Perubahan zaman membuat cara membuat iklan juga mengalami perubahan. Dari media yang tadinya konvensional hingga kini menjadi modern dan memanfaatkan teknologi, konsep, strategi, serta cara pembuatannya yang berbeda.
Hal ini didasari oleh perkembangan teknologi, khususnya Internet dan berbagai jenis sosial media yang bisa diakses oleh siapapun. Dengan melonjaknya pengguna sosial media, para pelaku bisnis menggunakan peluang ini untuk mempromosikan usaha mereka secara online.
Beberapa pakar mengatakan, beriklan melalui sosial media adalah jurus paling efektif untuk meningkatkan penjualan dan branding. Namun, bagaimanakah cara membuat iklan yang menarik dan efektif? Berikut ini 5 rahasianya yang perlu Anda ketahui.
Tentukan Tujuan Iklan yang Ingin Dibuat
Sebelum fokus kepada cara membuat iklan, Anda perlu mengetahui tujuannya. Setiap produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan tentu memiliki tujuan iklan yang berbeda-beda. Anda perlu menentukan apakah ingin meningkatkan traffic untuk brand awareness atau untuk meningkatkan sales. Dengan mengetahui tujuan iklan yang ingin Anda buat terlebih dahulu maka nantinya akan lebih mudah untuk mencapai target yang diinginkan.
Tentukan Audiens Anda
Sosial media memiliki kemampuan untuk menampilkan iklan Anda kepada audiens yang jelas, berbeda dengan media konvensional. Setiap platform menawarkan opsi penargetan yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan target audiens dengan platformnya.
Anda perlu menentukan lokasi, jenis kelamin, dan rentang usia audiens yang ideal dan sesuai dengan target market. Dengan memiliki sasaran audiens yang tepat maka hasil yang didapatkan dari iklan yang Anda buat akan maksimal. Untuk itu, cara membuat iklan yang tepat adalah dengan menggunakan opsi penargetan di sosial media, pastikan untuk melihat estimasi jumlah audiens.
Gunakan Gambar yang Menarik Perhatian Audiens
Iklan yang menarik perhatian calon konsumen biasanya menggunakan gambar dan informasi produk yang ditawarkan. Tulisan yang terlalu panjang tanpa gambar yang mendukung cenderung tidak menarik dan membosankan.
Maka, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menambahkan gambar yang menarik perhatian. Contohnya, jika memiliki bisnis kuliner, Anda dapat membuat postingan dengan gambar yang membangkitkan selera. Dengan begitu, besar kemungkinan calon konsumen akan lebih tertarik dan membeli makanan yang Anda jual.
Gunakan
Call To Action (CTA)
Sumber : Later
Elemen penting dalam cara membuat iklan yang baik adalah Call To Action (CTA). CTA sendiri adalah gambar atau tulisan yang mendorong orang untuk melakukan sebuah transaksi. Untuk itu dalam setiap konten iklan yang Anda buat, baik itu video atau foto perlu memasukkan CTA. Baik itu nomor yang bisa dihubungi, link untuk diklik, situs web untuk dikunjungi, maupun email yang bisa dihubungi. Apa pun itu bentuknya, buatlah kalimat yang menarik dan ringan sehingga target melakukan apa yang kita arahkan.
Manfaatkan Fitur Iklan di Social Media
Sumber : Business2community
Jika sudah mengetahui tema dan konsep iklan yang cocok dengan target audiens maka Anda bisa menyesuaikan sosial media mana yang ingin digunakan untuk membagikan konten tersebut. Perlu diingat, sebelum Anda beriklan, sosial media juga memiliki perbedaan. Untuk itu, lakukan riset platform apa yang sesuai dengan target audiens Anda agar budget tidak terbuang sia-sia. Anda bisa mengiklankan video ataupun gambar yang menarik melalui beberapa platform yang populer, seperti Youtube Ads, Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.
Untuk mengoptimalkan iklan Anda dengan menggunakan social media, ada begitu banyak metode dalam cara membuat iklan yang menarik dan efektif. Namun, itu semua pastinya akan memakan waktu.
Baca juga: Cari Jasa Iklan Digital? Simak Dulu 5 Kriterianya Berikut Ini
Jika tidak mau ribet dalam beriklan, Anda bisa menggunakan jasa digital agency terbaik, seperti
Creata. Bagi yang belum tahu, Creata adalah digital agency terbaik yang menawarkan banyak layanan digital marketing yang mungkin bisa Anda pilih dan coba untuk bisnis Anda. Ada layanan SMA (Social Media Ads) untuk Anda yang ingin beriklan di media sosial secara profesional dan menarik, ada layanan SEM (Search Engine Marketing) untuk Anda yang ingin membuat iklan di Google, serta ada pula SEO (Search Engine Optimization) untuk Anda yang ingin bisnisnya mudah ditemukan di pencarian Google.
Sebelum memilih layanan, Anda bisa berkonsultasi secara gratis terlebih dahulu bersama Creata untuk membahas goals bisnis sehingga nantinya Creata akan memilihkan layanan apa yang cocok untuk kebutuhan dan budget Anda. Andalkan Creata untuk mengiklankan bisnis Anda! Mau baca artikel menarik Creata lebih lanjut? Langsung klik
di sini
ya.
All Rights Reserved | Creata.id