Blog Layout

Sebelum Mulai Digitalkan Bisnis, Kenali Jenis Jenis Digital Marketing

Author: Dina Nazhifah
April 22, 2022

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya digital marketing. Bahkan, mungkin membuat Anda tertarik untuk terjun untuk mendigitalkan bisnis. Namun, apa sajakah jenis jenis digital marketing? Apakah memasarkan melalui media sosial juga termasuk kategori jenis jenis digital marketing? Lalu, bagaimana bila memasarkan melalui WhatsApp? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini jenis jenis digital marketing yang bisa Anda coba diimplementasikan pada bisnis.


email termasuk jenis jenis digital marketing


Content Marketing


Content marketing termasuk jenis jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan peng-upload-an konten untuk target market. Tujuan utama dari konten tersebut, yaitu menarik aksi menguntungkan dari para target market yang berpotensi. Contoh dari content marketing ialah blog, podcast, dan video.


SEO (Search Engine Optimization)


Jenis jenis digital marketing yang bisa dilakukan gratis lainnya, ialah SEO atau Search Engine Optimization. Jenis digital marketing ini merupakan proses mendapatkan trafik yang berkualitas secara gratis. Jika tujuan Anda adalah menarik banyak pengunjung maka diharuskan mengoptimasi konten, seperti menentukan kata kunci atau keyword yang relevan untuk isi website dan membangun backlink yang relevan. Tanpa hal tersebut, website Anda akan sulit ditemukan pengunjung.


SEO adalah komponen penting dalam digital marketing. Dengan stabilnya alur pengunjung pada website, tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan lebih.


SEM (Search Engine Marketing)


Selain gratis, ada pula jenis jenis digital marketing berbayar, seperti SEM. Search Engine Marketing atau SEM digunakan untuk meningkatkan visibilitas website pada hasil mesin pencari, seperti Google. SEM bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu ada paid search (pencarian berbayar), pay per click (klik berbayar), paid search advertising (iklan pencarian berbayar). 


Dari tiga cara tersebut, pada intinya Anda cukup perlu melakukan bid pada kata kunci tertentu yang digunakan pengunjung pada mesin pencari ketika mereka mencari informasi atau produk sehingga iklan atau website Anda bisa kemudian muncul di hasil pencarian mereka. Nantinya pada URL dari hasil pencarian Google terdapat tanda “Ad”, yang menandakan bahwa website Anda menggunakan Paid Search Google Adwords, yang mana Google akan meletakan web tersebut pada halaman pertama hasil pencarian sehingga memudahkan pengunjung atau target market menemukannya.


SMA (Social Media Advertising)


Jenis jenis digital marketing juga ada yang menggunakan platform media sosial untuk menarik customer, yaitu Social Media Advertising atau SMA. Jenis digital marketing ini dapat membuat Anda sebagai pebisnis dapat menjalin hubungan secara baik dengan customer melalui media sosial.


Email Marketing


Email marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang banyak disukai pebisnis. Sederhananya, Anda menggunakan email sebagai media untuk mempromosikan bisnis. Email marketing pun berguna untuk menjalin hubungan dengan para customer dan sebagai media interaksi dengan customer. Banyak hal yang bisa mendukung strategi email marketing, mulai dari strategi ide konten hingga waktu yang tepat untuk mengirimnya.


IMM (Instant Messaging Marketing)


Ada pula jenis digital marketing yang bisa dilakukan melalui pesan singkat, seperti melalui WhatsApp dan Facebook Messenger. Anda mungkin pernah mendapatkan pesan singkat melalui WhatsApp yang berisi promosi produk, nah inilah yang disebut Instant Messaging Marketing.


Dari jenis jenis digital marketing di atas, Anda tidak perlu mencoba semuanya, cukup pilih yang cocok dengan bisnis. Pilihlah jenis yang cocok dengan target market dan bidang bisnis. Karena, setiap bidang bisnis dan target market tentunya memiliki platform, serta strategi marketing yang berbeda-beda.


Apabila bingung menentukan jenis digital marketing apa yang cocok untuk bisnis, bisa menggunakan jasa
Creata, sebagai digital agency, untuk membantu mengelola dan memasarkan bisnis Anda secara digital. Creata menawarkan banyak layanan digital marketing, mulai dari SEO, SEM, SMA, maintenance media sosial, hingga konsultasi layanan.


Dengan begitu, Anda bisa mulai dengan mengonsultasikan segala kebutuhan bisnis, lalu Creata akan memberikan suggest layanan digital marketing apa yang cocok. Selain mengonsultasikan masalah layanan sesuai kebutuhan, Anda pun bisa membahas budget yang dimiliki sehingga Creata pun bisa menyesuaikan paket layanan sesuai budget. Menarik banget, kan? Untuk mengenal digital marketing lebih lanjut Anda bisa cek berbagai Cerita Creata atau jika ingin konsultasi mengenai layanan bisa klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: