Blog Layout

Marketing Agency vs Advertising Agency, Apa Perbedaannya?

Author : Gladys Arivia
March 20, 2022

This is a subtitle for your new post

Sebagai pebisnis di era sekarang, selain harus berfokus pada kegiatan operasional, melakukan kegiatan pemasaran tentu menjadi perhatian penting untuk meningkatkan pertumbuhan pada bisnis. Perusahaan pun pasti membutuhkan sarana untuk memasarkan produk agar tepat sasaran. 


Kegiatan pemasaran memerlukan pendekatan yang terpadu dan konsistensi agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Selain itu, perlu juga merancang strategi untuk memperluas sasaran target audiens agar penjualan dapat meningkat.


Namun, jika pebisnis melakukannya sendiri maka biaya dan waktu yang dikeluarkan tentu tidaklah sedikit. Dengan banyaknya kebutuhan tersebut,
marketing agency dan advertising agency hadir di tengah masyarakat untuk menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut. 


Tidak jarang keduanya kerap kali disalahartikan, walaupun tujuannya sama-sama meningkatkan sales namun pendekatan serta hasil yang mereka berikan berbeda. 


Advertising agency
berfokus pada layanan iklan dan direct marketing seperti campaign. Namun, marketing agency memberikan konsultasi pengembangan strategi marketing


Selain itu, ada juga perbedaan-perbedaan lain yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa mereka. Berikut adalah penjelasannya.


1.Keterampilan yang Berbeda



tim marketing agency pastinya memiliki background di bidang marketing

Tim dalam marketing agency umumnya memiliki background dalam bekerja di departemen marketing pada perusahaan di mana mereka memperoleh pengalaman dalam market research, pengembangan strategi dan produk, serta program marketing. 


Sedangkan,
advertising agency memiliki tim yang mencakup orang-orang dengan perencanaan pada berbagai media periklanan dan kreativitas tinggi, mereka juga pastinya memiliki pengalaman dalam menyampaikan pesan kepada target audiens.


2.Layanan yang Diberikan 


marketing agency menawarkan layanan digital marketing

Kedua agency ini tentunya memiliki layanan yang berbeda, marketing agency menawarkan berbagai jenis layanan marketing seperti content marketing, social media management, paid advertising, desain grafis, SEO, dan masih banyak lagi. Marketing agency  dapat membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran dan memberikan arahan pada gaya berkomunikasi bisnis Anda. Di lain sisi, advertising agency memiliki spesialisasi ahli dalam strategi iklan, placement, dan distribusi. Mereka juga bisa memberi saran dalam segi kreatif. 


3. Outsourcing


gunakan marketing agency sebagai layanan outsourcing

Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengembangkan strategi pemasaran atau menangani kegiatan pemasaran seperti mengembangkan produk baru atau memilih saluran distribusi yang tepat, Anda bisa memilih marketing agency dibandingkan dengan advertising agency. 


Anda dapat menggunakan
marketing agency sebagai layanan outsourcing. Menurut konsultan Business2Community, sebuah perusahaan tanpa tim marketing menganggap bahwa mengoutsource marketing agency adalah solusi hemat biaya karena mereka dapat memanfaatkan pengalaman para profesional yang menunjukkan hasil kerja terbaik dibandingkan dengan spesialis yang bekerja secara full time.


4. Cara Berkomunikasi 


cara komunikasi marketing agency berbeda dengan advertising agency

Ketika sudah menentukan sebuah strategi marketing, Anda perlu memilih media komunikasi yang tepat untuk mencapai objective yang diinginkan. Advertising agency adalah pilihan pertama Anda jika Anda ingin berkomunikasi dengan pelanggan melalui press advertising, broadcast advertising, online advertising atau direct marketing. 


Marketing agency
umumnya tidak menggunakan cara berkomunikasi pada target audiens dengan cara seperti itu. Mereka akan memberitahu Anda tentang solusi komunikasi yang sesuai dengan strategi pemasaran yang Anda inginkan sehingga investasi yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 


Jika ingin menemukan strategi marketing yang tepat, Anda bisa mengandalkan Creata. Creata adalah
marketing agency yang terdiri dari tim profesional dan berpengalaman dalam pembuatan strategi digital marketing, dan memiliki berbagai layanan seperti jasa social media maintenance, lalu SEO agar website Anda bisa direkomendasikan oleh mesin pencari Google, Social Media Ads (SMA) untuk memasang iklan di media sosial seperti Instagram ads, Facebook ads, Youtube ads, dan lainnya. Ada pula layanan Search Engine Marketing (SEM) untuk yang ingin memasang iklan di Google.


Tidak hanya itu, Creata juga memiliki layanan pembuatan website untuk company profile, toko online, dan lainnya dengan proses cepat dan responsif serta design yang bisa Anda custom sesuai keinginan.


Untuk harganya tidak perlu diragukan lagi karena Creata menjamin harga paket layanan yang diberikan terjangkau dan pastinya bisa membantu Anda untuk meningkatkan omset bisnis. Tanpa berlama-lama lagi, segera konsultasikan bisnis Anda sekarang dengan
Creata!


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: