Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mendengar SEO dan SEM atau malah ada yang belum pernah mendengar keduanya. SEO dan SEM merupakan strategi website mendapatkan ranking teratas di mesin pencari, seperti di Google.
Anda sebagai pemilik website atau pemilik bisnis bisa mencoba strategi SEO dan SEM. Namun, sebelum mencoba keduanya, Anda perlu mengetahui penjelasan SEO dan SEM berikut ini secara lengkap, mulai dari pengertian, perbedaan, hingga persamaannya.
sumber: redcomm.co.id
SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah strategi pengoptimalan website untuk mendapatkan ranking teratas dalam hasil pencarian untuk keyword atau kata kunci khusus yang sudah ditargetkan. SEO berguna untuk meningkatkan traffic organic pada website melalui ranking teratas di hasil pencarian. SEO memiliki beberapa komponen penting, yaitu sebagai berikut:
SEM atau Search Engine Marketing adalah sebuah strategi marketing untuk menaikan website Anda ke rangking atas di hasil pencarian dengan cara berbayar. Biasanya, SEM digunakan untuk menawarkan atau mengiklankan produk dan jasa menggunakan Google Ads. SEM umumnya digunakan para pemilik bisnis, e-commerce, dan toko online.
Melalui Google Ads, Anda bisa membuat iklan yang nantinya akan muncul di hasil pencarian Google. Anda pun hanya perlu membayar untuk klik pada iklan atau pay per click (PPC). Google Ads juga bisa meningkatkan visibilitas website Anda ke ranking teratas dengan mudah.
Pada dasarnya, SEO dan SEM sama-sama baik dan bisa diterapkan bersamaan untuk website. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti siapa sajakah kompetitor Anda, seberapa baik mengenal industri bisnis Anda, seberapa lama siklus pembelian bisnis Anda, berapa biaya yang dibutuhkan, dan berapa lama usia website.
Apa pun pilihan Anda, mau menerapkan SEO saja, SEM saja, atau mungkin keduanya, tentu masing-masing pilihan akan membantu mendongkrak website dan meningkatkan traffic website. Akan tetapi, ada baiknya sebelum menentukan ingin menerapkan yang mana, Anda perlu melakukan riset yang cukup mendalam terhadap website dan bisnis yang dimiliki agar strategi yang ingin terapkan bisa maksimal, serta memberikan dampak yang positif.
Solusinya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada
Creata secara gratis! Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang menyediakan layanan konsultasi digital marketing untuk membantu Anda yang masih awam terhadap SEO dan SEM, dalam menentukan strategi yang dibutuhkan. Anda bisa berkonsultasi terkait bisnis yang dijalankan, budget yang dimiliki, dan goals bisnis. Nantinya, Creata akan menawarkan beberapa layanannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Creata pun menyediakan layanan digital marketing secara lengkap. Ada SEO, SEM, social media ads, pembuatan website, desain website, maintenance website, dan pembuatan aplikasi yang harga setiap layanannya bisa disesuaikan dengan budget Anda tanpa biaya tambahan sehingga dijamin tidak bikin kantong bolong. Creata juga telah berpengalaman bekerja sama dengan berbagai sektor industri sehingga tak perlu ragu dengan dengan hasilnya.
Untuk langsung berkonsultasi dengan Creata, Anda bisa langsung klik
di sini. Sementara, jika ingin mengenal digital marketing secara lebih dalam, bisa baca berbagai
Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id