Blog Layout

4 Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Anda Hindari

Author : Gladys Arivia
March 21, 2022

Sebuah bisnis akan dinilai sukses jika dimulai dengan strategi marketing yang paling efektif. Apalagi sekarang dengan majunya internet, banyak bisnis yang berlomba-lomba melakukan pemasaran online dengan tujuan meningkatkan omset mereka.


Namun tidak sedikit juga pebisnis yang malah melakukan kesalahan sehingga tidak ada penambahan pengunjung dan peningkatan penjualan. Agar strategi pemasaran online Anda efektif, simaklah beberapa kesalahan dalam pemasaran online yang perlu Anda hindari. 


1.Frekuensi Posting yang Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit



kesalahan pemasaran online adalah frekuensi posting terlalu banyak atau sedikit


Jika Anda ingin memposting konten di media sosial ataupun website, pastikan Anda tidak memposting terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebuah keseimbangan diperlukan agar target audiens Anda tetap nyaman untuk mengikuti konten-konten yang Anda posting.


Misalnya saja, jika Anda memposting terlalu banyak, followers Anda mungkin bisa beranggapan bahwa hal itu mengganggu sehingga kemungkinan besar mereka bisa meng unfollow bisnis Anda. Di sisi lain, jika terlalu sedikit dalam berinteraksi atau memposting terlalu sedikit maka Anda akan sulit terkoneksi dengan audiens Anda, tentu hal seperti itu akan mengganggu branding yang sudah Anda bangun. 


2.Tidak Memiliki Strategi yang Jelas


kesalahan pemasaran online tidak memiliki strategi jelas


Kegiatan pemasaran online tidak akan terlepas dari buyer’s journey atau proses yang dilalui konsumen dari menyadari, mempertimbangkan, dan memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Ada 3 tahapan yang harus Anda ketahui tentang buyer’s journey ini, yaitu:


  • Awareness (Kesadaran) : Konsumen menyadari bahwa mereka memiliki masalah.
  • Consideration (Pertimbangan) : Di tahap ini, konsumen akan menentukan apa masalah mereka dan meneliti berbagai opsi untuk menyelesaikannya.
  • Decision (Keputusan) : Konsumen akhirnya memilih solusi.


Untuk itu, sebagai pebisnis tugas Anda adalah menemani mereka melewati 3 fase tadi dengan strategi pemasaran online yang jelas dan terarah. Anda harus membuat konsumen menyadari masalahnya, menawarkan solusi, memberi pertimbangan terhadap solusi tersebut, dan membantu mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.


3.Tidak Berinteraksi dengan Konsumen Anda


kesalahan pemasaran online tidak berinteraksi dengan konsumen


Konsumen haruslah menjadi fokus utama dalam bisnis Anda. Untuk itu, penting bagi pebisnis untuk selalu berkomunikasi secara aktif dengan konsumen. Jika mengabaikan mereka, besar kemungkinan mereka akan berhenti mengikuti bisnis Anda.


Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membuat konten interaktif lalu menjawab pertanyaan ataupun komentar yang mereka ajukan di website ataupun media sosial Anda.


Dengan menjalin interaksi dengan para konsumen maka mereka akan merasa lebih dihargai dan nantinya pun bisnis Anda memiliki brand image yang baik. 


4.Tidak Mengoptimasi Konten dengan SEO


kesalahan pemasaran online tidak mengoptimalkan seo


Memiliki website dengan tampilan yang profesional tidaklah cukup, Anda juga perlu mengisinya dengan konten blog secara rutin. Dengan adanya konten yang Anda posting secara berkala, maka akan dengan mudah website Anda di index Google dan memudahkan juga bagi para calon konsumen untuk menemukan website Anda.


Agar website Anda tampil di halaman pertama Google, konten yang sudah dibuat tersebut haruslah di optimasi dengan SEO (Search Engine Optimization). Tanpa adanya SEO, konten yang sudah Anda buat akan sulit terindex oleh Google. Hal ini akan mempengaruhi jumlah traffic serta jumlah konsumen yang ingin membeli produk Anda.


Setelah Anda mengetahui beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam pemasaran online, pastinya Anda ingin menghindari hal tersebut. Oleh karena itu, Creata hadir untuk mengeksekusi strategi pemasaran online yang efektif bagi bisnis Anda. 


Sebagai agency yang berpengalaman, Creata menyediakan berbagai layanan digital marketing selain SEO seperti,  SEM (Search Engine Marketing) bagi Anda yang ingin memasang iklan melalui Google, SMA atau Social Media Ads untuk Anda yang mau beriklan di berbagai platform media sosial, dan juga social media maintenance agar akun media sosial Anda tetap aktif.


Tidak hanya itu saja, Creata juga memiliki layanan untuk pembuatan website profesional untuk bisnis Anda dengan waktu pengerjaan yang cepat serta desain yang menarik dan up to date. Lengkap untuk kebutuhan digital marketing Anda bukan? Segera hubungi Creata sekarang untuk berkonsultasi secara gratis!


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: