuk harga layanannya pun terbilang terjangkau dibanding agency lainnya. Bahkan, Creata menjamin tidak ada biaya tambahan. Jika ingin mengenal Creata lebih lanjut atau mau konsultasi terlebih dahulu terkait goal iklan, Anda bisa langsung klik di sini untuk terhubung dengan mereka. Sementara, jika ingin mempelajari seputar digital marketing, baca Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id