Apakah Anda salah satu yang baru memiliki usaha online dan bingung bagaimana cara memasarkannya dengan cepat dan mudah? Tak perlu bingung lagi, Anda bisa memasarkannya melalui beriklan di platform Facebook. Saat ini sudah banyak pebisnis yang mengiklankan produknya melalui Facebook karena dianggap sangat efisien dan efektif. Selain itu, cara membuat iklan di Facebook juga terbilang mudah.
Fitur yang kini terkenal di kalangan pebisnis adalah Facebook ads, di mana fitur tersebut adalah pemasaran digital yang disediakan oleh Facebook untuk memasarkan produk kepada khalayak luas. Selain cara membuat iklan di Facebook mudah, banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan bila membuatnya, mulai dari target promosi yang sesuai, penjualan melimpah karena dikenal banyak orang, hingga meningkatkan kesadaran brand kepada banyak orang. Pada artikel ini akan membagikan beberapa cara membuat iklan di Facebook yang bisa Anda pahami dengan baik.
Baca juga :
Panduan Lengkap Cara Pasang Iklan di Google Ads
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat halaman bisnis. Tanpa adanya halaman bisnis maka Anda tidak dapat diarahkan kepada Facebook ads manager atau business manager yang berfungsi untuk mengatur iklan tersebut. Caranya hanya dengan login ke Facebook dan pilih menu halaman, kemudian Anda bisa klik buat halaman baru dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, terdapat dua jenis yang bisa Anda pilih, ada yang untuk bisnis dan untuk komunitas.
Cara membuat iklan di Facebook selanjutnya adalah melakukan login pada Facebook ads manager dan klik “Campaign” agar dapat memulai campaign pada iklan Facebook. Nantinya Facebook akan menawarkan beberapa tujuan pemasaran yang tergantung pada keinginan Anda, yakni ada brand awareness, reach, engagement, traffic, video views, lead generation, conversions, store traffic, dan app installs. Pastikan Anda benar-benar memilih opsi yang sesuai dengan tujuan iklan.
Untuk memberikan nama pada kampanye iklan, Anda bisa melakukan scroll ke bawah untuk menamainya. Selain itu, bisa juga memilih untuk mengaktifkan A/B split test atau tidak. Apabila Anda memilih tujuan untuk pemasaran engagement, nantinya akan diminta untuk memfokuskan pada post engagement, event responses, atau page like sesuai dengan kebutuhan.
Cara membuat iklan di Facebook yang paling penting adalah memilih page mana yang akan Anda promosikan dengan memilih lokasi target, usia, bahasa, gender serta bahasa. Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan targeting yang lebih mendetail. Terdapat dua kolom, yaitu detailed targeting dan connections.
Apabila Anda memilih opsi ini, nanti Facebook akan secara otomatis untuk menempatkan iklan pada Facebook, messenger, Instagram, serta audience network agar iklan dapat ditampilkan secara optimal.
Usai mengikuti beberapa tahapan di atas, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran. Dalam pembayaran tersebut Anda bisa mengatur ingin membayar berapa banyak pada iklan tersebut karena facebook tidak mematok harga tertentu.
Tahapan terakhir adalah membuat iklan. Anda dapat memilih format yang tersedia tergantung dari tujuan pemasaran yang sudah dipilih. Untuk memastikan iklan Anda terlihat bagus dan menarik, bisa lakukan preview terlebih dahulu dan bila merasa puas bisa klik tombol confirm.
Itu dia beberapa cara membuat iklan di Facebook yang bisa Anda coba. Untuk mendaftarkan iklan di Facebook kadang kala memang muncul permasalahan yang ada. Mulai dari terlalu banyaknya variasi budget yang rendah, gambar yang diinput kurang tepat, tidak adanya tujuan dalam mengiklankan produk, hingga masih banyak lainnya.
Tapi Anda tenang saja, semua akan aman terkendali apabila menggunakan penyedia jasa untuk memasangkan iklan di Facebook. Disarankan untuk menggunakan penyedia yang terpercaya dan berpengalaman, seperti Creata.
Creata merupakan digital agency yang sudah berpengalaman dalam memegang beberapa brand bisnis untuk memberikan layanan iklan yang dapat meningkatkan brand awareness dan pastinya penjualan. Apabila Anda tertarik dan memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa segera hubungi Tim Creata dengan cara klik di sini. Nah, untuk Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut dalam digital marketing atau seputar beriklan di Facebook, bisa membacanya di Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id