Blog Layout

Biaya Facebook Ads dan Beragam Metode Pembayarannya

Author : Rossa Putri
October 12, 2022

Kini, Facebook menjadi platform beriklan paling efektif yang digunakan. Ini dikarenakan banyaknya pengguna platform tersebut yang mencapai 2 miliaran dan mudahnya saat ini dalam memasarkan bisnis melalui fitur Facebook ads. Tak heran bila banyak pebisnis yang memutuskan mencoba beriklan melalui Facebook ads.



Anda sebagai pebisnis pun tidak ada salahnya bila mencoba Facebook ads untuk memasarkan produk atau jasa. Namun, sebelum memutuskan mencoba fitur Facebook tersebut, ketahui dulu berapa kisaran biaya Facebook ads agar memudahkan Anda untuk menyiapkan budget. Berikut ini rencana biaya facebook ads dan berbagai metode pembayarannya.


ini biaya facebook ads


Biaya Facebook Ads


Pada dasarnya, biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan iklan di Facebook adalah fleksibel. Tak ada patokan pasti biaya yang perlu dikeluarkan. Facebook pun resmi menyampaikan bahwa tidak membatasi biaya dalam beriklan di platformnya. Anda bisa membuat anggaran, misalnya 100 ribu seminggu atau juga bisa sejuta seminggu karena dari pihak Facebook lah yang akan mencoba memaksimalkan budget Anda untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin sesuai target audiens dan tujuannya.


Rencana Biaya Facebook Ads


Berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang bisa digunakan agar memiliki rencana biaya Facebook Ads yang optimal sesuai kebutuhan.


1. Menghabiskan Keseluruhan


Apabila ingin mengeluarkan budget 100 ribu rupiah untuk satu minggu maka biaya tersebut bisa langsung dimasukan seluruhnya pada Facebook ads dengan waktu batasan satu minggu. Nantinya biaya Facebook ads tersebut akan diatur dengan baik dalam kurun waktu satu minggu dan kisaran penonton yang akan melihat iklan tersebut. 


2. Sesuai Hasil yang Didapatkan


Bisa juga melalui cara pay per click atau mengeluarkan biaya sesuai dengan hasil yang didapatkan, Cara tersebut dianggap cukup menguntungkan karena Anda hanya perlu mengeluarkan dana sesuai dengan hasil yang didapatkan atau seberapa banyak audience yang melihat iklan tersebut.


Metode Pembayaran Biaya Facebook Ads


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, biaya Facebook Ads bisa diatur secara bulanan atau tahunan. Metode pembayaran yang dapat dilakukan menjadi dua, yaitu ada CPM (Cost per 1000 Mille) dan CPC (Cost Per Click), berikut ini penjelasannya.


  • CPC


CPC memiliki konsep yang sama seperti pay per click. Namun, metode pembayaran ini berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para pengguna. Secara sederhana, dilakukan dengan membagi biaya iklan terhadap jumlah klik pada link tersebut. Semakin banyak pengguna yang mengklik maka biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih besar.


  • CPM


Metode pembayaran ini dilakukan dengan tujuan menentukan biaya tayang iklan untuk dijadikan sebagai patokan. Perhitungannya adalah menentukan biaya per 1000 kali tayangan yang dilihat oleh para penggunanya.


Cara Kerja Facebook Ads


Setelah mengetahui biaya Facebook ads, kini akan dijelaskan cara kerja dari fitur tersebut. Facebook ads hanya dapat digunakan bagi para pengguna fanpage atau akun bisnis yang dapat merepresentasikan dengan fitur-fitur yang unik dan mempermudah pengguna untuk mengaksesnya. 


Anda akan diminta untuk memahami tujuan diadakannya campaign dari iklan tersebut untuk mempengaruhi biaya iklan dan tujuannya juga untuk menaikkan transaksi produk atau minat calon pembeli. Untuk mengetahui tujuan campaign, Anda harus mengenali target market yang ingin dicapai, kompetitor, dan target audience.  Apabila sudah mengetahui tujuan campaign maka akan lebih mudah untuk memasang iklan pada Facebook ads dan tidak mengeluarkan dana lebih banyak karena iklan sesuai sasaran. 


Baca juga: Ikuti Sejumlah Cara Membuat Halaman di Facebook dengan Handphone


Itulah informasi seputar biaya Facebook ads dan juga cara kerjanya bila ingin memasang iklan pada platform tersebut. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan khusus dalam memasang iklan di Facebook ads maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari tim profesional. Artikel ini menyarankan Anda menggunakan jasa Creata


Sebagai digital agency yang profesional, Creata melayani beriklan di Facebook untuk berbagai bidang bisnis. Tak perlu khawatir soal biayanya karena Creata pun tawarkan harga layanan yang terbilang terjangkau di kalangannya dan tanpa biaya tambahan. Meski demikian, hasil kerja Creata profesional dan bisa membuat iklan menarik yang menggaet target audiens yang potensial.


Anda bisa mengonsultasikan kebutuhan Facebook ads kepada Tim Creata dengan cara klik di sini. Sementara, bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar Facebook ads atau digital marketing bisa membaca beragam Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: