Blog Layout

Contoh Nama Domain yang Bagus dan Tips Memilihnya

Author : Rossa Putri
Nov 30, 2022

Tertarik untuk berbisnis secara online dengan menggunakan website? Untuk membangun branding yang bagus terhadap bisnis yang Anda jalankan perlunya untuk menentukan nama domain yang sesuai terlebih dahulu. Domain bisa dijadikan sebagai pondasi agar bisnis Anda bisa lancar di dunia digital dan mudah untuk ditemukan. 



Jika bingung menentukan nama domain yang bagus, pada artikel ini akan diberikan beberapa contoh nama domain yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun, pastikan dari sederet contoh nama domain yang diberikan berikut tetap Anda pikirkan matang-matang karena dapat dijadikan sebagai identitas dari bisnis. Sebelum diberikan beberapa contoh nama domain yang bisa Anda pilih, pastikan mengetahui terlebih dahulu tips memilihnya agar tidak salah buat.


contoh nama domain


Tips Memilih Nama Domain


Dalam memilih nama domain memang tidak bisa sembarangan meskipun kini sudah banyak contoh nama domain yang tersebar luas di internet. Usahakan nama domain yang Anda lihat sesuai dengan tujuan awal dan tidak sembarangan.


1. Mudah Diketik


Pastikan bahwa nama domain yang Anda tentukan mudah untuk diketik. Anda bisa memperhatikan penggunaan huruf yang ada, terkadang huruf yang berulang bisa menyulitkan orang untuk mengetikannya. Disarankan untuk menghindari huruf berulang pada nama domain tersebut.


2. Nama yang Singkat


Agar nama domain Anda mudah untuk diingat dan diketik maka bisa memilih nama yang singkat agar tidak menyulitkan pengunjung dalam mengenali domain tersebut. Jika Anda memilih nama domain yang singkat dan pendek maka kemungkinan besar akan lebih cepat diingat oleh orang.


3. Ada Kata Kunci Bisnis


Untuk memudahkan pengunjung ingat nama domain Anda, bisa memasukkan kata yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Bila Anda berbisnis baju bisa memasukkan kata “baju” di dalam nama domain tersebut. Tak hanya memudahkan pengunjung untuk ingat, namun menggunakan kata kunci dalam domain juga membantu SEO untuk berada di halaman pertama, bahkan di posisi teratas.


4. Sesuaikan Ekstensi dengan Target Area


Apabila Anda menargetkan pengunjung target orang Indonesia maka bisa menggunakan ekstensi dengan domain (.co.id), (.id), atau (.com). 


5. Hindari Angka atau Tanda Sambung


Usahakan untuk tidak menggunakan nama domain dengan menggunakan angka atau tanda sambung karena hal tersebut bisa merumitkan. Sebagai contoh, nama “facebook” berubah menjadi “face-book” maka akan sangat merepotkan dan kurang efektif


Contoh Nama Domain


Usai membaca beberapa tips dalam memilih nama domain, berikut ini akan diberikan beberapa contoh nama domain yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.


1. Tokopedia.com


Sejak munculnya Tokopedia sudah menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia karena faktor promosi yang besar dan nama domain yang bagus. Untuk orang yang masih awam tentu akan mudah untuk mengartikan nama domain tersebut, yang berartikan toko online serba ada. Pada umumnya, nama domain yang bagus adalah nama yang dapat mendeskripsikan produk dan isi website yang jelas.

 

2. Kaskus.co.id


Nama domain kaskus.co.id cukup terkenal di tengah masyarakat Indonesia dan namanya tersebut berasal dari brand kaskus yang diambil dari akronim kasak kusuk. Nama domain ini digunakan pada website yang menggambarkan aktivitas forum yang berisikan rumor atau bahan obrolan.


3. Theindustry.fashion


Contoh nama domain satu ini terbilang inspiratif karena menggunakan nama yang mudah dieja dan mudah diingat oleh para pengunjung. Selain itu, mereka meletakkan nama “fashion” pada domain yang menggambarkan produk yang mereka jual.


Langkah awal dalam memulai bisnis online memang menentukan nama domain yang menarik untuk website bisnis. Untuk menentukan nama domain memang susah-susah gampang. Akan tetapi, kini sudah tidak perlu repot lagi karena saat ini sudah terdapat jasa pembuat website yang akan membantu Anda memilihkan nama domain yang bagus.


Baca juga: Cara Memaksimalkan Website Penjualan Online Biar Makin Cuan


Selain kebutuhan domain, masih banyak komponen penting lainnya yang dibutuhkan dalam membuat website. Anda bisa cek berbagai Cerita Creata untuk membaca informasi seputar website dan digital marketing untuk mengembangkan online presence bisnis Anda.


Baca juga: 4 Hal Ini Wajib Ada di Web Company Profile Bisnis Anda!


Untuk kebutuhan domain, Anda bisa mengandalkan Creata. Sebagai salah satu platform digital ternama di Indonesia, Creata hadirkan web builder platform untuk kemudahan membuat web secara mudah dan Creata Expert Solutions untuk layanan pembuatan website. Nantinya Creata akan membantu Anda mencarikan nama domain yang tepat dan sesuai bisnis. Selain itu, juga membuat, mendesain, me-maintenance, dan memasarkan website Anda agar mudah ditemukan khalayak luas. Untuk hal ini Anda bisa konsultasikan langsung kepada Tim Creata dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah 24 Feb, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah 23 Feb, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah 22 Feb, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah 21 Feb, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah 20 Feb, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah 19 Feb, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah 26 Jan, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: