Blog Layout

Ini Dia 7 Istilah Marketing Online yang Wajib Anda Ketahui

Author : Gladys Arivia
Mar 22, 2022

Begitu cepatnya perkembangan tren di dunia marketing online, menuntut para pebisnis dari skala kecil maupun besar, untuk mengerti istilah-istilah yang dipakai yang ada di dalamnya.


Dengan cakupan yang sangat luas tersebut, mungkin Anda sendiri terkadang bingung ketika melihat istilah marketing online yang begitu banyak dan terdengar asing. 


Memahami istilah khusus ini sangat penting agar pemilik bisnis memahami apa yang sedang mereka kelola dan menjadi panduan saat sedang merencanakan campaign marketing online yang tepat dan efektif. 


Untuk itu, kami sudah merangkum 7 istilah terbaru dalam marketing online beserta dengan penjelasan lengkapnya. 

istilah marketing online

1. Cost Per Action (CPA)


Istilah yang pertama adalah CPA atau Cost Per Action, yaitu komisi yang Anda dapatkan ketika user yang ditargetkan melakukan suatu aksi (action). Action tersebut bisa mencakup registrasi landing page, mengisi mendaftar sesuatu, atau membeli produk, dan lain sebagainya.


CPA dinilai menjadi salah satu cara termudah dan praktis untuk mendapatkan penghasilan, karena komisi yang diberikan cukup besar dan beragam, mulai dari $0.01 hingga $50. 


2. Pay Per Click (PPC)


Selanjutnya adalah Pay Per Click atau biasanya dikenal dengan PPC. Ini adalah sebuah model iklan berbayar dalam marketing online di mana pemasang iklan membayar biaya kepada jasa penyedia iklan untuk setiap klik pada iklan. Contoh yang paling populer adalah dengan menggunakan Google Ads. 


Sebagai contoh, Anda memasang iklan di Google Ads dengan beberapa keyword, lalu keyword tersebut dicari oleh pengguna internet. Saat mereka mencari, iklan yang Anda pasang muncul di rangkin teratas. Lalu, ketika mereka mengklik iklan tersebut dan menuju website Anda maka klik tersebut yang Anda bayar.


Memanfaatkan PPC akan memberi keuntungan berupa potensi konversi yang besar namun biaya yang Anda bayarkan relatif kecil.


3. Online Presence


Online presence adalah salah satu marketing online yang penting dalam sebuah bisnis. Online presence sendiri memiliki arti kehadiran online atau ketersediaan informasi seputar bisnis Anda yang bisa ditemukan secara online, biasanya melalui website, media sosial, ataupun hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google. 


Menurut studi
milkwhale.com, lebih dari 80% konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Oleh sebab itu, kehadiran informasi produk atau jasa yang Anda jual wajib ada di Internet, agar informasi mudah diakses dan dibeli. 


4. Lead Generation


Ketika Anda sudah membangun online presence melalu media sosial atau website, istilah marketing online selanjutnya adalah lead generation. Lead generation adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk menarik orang-orang agar mengetahui bisnis kita dan merubah mereka menjadi calon konsumen potensial.


5. Call to Action (CTA)

 

Istilah ini mungkin sering terdengar di kuping Anda, CTA atau Call to Action adalah sebuah ajakan kepada calon konsumen untuk melakukan sebuah tindakan tertentu. Contohnya, berlangganan email, membeli produk atau jasa, informasi kontak, dan lain sebagainya.


Strategi marketing online ini bisa berupa teks atau gambar yang dapat mendorong calon konsumen untuk melakukan tindakan yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Misalnya, “Beli sekarang juga”, “Daftar gratis sekarang”, “Pelajari Lebih Lanjut”, dan sebagainya.


6. Remarketing


Karena tidak semua orang yang berkunjung ke website Anda berubah menjadi konsumen, maka remarketing perlu dilakukan. Remarketing adalah salah satu marketing online agar tetap terkoneksi dengan orang-orang yang sebelumnya sudah pernah berinteraksi di website, aplikasi, e-commerce ataupun media sosial. 


Caranya adalah dengan membuat iklan khusus yang ditujukan kepada user yang sebelumnya pernah berinteraksi. Sebagai contoh, Anda baru saja mengunjungi website A kemudian ketika Anda membuka website lain Internet. Tanpa diduga, iklan dari website A tadi muncul di layar. 


Inilah yang dinamakan strategi remarketing untuk mendorong user melakukan pembelian atau meningkatkan brand awareness. 


7. Conversion


Konversi adalah conversion adalah ketikan calon konsumen melakukan tindakan menguntungkan yang Anda sudah rencanakan, misalnya pembelian,mengunduh ebook, berlangganan newsletter, dan lainnya. 


Contohnya, iklan yang Anda pasang di website Anda dilhat oleh 100 orang dan 20 orang di antaranya melakukan pembelian, maka tingkat konversi yang Anda dapat 20%. 


Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konversi agar menarik lebih banyak konsumen. Jika menurut Anda itu penting namun tidak mengetahui caranya, Creata adalah solusinya.


Creata adalah digital marketing agency yang telah berpengalaman dalam menangani berbagai bidang bisnis. Creata sendiri memiliki banyak layanan yang bisa membantu bisnis Anda untuk berkembang dan meningkatkan omset, seperti SEO agar website Anda berada di halaman pertama Google, lalu SEM jika ingin beriklan melalui Google Ads, dan SMA untuk beriklan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lainnya. 


Tidak hanya itu saja, Creata memiliki layanan pembuatan website yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan desain yang menarik dan profesional. Anda tidak perlu khawatir karena semua bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Tanpa berlama-lama lagi, segera konsultasikan bisnis Anda sekarang juga bersama
Creata


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: