Blog Layout

Panduan Lengkap Cara Pasang Iklan di Google Ads

Author: Dina Nazhifah
July 24, 2022

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online di era digital seperti sekarang adalah dengan pasang iklan di Google Ads. Anda sebagai pebisnis online perlu mempelajari bagaimana cara pasang iklan di Google Ads agar berhasil menarik banyak pelanggan.


Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, 98% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang diinginkan melalui internet. Besarnya jangkauan pasar yang dimiliki Google membuatnya menjadi salah satu tempat beriklan yang efektif untuk bisnis. Dengan menggunakan platform periklanan Google Ads maka Anda bisa memasang iklan di Google. 


Pada tahun 2018, Google mengubah nama platform iklan, dari Google AdWords kini menjadi Google Ads. Namun, dari cara penggunaannya masih sama, yang berubah hanyalah tampilan dan beberapa fiturnya. Bagi pebisnis online yang ingin mencoba pasang iklan di Google Ads mari merapat dan simak artikel ini sampai akhir ya!



cara pasang iklan di google ads


Buat Akun Google Ads


Sebelum pasang iklan di Google Ads, pastikan sudah memiliki akunnya terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun Google Ads, buka websitenya dan ikuti proses pembuatan akun. Anda pun bisa log in ke akun Google yang telah dimiliki.


Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih goal iklan. Jika baru pertama kali pasang iklan di Google Ads, biasanya Google akan langsung mengarahkan untuk membuat iklan Smart Campaign, yang mana Google akan mengatur secara otomatis iklan tersebut dengan bantuan machine learning. Namun, bila Anda menginginkan kendali penuh terhadap iklan yang dipasang, disarankan pindah ke Expert Mode dengan mengklik ‘Switch to Expert Mode’.


Tentukan Tujuan Iklan


Untuk pasang iklan di Google Ads, Anda perlu menentukan tujuan dari pemasangan tersebut. Sebab, iklan tersebut nantinya akan diatur untuk membantu mencapai goal yang dipilih. Terdapat sejumlah pilihan goals di Google Ads, yakni sebagai berikut.


  1. Sales:  Menjual produk secara offline atau online.
  2. Leads: Mendapat leads dan konversi dengan mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan.
  3. Website traffic: Memperoleh trafik ke website.
  4. Product and brand consideration: Mendorong pelanggan mengenali bisnis Anda.
  5. Brand awareness and reach: Meraih audiens secara meluas dan membangun awareness.
  6. App promotion: Mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
  7. Local store visits and promotion: Meningkatkan kunjungan untuk toko fisik.


Pilih Jenis Tampilan Iklan


Setiap goal iklan memiliki jenis dan bentuk tampilan yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut.


  1. Search campaign, iklan yang muncul ketika user melakukan pencarian dengan keyword tertentu. Tampilannya berupa judul iklan yang mengarah ke website tujuan, deskripsi singkat mengenai bisnis, dan informasi kontak.
  2. Display campaign, iklan yang berupa teks dan gambar yang muncul di website partner Google. Iklan akan mengarahkan user ke website tujuan. Untuk ukuran iklan display berbeda-beda, tergantung dari tempat iklan terpasang.
  3. Shopping campaign, iklan yang menampilkan informasi produk dalam bentuk katalog. Tampilannya berisi informasi produk, gambar, harga, dan link yang menuju website tujuan agar pelanggan bisa langsung berbelanja dari web tersebut.
  4. Video campaign, iklan berupa video yang biasanya muncul di website partner Google atau ketika mengakses video di Youtube. Durasi videonya singkat biasanya hanya 5-15 detik saja.
  5. App campaign, iklan untuk mempromosikan aplikasi. Tampilannya berupa teks atau gambar dengan button yang langsung mengarahkan user ke Play Store atau App Store.
  6. Local campaign, iklan untuk membantu mempromosikan toko fisik. Iklan akan tampil di pencarian, Youtube, Maps, dan website partner Google.


Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan


Anda perlu melengkapi pengaturan dasar iklan yang akan dibuat dengan melengkapi pengaturan dasar iklan. Mulai dari jenisnya, namanya, hingga pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.


Tentukan Durasi Iklan


Dalam pasang iklan di Google Ads Anda perlu menentukan durasinya. Buka pengaturan dengan mengklik ‘Show More Settings’. Lalu, tentukan berapa lama iklan tersebut ditayangkan di Google. Tentukan dengan memasukan tanggal mulainya dan selesainya iklan. Lalu, atur URL Campaign, Dynamic Search Ads, dan juga jadwal penayangan iklan pada kolom yang tersedia.


Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa


Saat pasang iklan di Google, Anda perlu memilih jangkauan lokasi dan bahasa penayangannya. Anda bisa mempersempit jangkauan lokasi sampai ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau agar mendapatkan pelanggan yang lebih spesifik.


