Sebuah bisnis akan dinilai sukses jika dimulai dengan strategi marketing yang paling efektif. Apalagi sekarang dengan majunya internet, banyak bisnis yang berlomba-lomba melakukan pemasaran online dengan tujuan meningkatkan omset mereka.
Namun tidak sedikit juga pebisnis yang malah melakukan kesalahan sehingga tidak ada penambahan pengunjung dan peningkatan penjualan. Agar strategi pemasaran online Anda efektif, simaklah beberapa kesalahan dalam pemasaran online yang perlu Anda hindari.
1.Frekuensi Posting yang Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit
Jika Anda ingin memposting konten di media sosial ataupun website, pastikan Anda tidak memposting terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sebuah keseimbangan diperlukan agar target audiens Anda tetap nyaman untuk mengikuti konten-konten yang Anda posting.
Misalnya saja, jika Anda memposting terlalu banyak, followers Anda mungkin bisa beranggapan bahwa hal itu mengganggu sehingga kemungkinan besar mereka bisa meng unfollow bisnis Anda. Di sisi lain, jika terlalu sedikit dalam berinteraksi atau memposting terlalu sedikit maka Anda akan sulit terkoneksi dengan audiens Anda, tentu hal seperti itu akan mengganggu branding yang sudah Anda bangun.
2.Tidak Memiliki Strategi yang Jelas
Kegiatan pemasaran online tidak akan terlepas dari buyer’s journey atau proses yang dilalui konsumen dari menyadari, mempertimbangkan, dan memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Ada 3 tahapan yang harus Anda ketahui tentang buyer’s journey ini, yaitu:
Untuk itu, sebagai pebisnis tugas Anda adalah menemani mereka melewati 3 fase tadi dengan strategi pemasaran online yang jelas dan terarah. Anda harus membuat konsumen menyadari masalahnya, menawarkan solusi, memberi pertimbangan terhadap solusi tersebut, dan membantu mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.
3.Tidak Berinteraksi dengan Konsumen Anda
Konsumen haruslah menjadi fokus utama dalam bisnis Anda. Untuk itu, penting bagi pebisnis untuk selalu berkomunikasi secara aktif dengan konsumen. Jika mengabaikan mereka, besar kemungkinan mereka akan berhenti mengikuti bisnis Anda.
Anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membuat konten interaktif lalu menjawab pertanyaan ataupun komentar yang mereka ajukan di website ataupun media sosial Anda.
Dengan menjalin interaksi dengan para konsumen maka mereka akan merasa lebih dihargai dan nantinya pun bisnis Anda memiliki brand image yang baik.
4.Tidak Mengoptimasi Konten dengan SEO
Memiliki website dengan tampilan yang profesional tidaklah cukup, Anda juga perlu mengisinya dengan konten blog secara rutin. Dengan adanya konten yang Anda posting secara berkala, maka akan dengan mudah website Anda di index Google dan memudahkan juga bagi para calon konsumen untuk menemukan website Anda.
Agar website Anda tampil di halaman pertama Google, konten yang sudah dibuat tersebut haruslah di optimasi dengan SEO (Search Engine Optimization). Tanpa adanya SEO, konten yang sudah Anda buat akan sulit terindex oleh Google. Hal ini akan mempengaruhi jumlah traffic serta jumlah konsumen yang ingin membeli produk Anda.
Setelah Anda mengetahui beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam pemasaran online, pastinya Anda ingin menghindari hal tersebut. Oleh karena itu, Creata hadir untuk mengeksekusi strategi pemasaran online yang efektif bagi bisnis Anda.
Sebagai agency yang berpengalaman, Creata menyediakan berbagai layanan digital marketing selain SEO seperti, SEM (Search Engine Marketing) bagi Anda yang ingin memasang iklan melalui Google, SMA atau Social Media Ads untuk Anda yang mau beriklan di berbagai platform media sosial, dan juga social media maintenance agar akun media sosial Anda tetap aktif.
Tidak hanya itu saja, Creata juga memiliki layanan untuk pembuatan website profesional untuk bisnis Anda dengan waktu pengerjaan yang cepat serta desain yang menarik dan up to date. Lengkap untuk kebutuhan digital marketing Anda bukan? Segera hubungi Creata sekarang untuk berkonsultasi secara gratis!
All Rights Reserved | Creata.id