Sebagai pebisnis di era sekarang, selain harus berfokus pada kegiatan operasional, melakukan kegiatan pemasaran tentu menjadi perhatian penting untuk meningkatkan pertumbuhan pada bisnis. Perusahaan pun pasti membutuhkan sarana untuk memasarkan produk agar tepat sasaran.
Kegiatan pemasaran memerlukan pendekatan yang terpadu dan konsistensi agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Selain itu, perlu juga merancang strategi untuk memperluas sasaran target audiens agar penjualan dapat meningkat.
Namun, jika pebisnis melakukannya sendiri maka biaya dan waktu yang dikeluarkan tentu tidaklah sedikit. Dengan banyaknya kebutuhan tersebut,
marketing agency dan
advertising agency hadir di tengah masyarakat untuk menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut.
Tidak jarang keduanya kerap kali disalahartikan, walaupun tujuannya sama-sama meningkatkan sales namun pendekatan serta hasil yang mereka berikan berbeda.
Advertising agency berfokus pada layanan iklan dan direct marketing seperti campaign. Namun,
marketing agency memberikan konsultasi pengembangan strategi marketing
Selain itu, ada juga perbedaan-perbedaan lain yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa mereka. Berikut adalah penjelasannya.
1.Keterampilan yang Berbeda
Tim dalam marketing agency umumnya memiliki background dalam bekerja di departemen marketing pada perusahaan di mana mereka memperoleh pengalaman dalam market research, pengembangan strategi dan produk, serta program marketing.
Sedangkan,
advertising agency memiliki tim yang mencakup orang-orang dengan perencanaan pada berbagai media periklanan dan kreativitas tinggi, mereka juga pastinya memiliki pengalaman dalam menyampaikan pesan kepada target audiens.
2.Layanan yang Diberikan
Kedua agency ini tentunya memiliki layanan yang berbeda, marketing agency menawarkan berbagai jenis layanan marketing seperti content marketing, social media management, paid advertising, desain grafis, SEO, dan masih banyak lagi. Marketing agency dapat membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran dan memberikan arahan pada gaya berkomunikasi bisnis Anda. Di lain sisi, advertising agency memiliki spesialisasi ahli dalam strategi iklan, placement, dan distribusi. Mereka juga bisa memberi saran dalam segi kreatif.
3. Outsourcing
Jika Anda memerlukan bantuan untuk mengembangkan strategi pemasaran atau menangani kegiatan pemasaran seperti mengembangkan produk baru atau memilih saluran distribusi yang tepat, Anda bisa memilih marketing agency dibandingkan dengan advertising agency.
Anda dapat menggunakan
marketing agency sebagai layanan outsourcing. Menurut konsultan Business2Community, sebuah perusahaan tanpa tim marketing menganggap bahwa mengoutsource
marketing agency adalah solusi hemat biaya karena mereka dapat memanfaatkan pengalaman para profesional yang menunjukkan hasil kerja terbaik dibandingkan dengan spesialis yang bekerja secara full time.
4. Cara Berkomunikasi
Ketika sudah menentukan sebuah strategi marketing, Anda perlu memilih media komunikasi yang tepat untuk mencapai objective yang diinginkan. Advertising agency adalah pilihan pertama Anda jika Anda ingin berkomunikasi dengan pelanggan melalui press advertising, broadcast advertising, online advertising atau direct marketing.
Marketing agency umumnya tidak menggunakan cara berkomunikasi pada target audiens dengan cara seperti itu. Mereka akan memberitahu Anda tentang solusi komunikasi yang sesuai dengan strategi pemasaran yang Anda inginkan sehingga investasi yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Jika ingin menemukan strategi marketing yang tepat, Anda bisa mengandalkan Creata. Creata adalah
marketing agency yang terdiri dari tim profesional dan berpengalaman dalam pembuatan strategi digital marketing, dan memiliki berbagai layanan seperti jasa social media maintenance, lalu SEO agar website Anda bisa direkomendasikan oleh mesin pencari Google, Social Media Ads (SMA) untuk memasang iklan di media sosial seperti Instagram ads, Facebook ads, Youtube ads, dan lainnya. Ada pula layanan Search Engine Marketing (SEM) untuk yang ingin memasang iklan di Google.
Tidak hanya itu, Creata juga memiliki layanan pembuatan website untuk company profile, toko online, dan lainnya dengan proses cepat dan responsif serta design yang bisa Anda custom sesuai keinginan.
Untuk harganya tidak perlu diragukan lagi karena Creata menjamin harga paket layanan yang diberikan terjangkau dan pastinya bisa membantu Anda untuk meningkatkan omset bisnis. Tanpa berlama-lama lagi, segera konsultasikan bisnis Anda sekarang dengan
Creata!
All Rights Reserved | Creata.id