Blog Layout

Pemula Wajib Tahu, Ini Cara Membuat Iklan di Facebook!

Author : Rossa Putri
September 30, 2022

Apakah Anda salah satu yang baru memiliki usaha online dan bingung bagaimana cara memasarkannya dengan cepat dan mudah? Tak perlu bingung lagi, Anda bisa memasarkannya melalui beriklan di platform Facebook. Saat ini sudah banyak pebisnis yang mengiklankan produknya melalui Facebook karena dianggap sangat efisien dan efektif. Selain itu, cara membuat iklan di Facebook juga terbilang mudah.


Fitur yang kini terkenal di kalangan pebisnis adalah Facebook ads, di mana fitur tersebut adalah pemasaran digital yang disediakan oleh Facebook untuk memasarkan produk kepada khalayak luas. Selain cara membuat iklan di Facebook mudah, banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan bila membuatnya, mulai dari target promosi yang sesuai, penjualan melimpah karena dikenal banyak orang, hingga meningkatkan kesadaran brand kepada banyak orang. Pada artikel ini akan membagikan beberapa cara membuat iklan di Facebook yang bisa Anda pahami dengan baik.


Baca juga : Panduan Lengkap Cara Pasang Iklan di Google Ads


ini dia cara membuat iklan di facebook


Membuat Halaman Bisnis


Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat halaman bisnis. Tanpa adanya halaman bisnis maka Anda tidak dapat diarahkan kepada Facebook ads manager atau business manager yang berfungsi untuk mengatur iklan tersebut. Caranya hanya dengan login ke Facebook dan pilih menu halaman, kemudian Anda bisa klik buat halaman baru dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, terdapat dua jenis yang bisa Anda pilih, ada yang untuk bisnis dan untuk komunitas.


Memilih Tujuan


Cara membuat iklan di Facebook selanjutnya adalah melakukan login pada Facebook ads manager dan klik “Campaign” agar dapat memulai campaign pada iklan Facebook. Nantinya Facebook akan menawarkan beberapa tujuan pemasaran yang tergantung pada keinginan Anda, yakni ada brand awareness, reach, engagement, traffic, video views, lead generation, conversions, store traffic, dan app installs. Pastikan Anda benar-benar memilih opsi yang sesuai dengan tujuan iklan.


Kampanye Iklan


Untuk memberikan nama pada kampanye iklan, Anda bisa melakukan scroll ke bawah untuk menamainya. Selain itu, bisa juga memilih untuk mengaktifkan A/B split test atau tidak. Apabila Anda memilih tujuan untuk pemasaran engagement, nantinya akan diminta untuk memfokuskan pada post engagement, event responses, atau page like sesuai dengan kebutuhan.


Memilih Audience


Cara membuat iklan di Facebook yang paling penting adalah memilih page mana yang akan Anda promosikan dengan memilih lokasi target, usia, bahasa, gender serta bahasa. Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan targeting yang lebih mendetail. Terdapat dua kolom, yaitu detailed targeting dan connections. 


Lokasi Iklan dan Atur Budget


Apabila Anda memilih opsi ini, nanti Facebook akan secara otomatis untuk menempatkan iklan pada Facebook, messenger, Instagram, serta audience network agar iklan dapat ditampilkan secara optimal.

Usai mengikuti beberapa tahapan di atas, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran. Dalam pembayaran tersebut Anda bisa mengatur ingin membayar berapa banyak pada iklan tersebut karena facebook tidak mematok harga tertentu. 


Membuat Iklan


Tahapan terakhir adalah membuat iklan. Anda dapat memilih format yang tersedia tergantung dari tujuan pemasaran yang sudah dipilih. Untuk memastikan iklan Anda terlihat bagus dan menarik, bisa lakukan preview terlebih dahulu dan bila merasa puas bisa klik tombol confirm.


Penyebab Gagal Pasang Iklan di Facebook


Itu dia beberapa cara membuat iklan di Facebook yang bisa Anda coba. Untuk mendaftarkan iklan di Facebook kadang kala memang muncul permasalahan yang ada. Mulai dari terlalu banyaknya variasi budget yang rendah, gambar yang diinput kurang tepat, tidak adanya tujuan dalam mengiklankan produk, hingga masih banyak lainnya.


Tapi Anda tenang saja, semua akan aman terkendali apabila menggunakan penyedia jasa untuk memasangkan iklan di Facebook. Disarankan untuk menggunakan penyedia yang terpercaya dan berpengalaman, seperti Creata


Creata merupakan digital agency yang sudah berpengalaman dalam memegang beberapa brand bisnis untuk memberikan layanan iklan yang dapat meningkatkan brand awareness dan pastinya penjualan. Apabila Anda tertarik dan memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa segera hubungi Tim Creata dengan cara klik di sini. Nah, untuk Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut dalam digital marketing atau seputar beriklan di Facebook, bisa membacanya di Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: