Blog Layout

Bagaimana Cara Iklan di Google Ads Agar Tepat Sasaran?

Author: Dina Nazhifah
July 18, 2022

Tahukah Anda, lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hal ini dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan, Google memiliki target market pada mesin pencarian tersebut sebesar 96,84%. Dari fakta inilah yang membuat para pebisnis sadar bahwa Google bisa menjadi salah satu media iklan yang efektif dan efisien. 


Google pun menyediakan tools yang bisa digunakan untuk beriklan atau biasa dikenal dengan Google Ads. Melalui Google Ads, Anda bisa menampilkan iklan di Google menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis dan menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. 


Lalu, bagaimanakah cara iklan di Google Ads? Sebelum mengetahui cara iklan di Google Ads, perlu diketahui, untuk menjalankan iklan di Google Ads disarankan sudah memiliki website sendiri. Bila belum memilikinya, bisa mencoba membuat website terlebih dahulu, kecuali nantinya akan mengarahkan iklan di Google Ads ke marketplace atau profil Facebook.


Bagi pebisnis yang ingin beriklan di Google Ads, berikut ini sejumlah hal yang perlu disiapkan dan cara iklan di Google Ads supaya bisa tepat sasaran.



bagaimana cara iklan di google ads


Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Pasang Iklan di Google Ads


Sebelum mengetahui cara iklan di Google Ads, Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memasang iklan di Google, sama halnya seperti beriklan di media lainnya.


  1. Tentukan tujuan iklan, untuk mendapatkan lebih banyak konsumen, meningkatkan trafik website, atau mendorong orang untuk datang ke toko offline bisnis.
  2. Tentukan tempat untuk beriklan, untuk mendapatkan target audiens yang tepat.
  3. Riset kata kunci, menargetkan kata kunci atau keyword yang tepat untuk iklan menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis. Lakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat (sesuai dengan bisnis) dan keyword yang banyak digunakan oleh audiens. 
  4. Tentukan anggaran biaya, perlu diketahui, anggaran beriklan di Google Ads fleksibel sehingga bisa menentukan berdasarkan ketersedian anggaran Anda. Semakin banyak budget, semakin banyak kunjungan dari calon konsumen dan semakin besar pula peluang untuk jumlah penjualan. Untuk menentukan anggaran biaya iklannya, tentukan budget yang akan dikeluarkan dan waktu tayang iklan. 


Cara Iklan di Google Ads


Setelah mempersiapkan empat hal di atas, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara iklan di Google Ads supaya bisa tepat sasaran.


  • Buka Google Ads


Cara iklan di Google Ads dengan membuka website resmi ads.google.com, lalu klik button  “Mulai Sekarang” atau “Get Started” untuk mulai beriklan.


  • Masukkan Tujuan Iklan


Google menyediakan beberapa tujuan iklan, antara lain adalah meningkatkan penjualan produk, jumlah konsumen, trafik website, brand consideration, brand awareness, dan mempromosikan aplikasi.


  • Pilih Jenis Tampilan Google Ads


Google Ads memiliki lima jenis tampilan Google Ads yang bisa digunakan, yaitu sebagai berikut.


  1. Search Ads: Iklan yang muncul saat seseorang melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu.
  2. Display Ads: Iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor, seperti keyword, lokasi geografis atau minat audiens.
  3. Shopping Ads: Iklan yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harganya, dan nama brand. 
  4. Video Ads: Iklan yang berupa video dan umumnya muncul saat seseorang membuka sebuah video di Youtube.
  5. Universal APP Campaign: Iklan untuk mempromosikan sebuah aplikasi. 


Pilih salah satu jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan dan jangan lupa untuk memasukkan nama website sebelum mengklik tombol “Continue”.


  • Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan


Pilihlah lokasi target market Anda dan bahasa yang digunakan agar nantinya iklan hanya muncul di lokasi-lokasi tersebut.


  • Tentukan Target Audiens


Pada Google Ads tersedia fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis sehingga iklan bisa tepat sasaran.


  • Tentukan Anggaran Harian


Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin dikeluarkan setiap hari (isi nominal tanpa titik). Anggaran harian tergantung dari biaya per klik per keyword dan jumlah klik yang didapatkan dalam satu hari.


Jika memilih banyak kata kunci yang kompetitif, tentu biaya per kliknya menjadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak setiap harinya. Untuk awal, Anda bisa mulai dengan anggaran yang lebih sedikit, nantinya pun anggaran bisa diubah jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari selanjutnya (setelah melihat kinerja iklan yang dipasang).


  • Tentukan Bidding


Bidding adalah biaya yang akan dikeluarkan atau harga sekali klik iklan. Ada dua pilihan, yaitu sebagai berikut.


  1. Mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik. Sistemnya dengan melihat tingkat kompetisi dan jumlah pengiklan dengan kategori yang sama, seperti wilayah jangkauanya, serta kata kuncinya.
  2. Mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik. Jika mengisi nominal yang terlalu rendah, iklan mungkin tidak akan muncul dan jika terlalu tinggi, mungkin akan cepat kehabisan anggaran harian. 


Untuk lebih amannya, disarankan memilih pilihan yang pertama. 


  • Tambahkan Informasi Lain Mengenai Bisnis


Untuk meningkatkan lebih banyak jumlah klik, tambahkan informasi lain terkait bisnis, seperti akun media sosial, nomor telepon, alamat email, atau lokasi perusahaan. Lalu, klik “Save and Continue”.


  • Masukkan Keyword yang Akan Digunakan


Google akan memberikan beberapa keyword yang relevan dengan bisnis. Jangan lupa klik tombol “Save and Continue” untuk langkah berikutnya.


  • Buat Tampilan Iklan


Isi beberapa kolom yang sudah disediakan oleh Google untuk membuat judul dan deskripsi iklan yang diinginkan. Lalu, klik “Save And Continue” untuk tahap selanjutnya.


  • Siapkan Detail Penagihan


Cara iklan di Google Ads pada tahap terakhir ini adalah memasukkan detail penagihan pembayaran. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.


  1. Negara dan Zona Waktu, pilih negara penagihan Indonesia agar bisa membayar dengan mata uang rupiah (IDR). Kemudian, pilih zona waktu yang sesuai agar iklan bisa ditayangkan sesuai dengan zona waktu yang dipilih. 
  2. Info Pelanggan, pilih jenis akun ”Individu” agar lebih mudah digunakan, informasi pajak “Pribadi” (masukkan nomor NPWP jika ada). Kemudian, isi detail nama, alamat, beserta kode pos bisnis. 
  3. Cara Pembayaran, pembayaran bisa dilakukan secara “otomatis” atau “manual”. Jika otomatis, wajib memiliki kartu kredit dan jika manual, bisa transfer melalui mobile banking atau ATM. 
  4. Metode Pembayaran, untuk pembayaran manual, bisa menggunakan kartu kredit atau dengan transfer, Google Ads akan mengirimkan nomor rekening yang bisa Anda transfer. Sementara, cara pembayaran manual menggunakan kartu kredit dan nantinya saldo akan masuk seketika. Namun, pembayaran manual melalui transfer biasanya masuk antara dua sampai lima hari. 
  5. Centang Persetujuan, centang persetujuan pada kalimat “I agree to the Google Ads terms and conditions”, lalu klik tombol “Submit”. Nantinya Anda akan menerima form rekening tagihan iklan. Silahkan transfer sesuai dengan anggaran harian yang sudah ditentukan. Setelah pembayaran tagihan selesai, iklan akan tayang jika sudah disetujui. 


Itulah beberapa cara iklan di Google Ads yang perlu Anda ketahui. Bila dirasa cara iklan di Google Ads yang disampaikan di atas terasa sulit, Anda bisa menggunakan jasa
Creata agar iklannya bisa tepat sasaran dan bisnis pun bisa semakin berkembang.


Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang memiliki sejumlah layanan yang cocok untuk Anda yang ingin beriklan online. Ada layanan SEM untuk beriklan di pencarian Google, SEO untuk brand awareness jangka panjang, social media ads untuk beriklan di media sosial, dan ada pula maintenance social media untuk yang ingin akun media sosialnya selalu aktif. Jika belum memiliki website tak perlu khawatir karena Creata pun menyediakan layanan pembuatan, desain, dan maintenance website.


Harga layanan yang ditawarkan Creata juga terbilang ekonomis dibanding lainnya dan dijamin tanpa biaya tambahan. Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan Creata untuk menentukan layanan apa yang tepat dan berapa budget yang dibutuhkan.


Cara iklan di Google Ads yang mudah, ekonomis, dan tepat sasaran? Creata solusinya! Klik di sini untuk menghubungi tim Creata. Untuk yang mau belajar serba-serbi digital marketing, bisa baca berbagai Cerita Creata.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: