Di era modern ini, advertising digital menjadi komponen penting dalam strategi marketing sebuah bisnis, baik bisnis B2B maupun B2C. Jika bisa menerapkan advertising digital dengan benar, Anda bisa dengan sukses mengembangkan online presence bisnis dan pada akhirnya mendorong lebih banyak konversi, serta penjualan.
Namun, jika iklan yang dipasarkan tidak dipikirkan dengan matang, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Dari desain elemen, media, hingga pesan iklan, semua aspek dalam advertising digital harus dipertimbangkan dengan matang agar hasil yang diinginkan bisa tercapai.
Nah, agar Anda tidak salah dalam beriklan, simak beberapa tips jitu menggunakan advertising digital berikut ini agar omset bisnis Anda bisa meningkat.
Memiliki Elemen Visual yang Menarik
Agar bisa bersaing di antara kompetitor, memiliki elemen visual yang baik adalah keharusan, baik dari logo, font, maupun skema warna. Ini akan membantu bisnis Anda lebih dikenal oleh orang banyak.
Tidak hanya menarik, bisnis Anda harus diingat oleh calon konsumen. Untuk itu, memasukkan elemen visual yang unik dan kreatif ke dalam iklan sangat penting untuk kesuksesan iklan.
Integrasikan Semua Platform Pemasaran
Untuk menjangkau target audiens secara efektif, Anda harus memiliki pesan yang konsisten. Ini berarti memastikan bahwa iklan Anda terintegrasi di berbagai platform dan memberikan pesan yang sama kepada konsumen, apa pun platform nya.
Sebagai contoh, jika iklan yang Anda pasarkan melalui Facebook dan dapat bekerja dengan sangat baik saat mempromosikan diskon atau mempublikasikan produk baru, pastinya juga akan lebih baik jika diintegrasikan ke platform lain, seperti email atau Instagram.
Lakukan Riset
Sebelum menciptakan strategi advertising digital, Anda perlu meluangkan waktu dan melakukan riset tentang iklan seperti apa yang paling bekerja untuk calon konsumen berdasarkan dengan data dari iklan yang telah dilakukan sebelumnya. Anda bisa mencari tahu profil konsumen seperti apa yang paling banyak menggunakan uang mereka untuk membeli produk atau layanan Anda, tipe konsumen seperti apa yang akan kembali lagi dan membeli, atau di manakah letak demografis calon konsumen berada.
Dengan penelitian yang aktual seperti ini, tentunya saat Anda menjalankan advertising digital berbayar, seperti di Facebook, Anda bisa menargetkan lebih spesifik. Uang yang Anda keluarkan pun tidak akan sia-sia.
Lacak Konversi
Sebuah media advertising digital, seperti Google Ads, menyediakan tools untuk melacak semua
leads yang dihasilkan dan menunjukkan seberapa baik performanya. Anda bisa mendapatkan insight tentang kinerja penjualan, jumlah download, pengisian formulir, dan lainnya.
Dengan melacak jumlah konversi maka Anda bisa melihat di area mana iklan yang sudah sesuai dengan goals dan mana yang masih membutuhkan perhatian. Data ini membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan membangun strategi yang solid berdasarkan kebutuhan bisnis.
Manfaatkan Penggunaan Facebook
Sebuah studi menunjukkan bahwa, 80% bisnis dengan skala kecil dan sedang, belum beriklan menggunakan Facebook. Padahal jika digunakan dengan benar, Facebook dapat menyebarkan iklan dari mulut ke mulut dengan sangat cepat. Rekomendasi dari teman pun memiliki dampak yang besar.
Selain itu, followers yang banyak tidak dapat didapatkan dalam semalam, namun Facebook memiliki metode periklanan, yaitu Facebook Ads yang memungkinkan Anda untuk beriklan ke target konsumen yang sangat spesifik dengan sangat mudah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan sedikit mengeluarkan anggaran, Anda bisa menjangkau calon konsumen yang diinginkan dan mengajak mereka untuk mem-follow atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Nah, itulah tadi beberapa tips advertising digital yang bisa Anda terapkan. Untuk memaksimalkan strategi tersebut, Anda bisa mempercayakannya kepada Creata.
Creata adalah digital agency yang terdiri dari tim profesional dan memiliki berbagai layanan yang bisa membantu bisnis Anda berkembang secara digital. Untuk layanan marketing-nya, ada SEO agar website Anda berada di halaman pertama Google, SEM untuk yang beriklan di Google Ads, serta ada pula SMA atau Social Media Ads untuk mengiklankan produk di media sosial, seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.
Creata pun telah berpengalaman mengiklankan produk dan layanan dari berbagai bidang bisnis apa pun sehingga tak perlu khawatir dengan kualitas hasilnya. Iklan yang dibuat pastinya akan tampil profesional, menarik, dan tepat sasaran.
Jika Anda kebingungan dengan banyaknya layanan yang dimiliki Creata, tidak ada salahnya berkonsultasi dulu dengan Creata. Konsultasikan kebutuhan bisnis bersama
Creata
dan dapatkan layanan yang sesuai untuk menaikkan omset Anda!
All Rights Reserved | Creata.id