Tentukan Target Audiens


Anda bisa menentukan sendiri audiens yang sesuai dengan target pasar agar iklan bisa tampil lebih spesifik. Tentukan target audiens dari segi usia, demografi, hingga interest.


Atur Anggaran Harian Iklan


Tentukan berapa banyak uang yang bisa dihabiskan Google untuk penempatan iklan tersebut setiap harinya. Agar pasang iklan di Google Ads bisa efektif, sebaiknya atur budget yang akan digunakan untuk iklan. 


Google mempunyai fitur batas budget yang akan otomatis menghentikan iklan setelah batasan biaya tercapai. Untuk pemasangan pertama kali, Anda bisa memilih budget terendah terlebih dahulu. Lalu, secara perlahan bisa mulai mengukur kesuksesan iklan dan coba meningkatkan budget.


Tentukan Bidding untuk Iklan


Bidding merupakan biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap tujuan iklan atau harga sekali klik iklan (bila fokus pada klik). Untuk bidding, Anda bisa mengatur pada konversi, klik, atau impression iklan. 


Atur Keyword untuk Iklan


Lakukan pengaturan keyword di Ad Group. Satu iklan bisa terisi sejumlah Ad Group. Anda bisa membuat satu atau lebih Ad Group di setiap iklan yang dibentuk. Bila membuat lebih dari satu Ad Group, namai tiap Ad Group pada kolom yang tersedia untuk memudahkan Anda mengetahui iklan mana yang memiliki performa bagus. Lalu, masukkan keyword yang memiliki relevansi dengan iklan yang dibuat. Tujuannya, agar saat orang mengetikan keyword tersebut di Google maka nantinya akan keluar iklan Anda di hasil pencarian mereka. Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni sebagai berikut.


  1. Broad match, berisi semua kata dalam urutan apa pun dan bisa menyertakan kata lain.
  2. Phrase match, berisi semua kata dalam urutan dan bisa mencakup kata lain sebelum atau sesudah frasa.
  3. Exact match, hanya berisi kata-kata ini dengan urutan ini.


Membuat Copy Iklan


Agar pasang iklan di Google Ads menarik pelanggan, Anda perlu membuat bentuk tampilan yang menarik. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar bisa memuat seluruh teks iklan di hasil pencarian. Supaya iklan menarik, buatlah kalimat yang sederhana dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklan tersebut.


Lakukan Review


Setelah selesai mengatur iklan, Anda akan diarahkan pada halaman review sebelum nantinya iklan tersebut dipasang. Pada halaman tersebut akan terlihat detail iklan yang sudah dibuat dan anggaran yang dibutuhkan. Bila masih perlu melakukan revisi, lakukan dahulu sebelum iklan dipasang.


Lengkapi Detail Pembayaran


Lengkapi detail pembayaran dengan mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti billing country, timezone, customer info, metode pembayaran, dan lainnya. Pembayaran bisa dilakukan secara manual dan otomatis.


Untuk pembayaran manual, bisa dilakukan debit dengan transfer melalui GoPay, mobile banking atau ATM. Sementara, untuk pembayaran otomatis wajib memiliki kartu kredit. Jika sudah terisi semua, centang persetujuan bertuliskan “I agree to the Google Ads terms and conditions” dan klik tombol ‘Submit’.


Lalu, Anda akan diarahkan pada detail pembayaran. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pasang iklan di Google akan selesai dan iklan akan tayang bila telah disetujui.


Demikianlah panduan cara pasang iklan di Google Ads. Setelah mempelajari tutorial pasang iklan di Google Ads, sekarang saatnya menerapkannya untuk mengembangkan bisnis Anda!


Jika dirasa tutorial pasang iklan di Google Ads di atas masih membingungkan atau terasa merepotkan karena banyaknya step, tidak ada salahnya menggunakan bantuan jasa digital agency
Creata untuk hal ini. Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang telah berpengalaman dalam membantu berbagai bidang bisnis untuk beriklan di Google sehingga tak perlu khawatir dengan kualitas kerjanya. Ini dikarenakan semua anggota tim Creata telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan khusus terkait Google Ads. Untuk mengetahui performa iklan, setiap bulannya Anda juga akan mendapatkan laporan berkala mengenai iklan yang dipasang.


Untuk harga layanannya pun terbilang terjangkau dibanding agency lainnya. Bahkan, Creata menjamin tidak ada biaya tambahan. Jika ingin mengenal Creata lebih lanjut atau mau konsultasi terlebih dahulu terkait goal iklan, Anda bisa langsung klik di sini untuk terhubung dengan mereka. Sementara, jika ingin mempelajari seputar digital marketing, baca Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: