Blog Layout

Apa Saja Kelebihan Digital Marketing Jika Dibandingkan dengan Traditional Marketing?

Author : Gladys Arivia
Mar 30, 2022

Perkembangan dalam dunia bisnis di era digital sangat dipengaruhi oleh berbagai macam teknologi dan informasi. Jika bisnis Anda masih mengandalkan media tradisional seperti koran, majalah, radio, dan billboard, saatnya beralih ke digital marketing.


Walaupun traditional marketing sudah sejak lama diketahui orang, sedangkan digital marketing baru-baru saja muncul, namun ternyata Anda bisa menemukan banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki traditional marketing dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Apa saja kelebihan digital marketing itu? Apakah memang lebih menguntungkan? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang beragam kelebihan digital marketing dan manfaatnya untuk kemajuan bisnis Anda. 


Baca juga:
Digital Marketing: dari Pengertian, Jenis, hingga Tujuan Digital Marketing

kelebihan digital marketing dibanding tradisional marketing


Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing


Sebelum mengetahui kelebihan digital marketing, mari kenal dulu perbedaan antara digital marketing dengan traditional marketing berikut ini.


1. Traditional Marketing


Traditional marketing merupakan segala bentuk periklanan untuk produk atau brand yang tidak melalui media digital. Traditional marketing merupakan salah satu cara bisnis membangun hubungan dengan customer hanya melalui iklan tanpa adanya interaksi langsung. Saluran traditional marketing meliputi di outdoor (papan reklame, poster, iklan di bus atau taksi), siaran (radio dan televisi), media cetak (majalah dan koran), surat langsung (katalog), serta telemarketing (telepon dan SMS).


2. Digital Marketing 


Digital marketing kian lama kian berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Sebenarnya, digital marketing mirip dengan tradisional marketing, namun menggunakan alat digital, seperti website, media sosial, video streaming, dan lainnya. Digital marketing dianggap sebagai bentuk pemasaran yang tujuannya untuk membuat orang mengenal bisnis Anda. Orang bisa menemukan bisnis Anda melalui mesin pencari organik, melalui iklan berbayar yang Anda buat atau secara tidak sengaja membaca informasi di media sosial dan website. Kelebihan digital marketing semakin banyak mengiklankannya, semakin baik customer akan mengenal bisnis Anda sehingga membantu mengembangkan hubungan dan kepercayaan dengan customer melalui komunikasi digital tersebut. Saluran digital marketing meliputi media sosial (Facebook, Instagram, TikTok, Linkedin), website, content marketing, affiliate marketing, Pay Per Click atau PPC, Search Engine Marketing atau SEM.


Ragam Kelebihan Digital Marketing


Banyak alasan mengapa digital marketing kini banyak dipilih untuk memasarkan brand di era sekarang. Berikut ini sejumlah kelebihan digital marketing yang perlu diketahui untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. 


1. Jangkauan Konsumen yang Lebih Luas


Kelebihan digital marketing yang pertama adalah dapat menjangkau target audiens yang lebih luas. Dengan menggunakan beberapa teknik, seperti SEO pada mesin pencari Google atau beriklan di media sosial, siapa pun bisa menjangkau informasi mengenai produk atau layanan dari bisnis Anda. Tidak seperti traditional marketing yang terbatas oleh letak geografis, dengan mengandalkan digital marketing Anda bisa menjangkau calon konsumen sampai ke luar negeri. Wow! Menarik, kan? Dengan begitu, penjualan dan omset bisnis Anda pun bisa meningkat.


2. Hemat Biaya


Faktanya, traditional marketing memiliki biaya yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan digital marketing. Ini dikarenakan beriklan di media-media konvensional, seperti TV atau memasang billboard di jalan tentu akan memakan biaya yang sangat besar.


Sedangkan, dengan kelebihan digital marketing yang bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Walaupun berbayar, namun prosesnya akan lebih cepat, efektif, tepat sasaran, dan memuaskan. Digital marketing juga bisa dipakai oleh seluruh lini bisnis tanpa terkecuali sehingga bidang bisnis Anda bisa menggunakan digital marketing. Anda cukup memilih platform yang sesuai dengan target audiens berada agar iklan yang ditayangkan bisa tepat sasaran.


3. Mudah Diukur


Selanjutnya, kelebihan digital marketing dapat dilihat dari kemudahan melihat bagaimana keberhasilan atau tidaknya campaign digital tersebut. Sedangkan, jika menggunakan metode tradisional, Anda harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mengevaluasi campaign tersebut.


Sebagai contoh, software email marketing memungkinkan Anda untuk melacak kinerja email, seperti dapat mengetahui berapa banyak email yang terkirim, berapa banyak yang dibaca, dan berapa banyak yang meng-klik link yang diberikan. Contoh lain adalah Google Adwords, di mana Anda bisa memantau kinerja iklan di pencarian Google, dapat mengetahui berapa banyak orang yang melihat iklan tersebut, dan mengetahui jumlah konversi yang dihasilkan. Dengan mudahnya mengevaluasi campaign yang dijalankan, Anda bisa cepat memutuskan strategi yang tepat untuk campaign berikutnya sehingga tidak membuang-buang waktu.


4. Membangun Branding yang Baik 


Branding sudah menjadi bagian krusial dalam bisnis saat ini. Jika Anda memiliki branding yang bagus maka citra perusahaan pun akan lebih baik. Dengan memanfaatkan digital marketing, branding dari bisnis Anda akan terlihat lebih modern dan mengikuti perkembangan. Hal tersebut akan menambah kepercayaan konsumen sehingga mereka tidak lagi ragu untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa membangun identitas bisnis dengan menggunakan berbagai platform, seperti website, media sosial, dan email.


5. Mudahnya Interaksi dengan Konsumen


Kelebihan digital marketing bisa ditunjukan dari sisi interaksi, di mana para konsumen bisa berinteraksi langsung dengan Anda sebagai penjual. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh traditional marketing, mengingat mereka hanya menggunakan komunikasi satu arah. Dengan menggunakan digital marketing, bukan tidak mungkin konsumen bisa merasa lebih dekat dengan bisnis Anda.


Anda bisa memberikan pelayanan terbaik dengan menanggapi pertanyaan apa pun yang mereka tanyakan dan melayani jika mereka memberikan komplain. Dengan layanan yang cepat, tanggap, dan solutif, citra bisnis Anda pun terjaga dengan baik.


Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengerti bahwa digital marketing menghadirkan solusi yang lebih hemat biaya dan fleksibel untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, juga dapat membangun hubungan dengan konsumen, serta mudahnya evaluasi strategi untuk menentukan apa yang terbaik untuk bisnis. Untuk mempelajari seputar digital marketing lebih lanjut, silakan membaca berbagai
Cerita Creata.


Jika tertarik dengan digital marketing dan ingin menerapkannya pada bisnis, Anda bisa mempercayakannya kepada
Creata. Sebagai platform digital yang telah berdiri sejak tahun 2013, Creata hadirkan layanan digital marketing dengan beberapa pilihan, yakni ada SEO agar website Anda berada di halaman pertama Google, juga bisa membantu Anda beriklan dengan efektif di media sosial dengan SMA atau pun beriklan di Google dengan layanan SEM. Pada layanan digital marketing Creata juga tersedia social media maintenance atau layanan pengelola akun media sosial agar akun bisnis Anda selalu up to date dengan tren terkini.


Baca juga:
Ini Alasan Pentingnya Bisnis Menggunakan Konsultan Digital Marketing


Apabila bingung menentukan layanan apa yang tepat untuk kebutuhan bisnis, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya dari Tim Creata. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana digital marketing dapat meningkatkan bisnis atau mengetahui apa saja layanan digital marketing yang diberikan Creata, silakan hubungi Tim Creata sekarang juga dengan cara klik di sini! Tim Creata dapat menganalisis secara menyeluruh goals dan nantinya merekomendasikan Anda strategi yang tepat. Percayakan kebutuhan digital marketing Anda kepada Creata!

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: