Kini, Facebook menjadi platform beriklan paling efektif yang digunakan. Ini dikarenakan banyaknya pengguna platform tersebut yang mencapai 2 miliaran dan mudahnya saat ini dalam memasarkan bisnis melalui fitur Facebook ads. Tak heran bila banyak pebisnis yang memutuskan mencoba beriklan melalui Facebook ads.
Anda sebagai pebisnis pun tidak ada salahnya bila mencoba Facebook ads untuk memasarkan produk atau jasa. Namun, sebelum memutuskan mencoba fitur Facebook tersebut, ketahui dulu berapa kisaran biaya Facebook ads agar memudahkan Anda untuk menyiapkan budget. Berikut ini rencana biaya facebook ads dan berbagai metode pembayarannya.
Pada dasarnya, biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan iklan di Facebook adalah fleksibel. Tak ada patokan pasti biaya yang perlu dikeluarkan. Facebook pun resmi menyampaikan bahwa tidak membatasi biaya dalam beriklan di platformnya. Anda bisa membuat anggaran, misalnya 100 ribu seminggu atau juga bisa sejuta seminggu karena dari pihak Facebook lah yang akan mencoba memaksimalkan budget Anda untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin sesuai target audiens dan tujuannya.
Berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang bisa digunakan agar memiliki rencana biaya Facebook Ads yang optimal sesuai kebutuhan.
Apabila ingin mengeluarkan budget 100 ribu rupiah untuk satu minggu maka biaya tersebut bisa langsung dimasukan seluruhnya pada Facebook ads dengan waktu batasan satu minggu. Nantinya biaya Facebook ads tersebut akan diatur dengan baik dalam kurun waktu satu minggu dan kisaran penonton yang akan melihat iklan tersebut.
Bisa juga melalui cara pay per click atau mengeluarkan biaya sesuai dengan hasil yang didapatkan, Cara tersebut dianggap cukup menguntungkan karena Anda hanya perlu mengeluarkan dana sesuai dengan hasil yang didapatkan atau seberapa banyak audience yang melihat iklan tersebut.
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, biaya Facebook Ads bisa diatur secara bulanan atau tahunan. Metode pembayaran yang dapat dilakukan menjadi dua, yaitu ada CPM (Cost per 1000 Mille) dan CPC (Cost Per Click), berikut ini penjelasannya.
CPC memiliki konsep yang sama seperti pay per click. Namun, metode pembayaran ini berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para pengguna. Secara sederhana, dilakukan dengan membagi biaya iklan terhadap jumlah klik pada link tersebut. Semakin banyak pengguna yang mengklik maka biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih besar.
Metode pembayaran ini dilakukan dengan tujuan menentukan biaya tayang iklan untuk dijadikan sebagai patokan. Perhitungannya adalah menentukan biaya per 1000 kali tayangan yang dilihat oleh para penggunanya.
Setelah mengetahui biaya Facebook ads, kini akan dijelaskan cara kerja dari fitur tersebut. Facebook ads hanya dapat digunakan bagi para pengguna fanpage atau akun bisnis yang dapat merepresentasikan dengan fitur-fitur yang unik dan mempermudah pengguna untuk mengaksesnya.
Anda akan diminta untuk memahami tujuan diadakannya campaign dari iklan tersebut untuk mempengaruhi biaya iklan dan tujuannya juga untuk menaikkan transaksi produk atau minat calon pembeli. Untuk mengetahui tujuan campaign, Anda harus mengenali target market yang ingin dicapai, kompetitor, dan target audience. Apabila sudah mengetahui tujuan campaign maka akan lebih mudah untuk memasang iklan pada Facebook ads dan tidak mengeluarkan dana lebih banyak karena iklan sesuai sasaran.
Baca juga: Ikuti Sejumlah Cara Membuat Halaman di Facebook dengan Handphone
Itulah informasi seputar biaya Facebook ads dan juga cara kerjanya bila ingin memasang iklan pada platform tersebut. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan khusus dalam memasang iklan di Facebook ads maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari tim profesional. Artikel ini menyarankan Anda menggunakan jasa Creata
Sebagai digital agency yang profesional, Creata melayani beriklan di Facebook untuk berbagai bidang bisnis. Tak perlu khawatir soal biayanya karena Creata pun tawarkan harga layanan yang terbilang terjangkau di kalangannya dan tanpa biaya tambahan. Meski demikian, hasil kerja Creata profesional dan bisa membuat iklan menarik yang menggaet target audiens yang potensial.
Anda bisa mengonsultasikan kebutuhan Facebook ads kepada Tim Creata dengan cara klik di sini. Sementara, bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar Facebook ads atau digital marketing bisa membaca beragam Cerita Creata.
All Rights Reserved | Creata.id