Blog Layout

Cara Pasang Iklan di Google Lewat HP, Cocok untuk Pemula!

Author : Rossa Putri
January 21, 2023

Kini Google tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari informasi, melainkan juga untuk memasarkan bisnis yang dijalankan. Google memberikan fasilitas berupa Google Ads untuk memasarkan bisnis dengan cara berbayar. Tujuannya adalah agar iklan Anda berada di halaman pertama mesin pencarian sehingga mudah ditemukan pengguna internet. Selain itu, banyak yang beranggapan jika beriklan di Google adalah cara yang efektif untuk mendatangkan traffic pada website yang berpotensi sebagai pembeli.


Baca juga: Google Adsense adalah Solusi Beriklan Efektif dan Efisien


Cara pemasangan iklan di Google sendiri bisa melalui desktop dan HP. Untuk cara pasang iklan di Google lewat HP terbilang mudah sehingga cocok dicoba para pemula. Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara pasang iklan di Google lewat HP agar memudahkan Anda yang ingin memasarkan bisnis secara mudah dan cepat. Berikut ini sederet cara pasang iklan di Google lewat HP yang bisa Anda terapkan.


cara pasang iklan di google lewat hp


Cara Pasang Iklan di Google Lewat HP


Untuk Anda yang ingin mencoba cara pasang iklan di Google lewat HP, simak penjelasannya berikut ini. Tentu dalam memasang Google Ads sendiri sebenarnya tidak sulit, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


1. Mengunjungi Website Google Ads dan Menentukan Sasaran Iklan


Buka browser di HP Anda dan kunjungi website
https://ads.google.com/home/. Klik tombol "Mulai Sekarang" untuk memulai proses pembuatan akun Google Ads. Pilih tujuan Anda beriklan dari beberapa pilihan yang tersedia, seperti:


  • Meningkatkan Penjualan: Jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk atau layanan.
  • Mendapatkan Lebih Banyak Prospek: Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan.
  • Meningkatkan Traffic Website: Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung website.
  • Meningkatkan Brand Awareness: Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand.
  • Mempromosikan Aplikasi: Jika Anda ingin mempromosikan aplikasi.


Kemudian, masukkan nama bisnis Anda dan klik "Berikutnya".


2. Menentukan Target Pelanggan


Pilih lokasi target pelanggan. Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan negara, wilayah, kota, atau bahkan kode pos. Kemudian, pilih bahasa yang digunakan target pelanggan Anda, jenis kelamin, usia, dan minatnya. Anda dapat memilih minat berdasarkan kategori, seperti teknologi, fashion, atau makanan. Pilih pula topik target pelanggan, Anda dapat memilih topik berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis.


3. Membuat Iklan


Pilih jenis iklan yang ingin Anda buat. Berikut jenis-jenis iklan yang tersedia di Google Ads


  • Iklan Teks: Iklan teks adalah jenis iklan yang paling sederhana dan paling umum. Iklan ini terdiri dari judul, deskripsi, dan URL website Anda.
  • Iklan Banner: Iklan banner adalah iklan gambar yang muncul di website atau aplikasi.
  • Iklan Video: Iklan video adalah iklan video yang muncul di YouTube atau website lainnya.
  • Iklan Belanja: Iklan belanja adalah iklan yang menampilkan produk Anda di Google Shopping.


Buat judul iklan yang menarik dan informatif. Judul iklan Anda harus singkat dan jelas, dan harus menjelaskan apa yang ditawarkan bisnis. Buat pula deskripsi iklan yang menarik dan persuasif. Deskripsi iklan Anda harus lebih panjang dari judulnya, dan harus menjelaskan lebih detail tentang apa yang ditawarkan bisnis. Masukkan juga URL website Anda, yang merupakan alamat website Anda, dan ini adalah tempat di mana orang akan diarahkan ketika mereka mengklik iklan.


4. Menentukan Budget dan Melakukan Pembayaran


Tentukan budget harian atau bulanan Anda untuk iklan. Budget Anda adalah jumlah uang maksimum yang ingin dikeluarkan untuk iklan setiap hari atau setiap bulan. Pilih metode pembayaran, Anda dapat membayar iklan dengan kartu kredit, kartu debit, atau transfer bank. Kemudian, review pengaturan iklan Anda dan klik "Buat kampanye".


Baca juga: Hindari Over Budget, Ini Cara Menghitung Biaya Google Ads yang Tepat


5. Menunggu Review dan Tayang Iklan


Setelah membuat kampanye iklan, Google akan meninjau iklan Anda. Proses review ini biasanya memakan waktu beberapa jam.


Itulah tahapan cara pasang iklan di Google lewat HP yang cocok bagi pemula. Sebagai tips tambahan dalam beriklan di Google, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis dalam judul, deskripsi, dan keyword iklan. Gunakan pula gambar yang menarik dan berkualitas tinggi dalam iklan Anda, serta pantau terus kinerja iklan dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.


Kekurangan Memasang Google Ads Sendiri


Seperti yang sudah disampaikan di atas, cara pasang iklan di Google lewat HP memang mudah, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan. Berikut ini terdapat beberapa kekurangan memasang Google Ads sendiri yang perlu Anda ketahui.


1. Berisiko Gagal Tayang


  • Kebijakan Iklan Google: Iklan Anda dapat ditolak Google karena melanggar kebijakan mereka, seperti konten yang menipu, berbahaya, atau tidak pantas. Pastikan Anda memahami dan mematuhi semua kebijakan Google Ads.
  • Kesalahan Penargetan: Jika Anda menargetkan audiens yang salah, iklan mungkin tidak akan dilihat oleh orang yang tepat. Lakukan riset dan pilih target audiens yang sesuai dengan produk atau layanan Anda.
  • Kualitas Iklan Rendah: Iklan dengan teks dan gambar yang tidak menarik, atau tidak relevan dengan target audiens, kemungkinan besar tidak akan diklik. Pastikan iklan Anda berkualitas tinggi dan menarik perhatian.


2. Adanya Biaya Tambahan


  • Google Ads Premium: Layanan ini menawarkan bantuan dari pakar Google Ads untuk membantu Anda membuat dan mengelola kampanye. Layanan ini berbayar dan bisa menjadi mahal, terutama bagi bisnis kecil.
  • Biaya Per Klik (PPC): Anda hanya perlu membayar ketika seseorang mengklik iklan. Namun, biaya per klik bisa bervariasi tergantung pada kata kunci yang Anda targetkan dan tingkat persaingan. Biaya PPC yang tinggi dapat menghabiskan anggaran Anda dengan cepat.
  • Biaya Optimasi: Jika Anda tidak memiliki waktu atau keahlian untuk mengelola kampanye sendiri, Anda dapat menyewa konsultan Google Ads. Biaya ini bisa bervariasi tergantung pada pengalaman dan keahlian konsultan.


Itulah cara pasang iklan di Google lewat HP yang bisa Anda terapkan sendiri beserta beberapa kekurangannya jika memasang sendiri. Untuk informasi lebih lanjut seputar cara pasang iklan di Google lewat HP atau informasi lain dari Google Ads, Anda bisa membaca berbagai
Cerita Creata.


Untuk menghindari kegagalan dalam cara pasang iklan di Google lewat HP yang disebutkan di atas, disarankan menggunakan penyedia jasa yang profesional, seperti
Creata. Telah berpengalaman sejak tahun 2013, secara profesional digital agency ini telah menangani pemasangan iklan di Google untuk berbagai bidang bisnis. Anda cukup sampaikan kebutuhan iklan Anda dan budget yang dimiliki, nantinya Creata akan menyiapkan strategi yang tepat per bulannya dan mengeksekusinya sebaik mungkin. Setiap bulannya pun Anda akan diberikan laporan terkait performa iklan sehingga pengerjaan mereka transparan.


Selain Google Ads, Creata pun berpengalaman memasang iklan di media sosial dan membuat artikel yang SEO friendly sehingga mudah ditemukan di Google. Untuk berkonsultasi seputar Google Ads atau layanan digital marketing lainnya yang dimiliki Creata, silakan hubungi mereka dengan cara klik
di sini.

Bagikan Artikel Ini..

panduan membuat website jualan online
By Author: Dina Nazhifah February 24, 2024
Meskipun terdengar mudah, membangun website jualan online yang sukses membutuhkan persiapan matang, strategi yang tepat, dan eksekusi yang baik.
kesalahan dalam membuat web perusahaan
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Web perusahaan menjadi gerbang utama bagi pelanggan untuk mengenal dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Website yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas, menjangkau pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Namun, banyak perusahaan membuat kesalahan fatal dalam web mereka yang dapat menghambat kesuksesan. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pengunjung frustasi, merusak reputasi perusahaan, dan menghambat pertumbuhan bisnis. Pada artikel ini akan membahas sederet kesalahan fatal dalam web perusahaan yang harus dihindari beserta tips untuk menghindarinya. Dengan memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan web perusahaan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung dan membantu mencapai tujuan bisnis.  Baca juga: Ketahui Pentingnya Memiliki Web Perusahaan di Era Digital
cara menetapkan tujuan digital marketing
By Author: Dina Nazhifah February 23, 2024
Keberhasilan bisnis tidak terlepas dari strategi digital marketing yang efektif. Namun, tanpa tujuan digital marketing yang jelas, strategi Anda akan kehilangan arah dan gagal mencapai hasil yang optimal.
strategi pemasaran online untuk meningkatkan konversi
By Author: Dina Nazhifah February 22, 2024
Dengan strategi pemasaran online yang tepat, Anda dapat menjangkau target audiens dengan lebih efektif dan efisien, dan ultimately, meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.
strategi pemasaran digital yang mengubah industri
By Author: Dina Nazhifah February 21, 2024
Kini, konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya, bisnis yang tak memiliki strategi pemasaran digital yang kuat akan tertinggal jauh dalam persaingan.
strategi digital marketing untuk umkm
By Author: Dina Nazhifah February 20, 2024
Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meraih kesuksesan di era digital, berikut ini strategi digital marketing yang bisa diterapkan.
social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.
faktor seo on page
By Author: Dina Nazhifah February 19, 2024
Pernahkah bertanya-tanya mengapa web Anda tidak muncul di halaman pertama Google? Jawabannya mungkin karena Anda belum melakukan optimasi SEO on page
pemasaran online seo dan sem
By Author: Dina Nazhifah January 26, 2024
Meski kedua metode ini memiliki manfaat dan teknik yang berbeda, namun SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan visibilitas website. Untuk mengenal SEO dan SEM selengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, faktor, jenis, teknik, hingga manfaatnya, simak artikel ini.
Share by: