Copywriting merupakan suatu metode yang dilakukan untuk menarik minat konsumen dengan tujuan membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan dalam bentuk tulisan. Perlu diketahui, copywriting jualan adalah salah satu teknik untuk memasarkan produk dengan menggunakan kata-kata. Dengan pemilihan kata yang tepat bisa memengaruhi orang untuk membeli atau memakai produk yang diiklankan.
Dalam proses pembuatan copywriting memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena membutuhkan kreativitas sehingga Anda dapat menjual produk kepada khalayak. Meski terkesan sulit, namun Anda tak perlu khawatir karena kenyataannya membuat copywriting tidaklah sesulit yang dipikirkan karena yang terpenting Anda dapat membuat penulisan yang mudah dipahami dan dapat menarik minat calon pelanggan untuk membelinya. Copywriting bisa dipakai di seluruh platform berjualan mana pun, mulai dari website, media sosial, dan media digital lainnya.
Bagi pebisnis atau marketer yang ingin mempelajari bagaimana cara membuat copywriting jualan yang menarik agar produk atau jasanya semakin dilirik audiens, simak artikel ini hingga selesai. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa tips membuat copywriting jualan yang menarik beserta dengan contohnya untuk menjadi referensi Anda.
Tertarik mempelajari copywriting untuk menggaet calon pembeli Anda? Jika iya, berikut ini ada beberapa langkah yang perlu Anda pahami untuk membuat copywriting jualan yang bagus dan bisa memikat pelanggan agar melakukan pembelian.
Secara sekilas memang kata “tanpa” seperti tidak memiliki artinya. Akan tetapi, kata tersebut bisa memberikan pengaruh yang cukup besar dalam pemasaran. Sebagai contoh, “Belanja Pakaian Modern Tanpa Harus Keluar Rumah”. Dengan adanya kata “tanpa” menandakan sebuah kemudahan bagi para konsumen karena mereka tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan pakaian modern yang diinginkan. Jadi, pastikan kalimat yang dibuat mengandung makna kemudahan bagi audiens.
Mengetahui target audience dari bisnis yang Anda jalankan adalah suatu hal penting agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan copywriting jualan yang bagus tak hanya menarik, tapi juga bisa sampai ke target audiensnya. Tentukan target audiens iklan Anda, seperti berapa rentang usianya, apa jenis kelaminnya, di mana lokasinya, apa kesukaannya, dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar bisa membuat tulisan yang sesuai dengan target audience Anda. Apabila target audiencenya adalah kalangan anak muda maka bisa menggunakan kata-kata yang lebih santai dan tidak kaku. Bahkan, Anda bisa menggunakan kata-kata yang tengah hits di kalangan anak muda. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun dapat berdampak besar bagi penjualan produk.
Untuk kata ajaib memang ada banyak yang bisa Anda gunakan di dalam copywriting jualan, mulai dari kata gratis, ampuh, rahasia, dijamin, cepat, praktis, solusi, diskon, dan lainnya. Tentu saja dengan kata ajaib tersebut dapat memengaruhi konsumen untuk membeli atau memakai produk yang dijual. Sebagai contoh, Anda menjual produk kecantikan kulit dan menggunakan copywriting “Pakai Toner Merk Mawar Dijamin Ampuh Cepat Hilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat”. Bagi yang membacanya pastinya akan tergiur untuk mencobanya, bukan? Apalagi kini setiap orang menginginkan cara yang serba cepat dan mudah.
CTA merupakan suatu kalimat pendek yang sering kali dimasukkan ke dalam copywriting jualan untuk mempengaruhi pembaca dalam melakukan tindakan. Mulai dari “segera hubungi di sini”, “daftarkan sekarang”, atau “klik di sini”, “download di sini”, “beli sekarang”, “gabung sekarang”, dan masih banyak lagi yang berupa ajakan untuk melakukan suatu tindakan. Adanya CTA dapat menjadi daya tarik pelanggan dalam melakukan tindakan pembelian.
Sebagai pebisnis tentu saja hal utama dan paling penting adalah memahami produk Anda dengan baik. Tujuannya adalah agar dapat menjelaskan secara detail dan jelas kepada pelanggan apabila produk tersebut benar-benar berkualitas. Selain itu, dengan memahami produk maka akan berdampak baik pada saat pembuatan copywriting karena hasilnya lebih relevan sehingga pelanggan akan lebih yakin untuk melakukan pembelian. Informasi produk yang diberikan bisa berupa keunggulan dari produk tersebut, fitur dasarnya, dan manfaat bagi pembeli.
Dengan adanya kata tambahan “dan” dapat menonjolkan kelebihan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan sehingga dapat memastikan kepada para calon pembeli bahwa produk yang dijual tidak asal-asalan. Namun, juga harus memastikan adanya kelebihan produk yang diiklankan pada copywriting jualan agar konsumen tidak menganggap bahwa bisnis Anda menawarkan banyak kelebihan atau keunggulan. Untuk kata tambahan “dan” bisa Anda gunakan seperti “Andalkan Creata untuk Tampilan Website yang menarik dan Akses Cepat”. Adanya dua kelebihan dalam satu kalimat copywriting bisa membuat audiens merasa bahwa brand tersebut menawarkan banyak keunggulan.
Hingga saat ini, setiap orang akan membaca berbagai informasi secara kilat dan cepat. Oleh karena itu pastikan Anda membuat headline yang benar-benar menarik sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi website. Pastikan Anda membuat headline yang singkat dan jelas agar para pengguna internet menjadi lebih tertarik untuk membaca keseluruhan informasi produk yang disampaikan.
Baca juga: 5 Cara Membuat Copywriting yang Menarik dan Menjual
Berikut ini contoh copywriting jualan secara nyata yang sudah digunakan oleh salah satu brand kecantikan. Contoh copywriting berikut bisa Anda jadikan sebagai referensi atau inspirasi dalam membuat copywriting yang menarik.
Pernah dengar mengenai produk kecantikan “MS Glow” yang saat ini sedang viral di dunia media sosial? Brand kecantikan ini menggunakan beberapa kata-kata yang sudah dijelaskan di atas, dengan adanya kata “dan” dan adanya kata ajaib, yakni “Yuk, pakai rangkaian skincare dari MS Glow! Rangkaian paket whitening + red jelly dapat mencerahkan kulit yang kusam, mengencangkan, menghilangkan flek, dan bekas jerawat di kulit secara maksimal. Paket whitening series diformulasikan khusus untuk kulit kusam sehingga akan tampak lebih sehat, putih, dan juga glowing!”.
Baca juga: Bingung Gimana Cara Membuat Iklan yang Menarik Banyak Orang? Simak 5 Rahasianya Berikut Ini!
Itulah berbagai tips membuat copywriting jualan yang menarik beserta dengan referensinya. Diharapkan informasi tersebut dapat membantu Anda membuat copywriting yang menarik sehingga bisa mendapatkan banyak calon pembeli. Untuk melihat contoh copywriting jualan lainnya atau informasi lain seputar digital marketing, Anda bisa membaca berbagai Cerita Creata.
Bagi yang merasa kesulitan membuat copywriting yang menarik dan membutuhkan bantuan, Anda bisa menggunakan penyedia jasa yang ahli agar copy yang dibuat tampak profesional. Untuk hal ini, Anda bisa andalkan Creata. Merupakan digital agency terkemuka di Indonesia, Creata tawarkan beragam layanan untuk mendigitalkan bisnis. Dua di antaranya ada layanan SEM untuk beriklan di Google dan layanan beriklan di berbagai media sosial, termasuk juga melayani bagian copywriting. Sudah banyak brand dari berbagai bidang bisnis yang menggunakan jasa Creata untuk dibuatkan iklan dan copywriting yang menarik. Mereka memiliki tim dengan anggota yang sudah ahli dan berpengalaman dalam pembuatan copywriting jualan sehingga akan menghasilkan tulisan yang dapat menarik banyak pelanggan. Setiap bulan nantinya Anda akan mendapatkan informasi terkait performa dari copywriting yang Creata buat sehingga pekerjaan akan lebih transparan. Anda pun bisa berkonsultasi dahulu seputar kebutuhan copywriting seperti apa yang dibutuhkan kepada Tim Creata. Caranya mudah, cukup klik di sini untuk terhubung dengan mereka.
All Rights Reserved | Creata.id