Blog Layout

Tips Mengelola Iklan Facebook Ads Supaya Lebih Hemat

Author : Rossa Putri
October 13, 2022

Iklan Facebook ads kini sedang marak diperbincangkan ditengah para pebisnis. Sebab, Facebook merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh banyak orang dengan kurang lebih mencapai 170 jutaan pengguna di Indonesia. Tidak heran hal tersebut dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan agar dikenal oleh banyak orang secara cepat. Mulai dari perusahaan yang sudah besar maupun bagi yang baru membuka usahanya. 



Selain itu, iklan Facebook ads juga dianggap lebih fleksibel dibandingkan dengan media lainnya karena dapat menentukan budget pengeluarannya sendiri. Tak hanya untuk mengenalkan produk atau jasanya kepada banyak orang, Facebook ads juga dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung web dan juga meningkatkan Bagi Anda yang ingin tahu cara mengelola iklan facebook ads, simak penjelasannya berikut ini. 


mengelola iklan facebook ads


Menganalisa Kompetitor


Agar beriklan di Facebook lebih hemat, kenali terlebih dahulu pesaing dan kompetitor bisnis. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam menentukan unique selling point yang dapat dimanfaatkan untuk pembeda daripada kompetitor lainnya. Dengan begitu, nantinya bisnis Anda akan dikenal lebih cepat oleh masyarakat.


Membuat Sales Funnel


Dalam proses pembuatan iklan Facebook ads, diperlukannya juga pembuatan sales funnel untuk menggambarkan perjalanan calon pembeli pada saat tertarik dengan iklan Anda dan berakhir untuk membelinya. Sales funnel cukup dibutuhkan untuk membuat materi iklan yang sesuai dengan target market yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil akhir yang optimal.


Membuat Iklan Menarik


Konten yang menarik dan unik adalah salah satu hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan minat pembeli dalam mengunjungi situs Anda. Pastikan jika pemilihan warna, gambar, serta copywriting menarik dan bagus agar pengguna merasa tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan tersebut.


Jangan sampai pemilihan warna bertabrakan satu sama lain yang membuat audiens merasa pusing atau tidak fokus melihat iklan Anda. Jangan pula menaruh teks terlalu panjang sehingga membuat pengguna malas membacanya yang alhasil melewati iklan tersebut.


Baca juga: Contoh Facebook Ads yang Menarik dan Cara Mengoptimalkannya


Menggunakan Ads Manager Reports


Tujuan menggunakan ads manager reports dalam iklan Facebook ads adalah untuk mengecek metrik-metrik penting dalam penayangan iklan, seperti engagement, feedback dari pengunjung, daily spend, click through rates, dan masih banyak lainnya. 


Untuk performance biasanya terdapat impressions, people taking action, video views, video average watch time, dan lainnya. Kemudian, untuk performance and click terdapat cost per 1000 impressions, cost per click, link click, dan lainnya. Sementara, engagement terdiri dari post shares, offer claims, post reactions, event responses, post comments, dan lainnya.


Beragam metrik tersebut yang harus Anda perhatikan untuk mendukung keberhasilan strategi iklan yang sudah dijalankan. Apabila bagus, Anda bisa menambahkan budget yang akan dikeluarkan, namun bila sebaliknya maka harus memikirkan strategi lainnya.


Demikianlah cara mengelola iklan Facebook ads agar lebih hemat dan iklan pun bisa berjalan optimal. Apabila Anda tidak mau pusing dalam memikirkan beberapa strategi yang akan menguntungkan dan bingung cara membuat iklan yang menarik, bisa meminta bantuan dari ahlinya yang terpercaya dan berpengalaman. Artikel ini merekomendasikan Anda untuk menggunakan Creata dalam beriklan di Facebook ads. 


Creata merupakan digital agency ternama di Indonesia yang telah berpengalaman mengiklankan produk atau jasa dari berbagai bidang bisnis di Facebook. Anda cukup konsultasikan goals iklan dan budget yang dimiliki. Nantinya Creata akan membuatkan strategi iklan sesuai budget, mengeksekusinya semenarik dan seprofesional mungkin, serta nantinya setiap bulan mereka akan memberikan laporan performance iklan yang telah dibuat untuk menjadi penilaian Anda. Adanya laporan tersebut pun akan memudahkan dalam menentukan strategi yang dilakukan selanjutnya.


Nah, jika ingin berkonsultasi dengan Tim Creata, Anda bisa menghubungi mereka dengan cara klik di sini. Untuk yang ingin mempelajari seputar Facebook ads atau serba-serbi digital marketing, bisa membaca beragam Cerita Creata.


Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: