Dalam dunia marketing agar bisa meningkatkan penjualan dibutuhkan teknik copywriting yang menarik. Pada dasarnya, membuat copywriting bisa dilakukan sembarangan dan tidak dapat dibuat dengan sembarangan orang karena membutuhkan kreativitas, serta adanya beberapa cara membuat copywriting sehingga bisa menjual produk dengan baik. Copywriting sendiri adalah metode membuat materi yang dilakukan untuk mengiklankan produk berupa tulisan sehingga calon konsumen tertarik untuk melakukan tindakan, termasuk melakukan pembelian.
Sebenarnya, cara membuat copywriting tidak begitu sulit, asalkan Anda bisa membuat penulisan yang mudah dipahami dan dapat mengunggah minat calon pembeli. Copywriting bisa digunakan di mana saja, baik di website maupun media sosial, yang umumnya dilakukan para pebisnis yang ingin memasarkan produknya secara digital. Bagi yang ingin memasarkan produk secara digital, ketahui dulu beberapa cara membuat copywriting berikut yang dapat menggaet banyak audiens, bahkan sampai meningkatkan penjualan.
Tentu saja hal utama ketika ingin membuat copywriting adalah memahami produk yang ingin dijual atau jasa yang ditawarkan agar tidak memberikan informasi palsu kepada khalayak luas. Dengan memahami produk dengan baik maka pembuatan copywriting tentu akan relevan dengan barang atau jasa yang dijualnya sehingga konsumen menjadi yakin dan percaya. Anda bisa memasukan beberapa informasi terkait produk, seperti fitur dasarnya, fitur yang diunggulkan, atau keuntungan yang akan konsumen dapatkan bila membeli produk yang ditawarkan.
Cara membuat copywriting bisa dengan menentukan target audiensnya. Mulai dari usia, jenis kelamin, minat, kebiasaan, hingga lokasinya. Tujuannya adalah untuk menentukan konsep dari pembuatan penulisan tersebut agar tidak adalah salah penulisan yang diberikan. Sebab, hal tersebut bisa berdampak terhadap penjualan dari produk.
Gaya bahasa juga menjadi salah satu cara yang membuat tulisan Anda terlihat menarik dan mudah dipahami. Bila target audience Anda adalah anak remaja maka bisa menggunakan kata-kata yang santai, namun tetap jelas dan mudah dimengerti. Juga, bisa menggunakan kata atau kalimat yang sedang viral agar bisa menarik audiens untuk melirik copy Anda, namun pastikan kata atau kalimatnya dibuat senyambung mungkin dengan copywriting yang ingin disampaikan.
Sekilas memang call to action atau CTA ini terbilang tidak memiliki kepentingan. Namun, sebenarnya cara membuat copywriting yang tepat adalah memasukkan CTA yang dijadikan sebagai daya tarik atau ajakan yang menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Salah satu contoh CTA yang bisa Anda masukan di dalam copywriting adalah “hubungi di sini”, “segera daftar”, “mulai sekarang”, “coba gratis”, dan lain sebagainya yang berupa ajakan untuk melakukan tindakan.
Buat yang belum tahu, headline ini merupakan selling point yang ditulis secara singkat dan jelas. Secara sederhananya, headline adalah judul dari copywriting Anda yang dapat membuat para pengguna internet tertarik untuk membaca keseluruhan informasi yang diberikan.
Baca juga: Tips Copywriting Jualan yang Menarik dan Bisa Gaet Banyak Audiens
Itulah beberapa cara membuat copywriting yang dapat menjual bisnis Anda dengan baik. Apabila Anda membuat copywriting untuk kebutuhan konten website, pastikan isi dari konten tersebut sesuai dengan kata kunci yang sering dicari oleh para konsumen. Peran kata kunci ini penting untuk menyelaraskan iklan atau konten yang sudah Anda buat dengan yang sedang dicari oleh banyak orang. Tujuan dari kata kunci ini adalah agar website lebih mudah ditemukan oleh target pasar sehingga juga bisa meningkatkan traffic web tersebut.
Jika membutuhkan bantuan untuk copywriting di website atau media sosial, Anda bisa menghubungi Creata. Platform digital ini memiliki layanan Creata Expert Solution yang terdiri dari banyak pilihan layanan yang bisa membantu meningkatkan online presence bisnis, salah satunya layanan copywriting. Creata memiliki tim dengan anggota ahli dan memiliki wawasan seputar copywriting sehingga bisa menghasilkan copy yang menarik, serta tepat sasaran.
Anda cukup sampaikan kebutuhan dan target dari copy tersebut, serta platform apa yang ingin dipilih sebagai medianya, nantinya Creata akan menyiapkan strategi dan mengeksekusinya semenarik mungkin. Setiap bulannya pun Anda akan mendapatkan laporan performa dari copywriting yang dibuat sehingga pekerjaan lebih transparan dan memudahkan dalam membuat strategi untuk bulan selanjutnya.
Sudah banyak bisnis yang mengandalkan Creata untuk layanan copywriting dan Anda bisa menjadi selanjutnya. Konsultasikan kebutuhan copywriting Anda kepada Creata sekarang juga dengan cara klik di sini. Jika ingin mempelajari cara membuat copywriting lebih lanjut atau berbagai strategi beriklan di dunia digital, silakan baca berbagai Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id