Tahukah Anda, lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan, Google memiliki target market pada mesin pencarian tersebut sebesar 96,84%. Dari fakta inilah yang membuat para pebisnis sadar bahwa Google bisa menjadi salah satu media iklan yang efektif dan efisien.
Google pun menyediakan tools yang bisa digunakan untuk beriklan atau biasa dikenal dengan Google Ads. Melalui Google Ads, Anda bisa menampilkan iklan di Google menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis dan menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.
Lalu, bagaimanakah cara iklan di Google Ads? Sebelum mengetahui cara iklan di Google Ads, perlu diketahui, untuk menjalankan iklan di Google Ads disarankan sudah memiliki website sendiri. Bila belum memilikinya, bisa mencoba membuat website terlebih dahulu, kecuali nantinya akan mengarahkan iklan di Google Ads ke marketplace atau profil Facebook.
Bagi pebisnis yang ingin beriklan di Google Ads, berikut ini sejumlah hal yang perlu disiapkan dan cara iklan di Google Ads supaya bisa tepat sasaran.
Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Pasang Iklan di Google Ads
Sebelum mengetahui cara iklan di Google Ads, Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memasang iklan di Google, sama halnya seperti beriklan di media lainnya.
Cara Iklan di Google Ads
Setelah mempersiapkan empat hal di atas, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara iklan di Google Ads supaya bisa tepat sasaran.
Cara iklan di Google Ads dengan membuka website resmi ads.google.com, lalu klik button “Mulai Sekarang” atau “Get Started” untuk mulai beriklan.
Google menyediakan beberapa tujuan iklan, antara lain adalah meningkatkan penjualan produk, jumlah konsumen, trafik website, brand consideration, brand awareness, dan mempromosikan aplikasi.
Google Ads memiliki lima jenis tampilan Google Ads yang bisa digunakan, yaitu sebagai berikut.
Pilih salah satu jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan dan jangan lupa untuk memasukkan nama website sebelum mengklik tombol “Continue”.
Pilihlah lokasi target market Anda dan bahasa yang digunakan agar nantinya iklan hanya muncul di lokasi-lokasi tersebut.
Pada Google Ads tersedia fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis sehingga iklan bisa tepat sasaran.
Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin dikeluarkan setiap hari (isi nominal tanpa titik). Anggaran harian tergantung dari biaya per klik per keyword dan jumlah klik yang didapatkan dalam satu hari.
Jika memilih banyak kata kunci yang kompetitif, tentu biaya per kliknya menjadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak setiap harinya. Untuk awal, Anda bisa mulai dengan anggaran yang lebih sedikit, nantinya pun anggaran bisa diubah jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari selanjutnya (setelah melihat kinerja iklan yang dipasang).
Bidding adalah biaya yang akan dikeluarkan atau harga sekali klik iklan. Ada dua pilihan, yaitu sebagai berikut.
Untuk lebih amannya, disarankan memilih pilihan yang pertama.
Untuk meningkatkan lebih banyak jumlah klik, tambahkan informasi lain terkait bisnis, seperti akun media sosial, nomor telepon, alamat email, atau lokasi perusahaan. Lalu, klik “Save and Continue”.
Google akan memberikan beberapa keyword yang relevan dengan bisnis. Jangan lupa klik tombol “Save and Continue” untuk langkah berikutnya.
Isi beberapa kolom yang sudah disediakan oleh Google untuk membuat judul dan deskripsi iklan yang diinginkan. Lalu, klik “Save And Continue” untuk tahap selanjutnya.
Cara iklan di Google Ads pada tahap terakhir ini adalah memasukkan detail penagihan pembayaran. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.
Itulah beberapa cara iklan di Google Ads yang perlu Anda ketahui. Bila dirasa cara iklan di Google Ads yang disampaikan di atas terasa sulit, Anda bisa menggunakan jasa
Creata agar iklannya bisa tepat sasaran dan bisnis pun bisa semakin berkembang.
Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang memiliki sejumlah layanan yang cocok untuk Anda yang ingin beriklan online. Ada layanan SEM untuk beriklan di pencarian Google, SEO untuk brand awareness jangka panjang, social media ads untuk beriklan di media sosial, dan ada pula maintenance social media untuk yang ingin akun media sosialnya selalu aktif. Jika belum memiliki website tak perlu khawatir karena Creata pun menyediakan layanan pembuatan, desain, dan maintenance website.
Harga layanan yang ditawarkan Creata juga terbilang ekonomis dibanding lainnya dan dijamin tanpa biaya tambahan. Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan Creata untuk menentukan layanan apa yang tepat dan berapa budget yang dibutuhkan.
Cara iklan di Google Ads yang mudah, ekonomis, dan tepat sasaran? Creata solusinya! Klik di sini untuk menghubungi tim Creata. Untuk yang mau belajar serba-serbi digital marketing, bisa baca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id